Panduan Memilih Tripod HP Terbaik untuk Fotografi dan Videografi

JNEWS – Tripod HP menjadi kebutuhan penting yang harus dimiliki untuk menunjang kegiatan fotografi maupun videografi. Alat ini sangat membantu dalam pengambilan gambar dan menghasilkan foto maupun video yang stabil serta tidak blur.

Di dunia fotografi dan videografi, salah satu kunci utama dalam menghasilkan gambar atau video dengan kualitas tinggi adalah kestabilan. Sayangnya, bagi sejumlah orang, menjaga kestabilan itu agak sulit karena kendala tangan tremor. Di sinilah pentingnya memiliki tripod HP supaya kestabilan tetap terjaga.

Selain itu, bagi yang menyukai traveling, kehadiran alat ini sangat berguna. Ketika tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk membantu memotret, dengan alat ini cukup menyetel timer dan bisa bekerja otomatis. Desainnya yang praktis membuat alat ini mudah untuk diselipkan di ransel atau koper.

Panduan Memilih Tripod HP Terbaik

Panduan Memilih Tripod HP Terbaik untuk Fotografi dan Videografi

Sekarang ini tripod HP bukan sekadar aksesoris tambahan saja, tapi sudah menjadi perangkat yang penting dimiliki baik pemula maupun profesional. Fungsinya memang sederhana tapi sangat krusial yaitu menjaga kamera tetap stabil dan juga memastikan gambar atau video yang dihasilkan jernih serta tajam.

Dengan peran yang penting tersebut, tentunya tidak boleh sembarang membeli tripod HP. Berikut ini sejumlah panduan yang bisa diterapkan supaya bisa memilih tripod terbaik sesuai kebutuhan.

1. Cari yang Fleksibel dan Kokoh

Apabila aktivitas utama untuk membuat konten foto dan vlog, sebaiknya memilih tripod yang fleksibel dan kokoh. Pastikan tripod tersebut bisa digunakan di berbagai permukaan, memungkinkan untuk digantung di suatu tempat yang tidak bisa dijangkau oleh tripod biasa hingga apakah aman untuk dipasang di pagar.

Mengapa demikian? Karena biasanya dalam pengambilan gambar atau video membutuhkan berbagai angle agar bisa menghasilkan konten yang beragam. Umumnya, tripod yang fleksibel dan kokoh ini berukuran kecil sehingga nyaman untuk dibawa ke mana saja.

2. Pilih yang Memiliki Busa atau Karet di Kaki

Kaki tripod adalah bagian yang akan menopang seluruh struktur. Selain memilih kaki yang kokoh juga stabil, penting untuk mengecek apakah memiliki busa atau karet di kaki. Adanya busa atau karet akan membuat tripod tidak mudah jatuh dan mampu mencengkram permukaan yang solid. Jadi, tidak perlu khawatir ketika membuat konten di cuaca yang berangin dan panas.

3. Mudah untuk Bongkar Pasang

Agar memudahkan mobilitas untuk pengambilan konten, sebaiknya cari tripod HP yang mudah untuk dibongkar pasang. Apalagi harus mengunjungi beberapa tempat dalam satu hari, tentunya memilih tripod yang bisa bongkar pasang akan mempersingkat waktu dan jadwal bisa berjalan sesuai rencana.

4. Tinggi Tripod

Faktor tinggi tripod pun perlu diperhatikan karena ini menyangkut kenyamanan pengguna. Pilih tripod dengan tinggi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk tripod dengan ketinggian maksimum yang lebih tinggi bisa memberikan fleksibilitas dalam pengambilan gambar dari sudut berbeda-beda. Namun, di sisi lain pastikan juga tripod tersebut bisa menyesuaikan tinggi cukup rendah untuk pengambilan gambar makro.

5. Material Tripod

Material dari tripod akan memengaruhi kekuatan, berat dan tentunya harga. Bahan yang umum dipilih adalah aluminium karena ringan dan terjangkau, sayangnya kurang tahan terhadap korosi serta cuaca ekstrem. Tripod dengan bahan karbon serat lebih ringan, stabil dan tahan lama, tapi harganya cukup tinggi.

6. Fitur

Di beberapa tripod tersedia fitur tambahan yang dapat meningkatkan fungsionalitasnya. Fiturnya seperti mekanisme kunci cepat, bluetooth, kaki yang bisa diperpanjang hingga kait memasang aksesoris tambahan.

7. Harga

Kisaran dari harga tripod sangat bervariasi di pasaran. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Faktor utama yang memengaruhi harga di pasaran adalah merek, material dan fitur yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Kerja Online Lewat HP Android

Tip Penggunaan Tripod HP

Menggunakan tripod HP bagi pemula tentunya diperlukan agar bisa mengambil gambar dan video yang dibutuhkan.

  1. Sesuaikan ketinggian dari tripod dengan kebutuhan. Pastikan tingginya yang nyaman baik untuk pengambilan foto atau merekam.
  2. Tempatkan tripod di permukaan yang datar dan stabil. Apabila harus mengambil foto atau merekam di permukaan tidak rata, gunakan kaki tripod.
  3. Pastikan HP terkunci dengan baik di kepala tripod untuk mencegah terjadinya goyangan selama penggunaan.
  4. Sesuaikan sudut kamera dengan mengubah posisi dari kepala tripod.
  5. Manfaatkan remote control atau timer kamera untuk pengambilan gambar tanpa perlu menyentuh layar HP dan meminimalisir risiko guncangan.
  6. Cek berkala kestabilan tripod dan kamera HP selama penggunaan. Hal ini untuk menghindari adanya perubahan yang bisa mengganggu hasil akhir.
  7. Ketahui beban maksimum yang bisa ditanggung tripod demi menjaga keamanan dan kestabilan

Rekomendasi Produk Tripod HP

Panduan Memilih Tripod HP Terbaik untuk Fotografi dan Videografi

Dengan memerhatikan panduan di atas, ada beberapa contoh produk tripod HP yang bisa dijadikan referensi sebelum membelinya. Berikut beberapa contohnya yaitu:

1. Takara

Merek Takara bisa dikatakan tripod “sejuta umat” karena banyak yang membelinya. Takara adalah tripod dari PT. Visimoda Andalan Indonesia. Tripod ini terkenal dengan harga yang cukup terjangkau dan kualitasnya pun baik.

Untuk pemula bisa memilih tipe Takara Rover 50 dan Takara New Tripod ECO 173A. Harganya di bawah Rp500.000 dan sudah mendapatkan aksesoris tambahan seperti phone holder dan remote untuk bisa mengatur shutter.

2. Xiaomi

Siapa yang tidak mengenal merek Xiaomi? Merek dari Tiongkok ini telah mendunia dengan produk teknologinya yang terkenal berkualitas. Salah satu produknya adalah tripod HP. Untuk tripod, Xiaomi menyediakan selfie stick dengan harga ekonomi tapi kualitasnya mumpuni.

Original Xiaomi Mi selfie stick tripod harganya mulai dari Rp179.000 dan sudah dilengkapi dengan bluetooth remote control.

3. INBEX

INBEX menjadi salah satu merek tripod yang paling banyak dibeli selain Takara. Bahkan merek ini terkenal sebagai produsen pernak-pernik fotografi.

Ada banyak pilihan model tripod dari INBEX, tapi yang paling terbaik adalah tripod INBEX TF-3366 dan INBEX Plus TF-3120. Untuk harganya mulai dari Rp139.000.

Baca juga: Menjadi YouTuber Sukses seperti Windah Basudara, Ini yang Perlu Dilakukan

Demikian ulasan panduan pemilihan, tip penggunaan hingga rekomendasi tripod HP. Pastikan membeli menyesuaikan kebutuhan dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

 

Exit mobile version