Tokoh Difabel Indonesia yang Sukses Dalam Bisnis

Fanny Evrita Rotua Ritonga

Jangan lewatkan kisah inspiratif tokoh difabel Indonesia yang sukses dalam mengembangkan bisnis, meskipun mereka memiliki keterbatasan fisik. Menjadi disability bukanlah akhir dari segala-galanya, dan halangan untuk menjadi orang sukses terutama dalam dunia bisnis. Sebab, dibalik kekurangan pasti ada kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.

Meskipun masih banyak orang yang menganggap para penyandang disabilitas sebagai orang yang ‘berbeda’ dengan mereka yang memiliki kondisi normal.

Padahal itu salah, penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan untuk sukses dan bahagia.

Jangan sedih apalagi sampai berputus asa, masih ada beberapa tokoh difabel inspiratif Indonesia yang sukses dalam bisnis. Mereka tentunya bisa Anda jadikan sebagai tokoh inspiratif.

BACA JUGA: 5 Artis Muda yang Sukses Mengelola Bisnis

4 Tokoh Difabel Inspiratif Indonesia yang Sukses Dalam Bisnis

1. Tarjono Slamet

Tokoh Difabel Sukses dalam Bisnis
Tarjono Slamet Mendirikan Mandiri Craft

Tarjono bukanlah seorang disability dari lahir, mantan karyawan PLN mengalami kelecakaan kerja hingga mengharuskan kakinya diamputasi dan jemari tangan yanh kelumpuhan saraf.

Meskipun Tarjono sempat mengalami keterpurukan akibat kondisi fisiknya, dua tahun setelah itu, ia bangkit dengan mendirikan usaha baru (CV Mandiri Craft) untuk memperbaiki kehidupannya.

Bisnis yang fokus pada pembuatan kerajinan kayu untuk alat peraga pendidikan dan pembelajaran ini sukses menembus pasar ekspor dengan pendapatan mencapai Rp150 juta setiap bulan.

2. Habibie Afsyah

Habibie Afsyah

Habibie mengalami kelumpuhan karena Muscular Dystrophy Progressiv, setiap hari Habibie harus berkegiatan di atas kursi roda.

Tekad Habibie yang kuat tidak menghalanginya untuk berkarya dan menjadi sukses dengan kondisi fisik yang terbatas.

Habibie memiliki kecerdasan otak di atas rata-rata, kini Habibie menjalankan bisnis online (agen jual beli internasional).

3. Irma Suyanti

Irma Suyanti Membuat Bisnis Keset

Tokoh difabel inspiratif berikutnya bernama Irma Suyanti, wanita yang akrab disapa Irma ini mengalami kelumpuhan akibat polio.

Meskipun gerakannya terbatas karena berjalan menggunakan tongkat, namun semangat dalam berbisnis jangan diragukan.

Pada tahun 1999, Irma memulai bisnis pembuatan keset, yanh dipasarkan kepada tetangga dan pasar tradisional. Kini permintaan keset buatan kian meningkat setiap harinya.

Saking berkembangnya bisnis pembuatan keset Irma, perusahaannya sudah membuka lapangan pekerjaan untuk 2.500 orang karyawan, sebagian besar merupakan difabel. Waw, menakjubkan sekali bukan.

4. Fanny Evrita Rotua Ritonga

Produk Kecantikan dari Fanny

Meskipun seorang Tuna Daksa, Fanny tetap semangat mengejar impiannya dengan mengembangkan bisnis kecantikan.

Di awal memulai usaha, tidak jarang orang-orang mengejek ataupun meragukan kemampuan Fanny untuk mengembangkan bisnis ini.

Hingga pada akhirnya Fanny berhasil membuktikan kesuksesannya dalam merintis produk kecantikan yang diberinya brand Thisable Beauty Care.

Demikianlah 4 tokoh inspiratif difabel Indonesia yang sukses dalam bisnis, tentunya mereka bisa Anda jadikan sebagai tokoh inspirasi dalam membangun bisnis impian Anda.

BACA JUGA: Inspiratif, Simak Cerita Edward Tirtanata Menguasai Bisnis Kopi Nusantara

Exit mobile version