Tumbuh Bareng Pelaku Usaha Lokal di Danau Toba, Kiprah JNE Dolok Sanggul

Kepala Cabang JNE Dolok Sanggul, Charly A. Silaban, bersama karyawan.

JNEWS – Menyambut 2024 yang tinggal hitungan hari lagi, JNE Cabang Dolok Sanggul terus memaksimalkan potensi produk-produk hasil para pelaku UMKM lokal guna mendongkrak kiriman. Selain itu juga gencar membidik kerjasama dengan para petani kopi dan buah andaliman.

Dolok Sanggul merupakan sebuah kecamatan yang menjadi ibu kota Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Kawasan Dolok Sanggul terletak di dataran tinggi yang berudara sejuk dan diberkahi dengan lansekap alam yang memikat mata.

Pemandangan indah Danau Toba juga bisa terlihat jelas dari kota yang berjarak sekitar 255 kilometer dari Kota Medan ini. Adapun potensi perekonomiannya berasal dari hasil bumi dan juga pariwisata. Terletak di dataran tinggi, Dolok Sanggul mempunyai beberapa destinasi wisata menarik, termasuk kawasan Danau Toba, yang jumlah kunjungan wisatawannya terus meningkat selepas pandemi berlalu.

Hadir sejak tahun 2011, JNE Dolok Sanggul menggarap semua potensi daerah tersebut dengan berkelanjutan. Kepala Cabang JNE Dolok Sanggul, Charly A. Silaban, menuturkan bahwa di akhir tahun ini JNE menjalin kolaborasi dengan chain store Bolu Menara dari Medan yang menjadi pemasok (supplier) produk oleh-oleh dari wilayah Danau Toba.

“Sekarang ini ada 20 outlet yang sudah eksis, diharapkan ke depannya akan terus bertambah. Begitu juga omsetnya bisa terus meningkat. Mereka merupakan mitra binaan JNE Dolak Sanggul,” ujar Charly, saat berbincang dengan JNEWS, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: Permintaan Makanan Khas Bangka Meningkat, Berkah Bagi JNE Sungailiat

jne dolok sanggul
JNE Dolok Sanggul, terus membina kemitraan dengan para pelaku UMKM setempat.

Adapun sektor lainnya yang akan dimaksimalkan, tutur alumni Sarjana IT Universitas Bina Nusantara (Binus) ini, adalah oleh-oleh khas lokal hasil pertanian para penduduk yang kemudian diproduksi oleh para pelaku UMKM dari mulai kopi, sambal dan bandrek berbahan buah andaliman.

“Kita akan meningkatkan kerjasama dengan pelaku UMKM lokal di sini, sehingga bisa terus mengembangkan produk-produk baru yang diharapkan akan semakin menambah semaraknya pilihan oleh-oleh dari sekitaran Danau Toba,” bebernya.

Banyak event nasional maupun internasional yang digelar di kawasan Danau Toba, turut mendongkrak peningkatan kiriman JNE Dolak Sanggul, misalnya saat berkolaborasi dengan panitia acara LTFW (Lake Toba Fashion Week) 2023 lalu.

“Meski persaingan saat ini lumayan ketat, dengan kerja keras seluruh tim yang ada, di usia JNE yang ke 33 tahun, kami optimis JNE akan tetap menjadi pilhan masyarakat Dolok Sanggul khususnya dan masyarakat Kabupaten Humbag Hasundutan umumnya. Gasspol  Terus Semangatnya!” pungkas Charly.

JNE Dolok Sanggul sendiri yang berdiri pada November 2011, berada di bawah operasional JNE Cabang Utama Silangit, dengan area operasional mencakup seluruh wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan, dan saat ini sudah mempekerjakan 14 karyawan. *

Baca juga: Mengantar Paket “Rasa” Piknik di Kawasan Danau Toba…

Exit mobile version