Tips Pengajuan Kartu Kredit untuk Kebutuhan Usaha

tips pengajuan kartu kredit UMKM

Tips Pengajuan Kartu Kredit – Penggunaan kartu kredit di Indonesia memang tidak semasif di negara-negara maju. Masih cukup banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mau untuk memiliki kartu kredit karena sejumlah alasan.

Sebenarnya memiliki kartu kredit tidak seburuk yang dibayangkan, asal digunakan dengan bijak dan benar. Penggunaan kartu kredit sendiri juga bukan serta merta untuk memenuhi gaya hidup, kamu juga bisa memanfaatkan kartu kredit untuk menunjang kebutuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau bisnis yang sedang kamu geluti.

Baca Juga: Pertamina Buka Peluang Bisnis BBM Pertashop untuk UKM, Minat ?

Tips mengajukan kartu kredit

Buat kamu yang baru ingin mengajukan kartu kredit, mungkin kamu perlu mencari informasi bagaimana caranya untuk mengajukan kartu kredit. Jangan terlalu terburu-buru ketika ingin mengajukan kartu kredit ke satu bank. Silahkan simak informasi tips pengajuan kartu kredit berikut ini!

1. Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Sebelum mengajukan, pertimbangkan terlebih dahulu antara penggunaan kartu kredit dengan kebutuhanmu itu sendiri. Sebagai contoh, kamu tengah menjalankan usaha atau ingin merintis usaha, cari kartu kredit yang memberikan fasilitas kemudahan atau promosi ketika berbelanja kebutuhan usahamu.

Cari kartu kredit bank mana yang kira-kira bisa memberikan promosi di tempat kamu berbelanja kebutuhan tersebut. Selain untuk kebutuhan usaha, mungkin cari tahu juga yang punya banyak promosi untuk kebutuhan gaya hidup, seperti menonton film sampai membeli tiket perjalanan.

2. Cari informasi mengenai bank kartu kredit tersebut

Tips pengajuan kartu kredit berikutnya adalah kamu harus mencari tahu informasi mengenai bank tempat kamu ingin mengajukan. Informasi yang dimaksud bisa berupa kredibilitas dan reputasi bank tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena nantinya akan berkaitan dengan pelayanan yang diberikan kepada nasabahnya.

Sebelum mengajukan kartu kredit kamu perlu mencari tahu informasi, seperti misalnya biaya keterlambatan pembayaran, biaya over limit, biaya materai, berapa iuran per tahunnya, dan lainnya. Kamu juga musti mengetahui kemudahan dalam membayarkan tagihan kartu kredit. Tak kalah penting adalah mencari tahu besaran suku bunga bila kamu tidak bisa melunasi tagihan tepat waktu.

Baca Juga: 5 Bisnis Franchise Murah di Bawah Rp50 Juta

3. Pastikan riwayat keuangan aman

Sebelum mengajukan kartu kredit, pastikan juga riwayat keuangan kamu aman. Sebab, pihak bank akan memeriksa kondisi atau riwayat keuangan yang kamu punya, termasuk salah satunya memeriksa apakah kamu pernah terlibat pinjaman atau tidak, berapa jumlah utang yang kamu punya, dan sebagainya.

Utang di sini bisa dalam bentuk cicilan yang sedang kamu jalani, seperti cicilan motor, rumah, sewa ruko, dan lainnya. Pastikan cicilan tersebut tidak mengalami kredit macet. Dalam artian, semua pembayaran tagihan tersebut dalam kondisi lancar. Hal ini karena banyak calon nasabah yang mengalami kegagalan dalam pengajuan kartu kredit karena masalah keuangan, baik yang saat ini maupun yang sudah lewat.

4. Ajukan permohonan dan isi formulir

Jika kamu sudah menemukan bank mana yang tepat untuk mengajukan kartu kredit, kamu tinggal mantapkan diri untuk mengajukan permohonan. Kamu tinggal datang ke bank tersebut dan kamu isi formulir pengajuan beserta syarat yang harus dipenuhi.

Biasanya beberapa persyaratan umum yang diberikan oleh bank, antara lain usia minimal 21 tahun, pendapatan atau pemasukan minimal Rp3 juta per bulan, dan lainnya. Kalau kamu bekerja di kantor, kamu bisa menyiapkan slip gaji. Tapi, kalau kamu fokus berusaha, kamu bisa menyiapkan semacam surat keterangan usaha.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan UMKM dengan Samsung Galaxy M11

Itu dia tadi beberapa tips pengajuan kartu kredit untuk kebutuhan UMKM. Jika pengajuanmu sudah disetujui oleh bank, jangan lupa untuk pergunakan kartu kredit dengan bijak. Sebisa mungkin jangan pernah untuk membayar biaya minum setiap tagihan masuk, karena akan berpengaruh terhadap bunga.

Exit mobile version