8 Toko Buku Bekas Terbaik di Jakarta yang Harus Dikunjungi

JNEWS – Toko buku bekas atau toko buku lawas merupakan jenis usaha yang unik karena peminatnya banyak, ikut mengurangi limbah tetapi sering berada di tempat yang ala kadarnya. Padahal kegemaran berlama-lama di kios buku lawas tetap ada dari generasi ke generasi, bahkan setelah ada buku digital. Para kutu buku ini tidak sekadar mencari buku murah, melainkan juga mencari buku-buku langka atau untuk memenuhi kebutuhan membaca yang menggebu-gebu.

8 Toko Buku Bekas Terbaik di Jakarta

Mungkin ada yang tidak ingat atau bahkan tidak tahu bahwa pada tahun 2021, UNESCO memilih Kota Jakarta sebagai Kota Sastra Dunia (City of Literature) bersama dengan Kota Vilnus di Lithuania dan Kota Gothenburg di Swedia. Kabar itu masih bisa dibaca di laman Indonesia Baik.

Salah satu karya tertulis yang tidak lekang oleh zaman adalah buku-buku sastra. Sementara salah satu tempat terbaik untuk mencari karya-karya seperti itu adalah di toko buku bekas.

Berikut adalah 8 toko buku bekas terbaik di Jakarta yang memiliki keunikan berbeda.

8 Toko Buku Bekas Terbaik di Jakarta yang Harus Dikunjungi

1. Blok M Square

Jika pasar-pasar atau toko buku bekas lainnya surut, peminat Bursa Buku Blok M justru meningkat seiring dengan makin populernya revitalisasi kawasan Blok M, seperti M Bloc Space dan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Kawasan yang dulu telah surut, bersinar kembali. Bursa buku ini ada di lantai basement Blok M Square yang adem.

Bursa Buku Blok M menyediakan buku bekas, buku reproduksi, dan buku antik. Untuk buku bekas, semua dibungkus plastik karena ada yang rapuh tetapi calon pembeli boleh melihatnya dengan hati-hati. Biasanya pada halaman depan ada cap pemilik sebelumnya.

Alamat Bursa Buku Blok M di Blok M Square Jl. Melawai 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Buka pukul 10.00-21.00.

Baca juga: 30 Kutipan Buku Fiksi Terkenal dan Inspiratif yang Meninggalkan Jejak di Hati

2. Lorong Buku Batavia

Toko buku bekas ini dihuni beberapa kios yang merupakan anggota sebuah komunitas pencinta buku. Lorong Buku Batavia berdiri tahun 2020. Awalnya mereka ada di Pasar Senen, kemudian pindah ke Pasar Kenari dan sekarang ada di Pasar Gembrong Baru.

Penggemar lawasan pasti suka karena komunitas ini fokus pada buku-buku lama, buku-buku langka, serta barang-barang antik lainnya. Komunitas ini juga kerap mengadakan acara yang berhubungan dengan literasi, seperti diskusi, workshop, dan seminar.

Alamat Lorong Buku Batavia di Pasar Gembrong Baru, Jl. Jendral Basuki Rachmat, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur. Buka pukul 10.30-19.00.

3. Sarang Buku Bekas

Sarang Buku Bekas cukup populer sebagai background foto di media sosial meski isinya rak-rak buku saja. Tempatnya memang bersih dan adem di Plaza Festival Mall Kuningan. Toko ini terdiri dari 3 lorong buku, termasuk lorong buku-buku berbahasa Inggris. Sebagian buku bahasa Inggris tersebut merupakan karangan penulis Indonesia yang telah dialihbahasakan. Misalnya buku-buku The Buru Quartet dari Pramoedya Ananta Toer.

Alamat Sarang Buku Bekas di Plaza Festival Mall Kuningan, Jalan HR Rasuna Said Kav. C22, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Buka pukul 10.00-21.00.

4. Galeri Buku Bengkel Deklamasi

Pengunjung yang baru pertama kali ke sini tidak akan menemukan tulisan nama toko, melainkan foto Huriah Adam, koreografer Minang yang meninggal karena pesawat yang ditumpanginya jatuh. Di sisinya ada tulisan “Barabah yang terbang & tak pernah kembali.” Toko buku bekas ini milik Jose Rizal Manua. Koleksi di toko ini kebanyakan bergenre seni, budaya dan sastra, yang sangat pas dengan predikat Jakarta sebagai kota sastra.

Alamat Galeri Buku Bengkel Deklamasi di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat. Buka pukul 10.00-17.00.

5. Kios Ojo Keos

Ini adalah sebuah ruang bersama yang dikemas untuk mengapresiasi karya-karya independen berkualitas, termasuk buku, musik, puisi dan karya sastra lainnya. Kios Ojo Keos didirikan oleh grup band terkenal Efek Rumah Kaca. Buku-buku di sini harus memiliki rekam jejak yang jelas dalam bidang kepenulisan.

Untuk buku-buku bekas, Kios Ojo Keos menerapkan sistem yang unik. Selain bisa dibeli, buku-buku bekas di sini bisa dimiliki dengan sistem barter. Artinya, pengunjung meletakkan satu buku dan dapat mengambil satu buku pula di tempat yang telah ditentukan.

Alamat Kios Ojo Keos di Bona Indah Plaza Blok A2 No. B11, Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Buka pukul 10.00-20.00.

6. Toko Balzac

Toko Balzac berada satu lokasi dengan Lorong Buku Batavia di Pasar Gembrong Baru. Buku-buku lawas yang dijual merupakan koleksi pribadi pemiliknya. Toko buku bekas ini imut tetapi ditata dengan rapi dan nyeni. Di sini juga ada artprint berupa koran-koran lawas dengan tema halaman depan menarik yang dipigura.

Alamat Toko Balzac di Pasar Gembrong Baru, Jl. Jendral Basuki Rachmat, Kios No. AKS 107-108, Jatinegara, Jakarta Timur. Buka pukul 10.00-18.00 (Senin-Sabtu) dan pukul 12.00-16.00 (Minggu).

7. Pasar Buku Kwitang

Pasar Buku Kwitang pernah dijuluki sebagai pasar buku bekas terbesar di Jakarta. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Buku yang dijual bermacam-macam, dari buku pelajaran, buku kuliah, buku motivasi, kamus, kitab hingga buku sastra. Meski pernah menjadi lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta (AADC), kini hanya tinggal beberapa toko saja di Kwitang, yang memang memiliki bangunan permanen. Selebihnya direlokasi ke Blok M dan Pasar Kenari.

Kini, tempat ini masih menjadi pilihan warga untuk mencari buku-buku lawas, bahkan langsung membacanya di kursi-kursi taman yang ada sepanjang tepi trotoar. Alamat Pasar Buku Kwitang di Jalan Kwitang Raya, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Buka pukul 08.00-18.00.

8. Pasar Buku Kenari (Jakbook)

Pasar yang mengusung jargon “Buku Murah Setiap Hari” ini sempat ramai pada saat pembukaannya di tahun 2019. Lokasi pasar buku yang berada di lantai 3 Pasar Kenari ini enak, tenang, rapi dan bersih seperti mal. Kebanyakan pedagang berasal dari Pasar Kwitang yang digusur dan Pasar Senen yang kebakaran.

Sayangnya sekarang hanya beberapa kios yang buka. Namun masih banyak penggemar buku yang datang ke tempat ini. Alamat Pasar Buku Kenari di Pasar Kenari Jl. Salemba Raya No.2, Senen, Jakarta Pusat. Buka pukul 08.00-17.00.

Baca juga: 6 Pasar Barang Bekas dan Barang Antik di Jakarta Wajib Dikunjungi Kolektor

Mengais harta karun di toko buku bekas memang sangat mengasyikkan. Namun ada beberapa toko yang juga menjual buku baru dengan harga miring, umumnya berupa buku pelajaran. Pembeli sebaiknya berhati-hati terhadap buku baru dengan harga yang terlampau murah seperti buku bekas. Jangan sampai membeli buku bajakan.

Exit mobile version