Puasa Sebentar Lagi! Simak Tips Sahur Pertama Agar Puasa Lancar

tips sahur pertama saat puasa 2023

Tidak terasa, sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Salah satu hal terpenting saat menjalankan ibadah puasa adalah santap sahur.

Sahur merupakan aktivitas makan dan minum sesaat sebelum memulai puasa atau waktu subuh. Meskipun hukumnya sunnah, Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk menyantap hidangan sahur.

Mengutip hadis Abu Sa’id Al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda, “Keutamaan sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Tips Pola Makan yang Benar Agar Tubuh Bugar Selama Puasa

Ada sejumlah manfaat yang didapat saat sahur, di antaranya:

1. Memperoleh energi

Sahur bisa memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sepanjang hari selama berpuasa. Makan sahur dapat membantu mengisi ulang glikogen (sumber energi) dalam otot dan hati.

2. Meningkatkan performa fisik dan mental

Dengan makan sahur, tubuh memiliki lebih banyak energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan berpuasa dengan baik. Dalam jangka panjang, sahur dapat meningkatkan performa fisik dan mental.

3. Menjaga keseimbangan nutrisi

Sahur yang sehat dan seimbang dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi di tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

4. Mencegah dehidrasi

Sahur dapat membantu mencegah dehidrasi selama berpuasa. Dianjurkan untuk minum cukup air saat sahur untuk membantu menjaga tubuh terhidrasi sepanjang hari.

5. Mengurangi rasa lapar dan haus

Makan sahur dapat membantu mengurangi rasa lapar dan haus selama berpuasa. Dengan makan sahur, tubuh memiliki cadangan energi dan nutrisi yang cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Oleh karenanya, berikut ini ada sejumlah tips sahur pertama untuk kamu yang akan menjalankan ibadah puasa sebentar lagi.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Sayuran Bayam Selama Ramadan ala Ayudia Bing Slamet

Tips Sahur Pertama Saat Puasa 2023

1. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Pastikan kamu sahur dengan makanan yang bergizi. Bergizi di sini maksunya mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan serat yang cukup. Makanan seperti telur, oatmeal, roti gandum, sayuran, dan buah-buahan adalah contoh makanan yang baik untuk sahur.

2. Jangan terlalu banyak minum saat sahur

Banyak yang beranggapan banyak minum bisa menghindari rasa haus saat berpuasa. Anggapan ini cukup salah, karena kebanyakan minum saat sahur bisa bikin kamu merasa kenyang dan tidak nyaman selama berpuasa. Lebih baik minum secukupnya agar tubuh tidak kekurangan cairan selama berpuasa.

3. Hindari makanan yang terlalu asin atau terlalu manis

Saat bersantap sahur, usahakan untuk menghindari makanan yang terlalu asin atau terlalu manis. Hal ini karena kedua jenis makanan yang terlalu manis atau asin bisa membuat kamu lebih mudah merasa haus atau dehidrasi selama berpuasa. Pilihlah makanan yang rendah garam dan gula.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

4. Jangan makan terlalu cepat atau terlalu lambat

Makan dengan perlahan dan mengunyah makanan dengan benar dapat membantu mengurangi risiko sakit perut atau gangguan pencernaan saat berpuasa. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk mengatur waktu sahur. Jangan sampai mepet imsyak.

5. Jangan minum kopi

Cobalah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya. Mengonsumsi kopi dan jenis minuman kafein bisa menyebabkan kamu merasa lebih cepat haus dan sulit tidur di malam hari. Jika sulit tidur di malam hari, kamu nantinya akan merasa ngantuk saat beraktifitas di siang hari.

Exit mobile version