Tips Sederhana Bikin WhatsApp Anti Lemot

Ilustrasi WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp/ Dok. Getty Images

 

WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang paling digemari saat ini. Hampir semua pengguna ponsel pintar dari merek apapun pastinya menggunakan aplikasi pesan singkat yang sudah berevolusi cukup modern.

Namun demikian, tak banyak juga pengguna WhatsApp yang mengeluh bila tiba-tiba aplikasi tersebut tak berjalan smooth alias lancar. Bahkan kerap berhenti mendadak alias “ngehang”.

Ada banyak sebab kenapa aplikasi WhatsApp tiba-tiba ngehang atau bekerja secara lemot, tapi yang paling utama pastikan dulu apakah sudah meng-updatenya dengan versi terbaru.

BACA JUGA : Cara Sembunyiin Status Online di WhatsApp dan Typing, Wah Mudah Banget!

Bila sudah tapi masih tetap tak bekerja optimal, ada cara yang bisa dilakukan pengguna ponsel untuk membuatnya tak lagi lemot, berikut penjabarannya :

– Cache

Pertama yang harus dilakukan adalah menghapus atau membersihkan cache pada aplikasi yang sudah penuh. karena itu, pengguna ponsel juga wajib melakukan pengecekan dan membersihkan bila memang cache sudah penuh.

Untuk caarnya bisa dilakukan dengan membuka pengaturan ponsel, setelah itu pilih aplikasi, dan lanjutkan ke manage apps, dan cari aplikasi WhatsApp. Setelah itu, lanjutkan ke clear data pada menu yang paling bawah.

– Hapus pesan lawas

Nah, bagi yang suka menyimpang pesan WhatsApp lawas, jangan membiasakan diri karena bisa membuat penyimpanan menumpuk dan kerja aplikasi menjadi lemot, apalagi bila isi pesan berupa file seperti foto atau video yang berukuran besar.

BACA JUGA : Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Begini Kriteria Penerimanya

Untuk menghapus pesan WhatsApp caranya bisa dilakukan dari chat room yang ingin dihapus. Setelah itu,tekan lama atau memilih clear dan memasukannya  ke ikon sampah.

– RAM

Hal ini juga kerap dilupakan pemilik ponsel, yakni membersihkan ruang penyimpanan sementar alias RAM. Perlu diketahui, bila RAM penuh seperti memutar banyak aplikasi secaran bersamaan bisa membuat kerja ponsel lemot.

Dengan demikian, otomatis akan mempengaruhi juga aplikasi, salah satunya WhatsApp. Untuk itu, paling tidak satu atau dua bulan sekali pengguna ponsel wajib membersihkan RAM dengan fitur cleaner bawaan ponsel, atau men-dowloadnya.

Exit mobile version