Ubi Creme Brulee: Dessert Viral Kekinian dari Jepang

JNEWS – Inovasi di bidang kuliner tidak pernah berhenti menghadirkan ragam menu maupun makanan yang baru. Bahkan beberapa di antaranya viral di kalangan masyarakat dunia dan menjadi ide bisnis bagi sebagian orang. Salah satu dessert yang menarik perhatian belakangan ini adalah ubi creme brulee.

Kata crème brulee pasti sudah tidak asing lagi di kalangan pencinta dessert. Puding klasik dari Prancis ini mudah ditemukan di berbagai toko bakery hingga kafe kekinian.

Crème brulee dikenal juga dengan sebutan krim gula gosong. Puding ini terbuat dari telur, krim, dan gula yang kemudian dibakar dengan alat bernama blow torch.

Perpaduan dari ubi dan creme brulee akan menghasilkan sebuah dessert dengan cita rasa manis, creamy serta tekstur yang lembut. Popularitas dari dessert ini di Indonesia mulai meroket sejak awal tahun 2024.

Asal Usul Ubi Crème Brulee

Ubi creme brulee Imo Pippi
Sumber: TimeOut

Awal mula dessert ini berasal dari restoran dari Jepang. Restorannya bernama Imo Pippi yang berlokasi di Asakusa. Di dalam menunya, restoran ini menjual dessert dengan signature dari bahan ubi.

Dari sekian banyak menu, ada dua dessert yang populer yaitu es krim ubi dan ubi panggang dicampur crème brulee. Bahkan, setiap hari restoran ini ramai dikunjungi pengunjung hanya untuk menikmati dessert tersebut.

Sajian manis dan creamy ini dihidangkan dengan ubi sebagai wadah dan crème brulee di bagian atasnya yang garing dan sedikit crunchy. Adapun jenis ubi yang digunakan untuk membuat menu ini di Jepang adalah ubi satsumaimo.

Ubi satsumaimo ini memiliki warna ungu kemerahan di bagian kulit dan di bagian dagingnya berwarna kuning. Kelebihan ubi jenis ini tidak terlalu berpati dan berserat. Namun, karena sulit untuk menemukan jenis ubi ini di Indonesia, sebagai penggantinya bisa menggunakan ubi cilembu.

Baca juga: 6 Kue Ice Cream Terbaik di Seluruh Dunia

Rekomendasi Restoran di Jakarta yang Menjual Ubi Creme Brulee

Fusion food ini kemudian populer di media sosial dan hadir di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh ke Negeri Sakura, karena beberapa restoran di Jakarta menjadikan dessert ini sebagai salah satu menu andalan yang menjadi favorit pengunjung.

1. ARTI Tea Bar

Tempat ngeteh baru di Bintaro Jakarta Selatan ini dulunya adalah Bearrito. ARTI Tea Bar dibuka bulan Februari 2024. Konsep dari tempat ini mengusung desain Korean aesthetic.

Tempatnya tidak terlalu besar dengan seating area lebih banyak di bagian luar. Sedangkan di bagian dalam hanya ada satu meja dan kursi di area bar.

Salah satu menu favorit pengunjung di ARTI Tea Bar adalah UBUD (ubi susu dibakar) yang dibanderol seharga Rp32.000. Untuk menikmatinya pengunjung bisa datang mulai pukul 11.30-21.30 WIB.

Alamat: Jl. Merpati II No.1 Blok H2, Pesanggrahan (Sektor 1), Jakarta Selatan.

2. ANEKA 57

ANEKA 57 merupakan kedai yang memiliki konsep modern minimalis. Kedai ini dibuka sejak pukul 07.00 pagi dan menjual aneka camilan ringan mulai dari roti, gorengan hingga menu favorit pengunjung yakni Ubi Brulee.

Menu Ubi Brulee di ANEKA 57 ini sudah ada sejak tahun lalu. Menariknya, menu di kafe ini menggunakan salted butter ditambah lelehan dari truffle honey. Untuk ubinya sendiri menggunakan ubi cilembu ungu.

Ubi yang telah dipanggang, ditaburi dengan gula pasir lalu dibakar hingga meleleh. Kemudian, sepotong kecil butter diletakkan di atas ubi dan dilelehkan truffle honey.

Seporsi Ubi Brulee dibanderol seharga Rp45.000. Namun, menu ini tidak tersedia setiap hari, jadi harus rajin update melalui Instagram resminya di @aneka.57 .

Alamat: Pecenongan St No.57, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.

3. Pigeonhole Coffee

Pigeonhole Coffee yang terletak di area Bintaro ini selalu ramai oleh pengunjung, bahkan memiliki rating bagus di Google Maps yakni 4.5 bintang dengan jumlah yang review sebanyak 1.191.

Kedai kopi ini memiliki aneka manual brew yang cukup banyak sehingga disukai oleh para penikmat kopi. Salah satu menu yang menjadi favorit belakangan ini adalah Ubi Custard.

Ubi Custard ini menggunakan ubi cilembu yang dipadukan dengan caramel dan butter di atasnya. Tentu saja cita rasa dari menu ini menggugah selera dengan perpaduan manis, creamy, dan sedikit gurih. Seporsi menu ini harganya Rp30.000.

Alamat: alan Bintaro Utara Raya Blok P2 No.1 6, RT.6/RW.8, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan.

Resep Ubi Creme Brulee

Bagi yang kotanya belum tersedia menu ini di berbagai kedai kopi, tidak perlu khawatir. Berikut ini resep ubi creme brulee yang bisa dibuat di rumah.

Bahan:

Cara membuat:

  1. Bungkus ubi dengan aluminium foil agar lebih juicy. Kemudian lapisi loyang dengan kertas baking dan letakkan bungkusan ubi di atasnya.
  2. Lalu panggang di dalam oven kurang lebih 1 jam 30 menit.
  3. Sambil menunggu ubi matang, siapkan mangkuk besar. Masukkan kuning telur, 30 gram gula, tepung maizena dan ekstrak vanila. Aduk merata.
  4. Tuangkan heavy cream secara bertahap.
  5. Letakkan sauce pan di atas kompor dengan suhu sedang, tuangkan adonan tersebut ke dalam wajan, aduk hingga mengental.
  6. Setelah matang, tuangkan ke dalam mangkuk lalu tutup dengan plastic wrap.
  7. Ubi yang sudah matang, dinginkan di suhu ruang 5-10 menit.
  8. Setelah itu belah memanjang bagian tengah, tapi jangan sampai terbelah dua. Buka sedikit belahan dan keruk daging ubi hingga membentuk mangkuk.
  9. Lalu tuangkan filling ke dalam ubi hingga penuh.
  10. Taburi 1 sdt gula pasir di atas filling, lalu bakar dengan torch.
  11. Dinginkan kurang lebih selama satu menit, lalu disajikan.

Baca juga: Mengenal Kaiseki: Hidangan Makanan Jepang Tradisional yang Menarik

Ubi creme brulee sebagai bentuk fusion food menunjukkan bahwa perpaduan bahan tradisional dengan bahan sederhana lainnya bisa menghasilkan dessert yang menggugah selera.

Exit mobile version