Tips Pola Makan yang Benar Agar Tubuh Bugar Selama Puasa

Meski menjalankan puasa seharian, kita sebagai umat muslim juga tetap harus menjaga kebugaran tubuh. Mengapa? Karena menjaga kebugaran tubuh itu penting agar raga dan pikiran tetap sehat meski menjalankan puasa selama lebih 12 jam.

Bagi sebagian orang, menjalankan puasa mungkin akan terasa berat. Kamu harus menahan lapar dan haus dari terbit matahari, hingga terbenam. Semua proses tersebut harus dijalani selama satu bulan.

Nggak heran sih, tidak sedikit dari umat muslim yang merasa lemas pada saat menjalankan puasa. Eits, bisa jadi mereka yang lemas tidak menerapkan pola makanan sehat yang baik dan benar.

Pasalnya, untuk bisa menjaga tubuh agar tetap bugar, kamu musti memperhatikan pola makanan yang tidak sembarangan. Kesalahan pola makan selama Ramadan bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh selama berpuasa. Berikut ini ada sejumlah tips pola makan selama berpuasa.

Baca Juga: Mau Jalan-Jalan Tapi Khawatir Batal Puasa? Ikuti 7 Tips Ini

Simak Pola Makan yang Mampu Jaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

1. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

konsumsi karbohidrat kompleks tips puasa

Tips yang pertama adalah usahakan selama mengonsumsi makanan di bulan Ramadan ini kombinasikan dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Apa itu? Secara umum, karbohidrat dibagi menjadi dua, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks ini lah yang diketahui lebih sehat dan bergizi, contohnya kacang polong, gandum, roti, buah-buahan, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan lainnya. Karbohidrat kompleks dapat memberikan energi lebih banyak dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga puasamu tidak akan terasa lemas.

2. Hindari gorengan dan makan secara perlahan

Gorengan selalu menjadi menu makanan wajib ada selama bulan Ramadan. Padahal pada kenyataannya itu merupakan hal yang salah. Sejumlah pakar menyebut bahwa menyantap gorengan, apalagi ketika berbuka puasa dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Sebab, makanan yang berminyak, terutama dalam jumlah yang banyak, akan memaksa lambung untuk bekerja keras.

Karenanya sangat dianjurkan untuk menyantap menu makanan penuh vitamin dan nutrisi, seperti buah-buahan. Kamu juga bisa mengikuti sunnah Rasulullah dengan menyantap kurma. Selain itu, ketika makan hindari untuk menyantap secara terburu-buru. Sebab makan terburu-buru juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga kenaikan berat badan.

3. Kurangi asupan garam

Salah satu tantangan selama berpuasa adalah haus. Nah, agar kamu tidak mudah merasa haus, kamu harus kurangi asupan garam pada masakan. Menurut penelitian pakar, makanan yang terasa asin dapat mempercepat rasa haus dan dehidrasi pada siang hari.

Asupan garam yang berlebih pun memiliki dampak yang negatif lho terhadap tubuh, yakni dapat membuat perut kembung. Makanya, ketika sahur hindari makanan yang terlalu asin yah. Selain itu ketika berbuka puasa juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang manis, agar mendorong produksi energi di dalam tubuh.

Baca Juga: Tips Minum Air Putih Saat Puasa Agar Tubuh Tidak Dehidrasi

Exit mobile version