Tips Praktis Memulai Usaha dan Maksimalkan Teknologi Digital

Low angle view of focused baker in mid 30s decorating fresh batch of vegan cupcakes in commercial kitchen.

Saat ini, perempuan memegang peranan yang semakin luas, mulai dari memimpin perusahaan hingga menciptakan lapangan pekerjaan yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi sosial.

Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, perempuan merupakan pelaku yang sangat penting dalam menjadi roda penggerak kemajuan UMKM. Tercatat per Januari 2022, di tingkat usaha mikro terdapat 52 persen dari 63,9 juta pelaku usaha mikro di Indonesia adalah perempuan.

Baca juga: Fasilitasi Permodalan, Perempuan Pelaku UMKM Bisa Unduh Platform Ini

Untuk semakin mendorong lebih banyak perempuan mulai berwirausaha atau mengembangkan usaha yang telah dimiliki, ShopeePay terus hadir dengan teknologi, fitur, hingga kampanye dan program yang mendukung upaya mereka.

Dalam momentum spesial Hari Kartini ini, ShopeePay turut menggandeng komunitas Sahabat UMKM dan Pemilik dari SalaKilo Balikpapan untuk berbagi tips praktis dalam memulai usaha hingga memaksimalkan teknologi digital dalam pengembangan bisnis.

Langkah ini diharapkan dapat berkontribusi mengakselerasi pemulihan ekonomi melalui pertumbuhan pesat bisnis UMKM, khususnya dari para wirausahawan perempuan.

Upaya mendorong pertumbuhan pelaku UMKM secara lebih luas melalui transformasi digital juga datang dari Komunitas Sahabat UMKM.

Intan Mustika Anggraeni Mokoginta selaku Ketua Sahabat UMKM BPD DKI Jakarta mengatakan saat ini sudah banyak pelaku usaha yang bangkit dan beradaptasi.

Tetapi tantangannya adalah masih banyak yang belum memahami bagaimana memanfaatkan pengadopsian teknologi digital secara maksimal untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Baca juga: Mengenal Singkat Sosok RA Kartini, ” Habis Gelap Terbitlah Terang”

“Untuk itu, Komunitas Sahabat UMKM secara aktif menghadirkan ruang diskusi untuk bertukar pandangan dari sesama pelaku usaha, menjawab berbagai tantangan yang dihadapi pemilik usaha khususnya di masa saat ini,” kata Intan dalam keterangan resminya, Kamis (21/4/2022).

Tips praktis memulai usaha dari SalaKilo

Turut merasakan manfaat transformasi digital, Riswah Yuni selaku Pemilik SalaKilo Balikpapan, membagikan tiga tips dalam meraih kesuksesan pada bisnisnya.

Pertama, peluang bisnis dapat datang dari manapun sehingga penting untuk berani memulai ide bisnis apapun yang dimiliki.

Kedua, memetakan strategi yang tepat dalam menjangkau konsumen dengan melakukan penetrasi digital ke platform e-commerce serta mengadopsi layanan pembayaran digital untuk menghadirkan proses transaksi yang memudahkan konsumen.

Ketiga, SalaKilo tak henti meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas produk yang terus dijaga, luasnya akses pelayanan pada gerai offline di Balikpapan, serta online melalui marketplace.

Baca juga: Begini Potret Ksatria JNE SUKABUMI Yang Sukses Membuka Usaha Kuliner

Dari berbagai dampak positif yang dirasakan oleh SalaKilo, Riswah Yuni ingin mendorong lebih banyak orang untuk berani memulai usahanya.

“Saya percaya bahwa semua orang bisa berwirausaha, termasuk para perempuan, ibu rumah tangga, hingga anak muda. Terlebih lagi, situasi saat ini membuka banyak peluang usaha bahkan hanya dari rumah saja. Jadikanlah setiap kesempatan yang ada sebagai motivasi untuk memulai usaha.” tutup Yuni.

Exit mobile version