Ubin Rumah Mudah Pecah? Begini Cara Mengatasinya

Mengatasi ubin rumah mudah pecah

Close-up view of light gray tile with large diagonal cracks and chips.

Dalam sebuah bangunan, ubin atau tegel menjadi bagian penting untuk melindungi permukaan lantai. Selain itu, ubin hadir juga untuk mempercantik ruangan.

Namun, seringkali penghuni dibuat pusing dengan sejumlah masalah ubin atau tegel. Beberapa masalah yang kerap terjadi seperti tegel pecah, menggelembung, terangkat, retak, atau kopong di bagian bawahnya.

Kondisi ubin yang retak atau pecah juga menimbulkan masalah bagi pemilik rumah, yakni menyebabkan luka apabila terinjak.

Baca juga: Buat yang Insecure, Gini Tips Menghadapinya

Ada beberapa penyebab yang membuat ubin atau tegel pecah. Menurut Adhi Cakra Utama Mulia (Aquaproof) penyebab pertama adalah pengurangan kandungan pada perekat semen yang telah dicampur sehingga perekat ubin mengalami penyusutan.

Kedua, campuran perekat tidak merata sehingga menyebabkan kekosongan pada bawah lantai sehingga terdapat ruang udara yang terjebak. Saat mengalami pemuaian, udara itu akan mendorong ubin ke atas.

Ketiga, beban berat pada lantai membuat salah satu bagian ubin lebih turun atau tidak merata, keempat pergerakan mikro pada rumah-rumah di pinggir jalan raya atau pinggir rel kereta yang mengalami getaran.

Terakhir, pemilihan bahan kurang berkualitas, baik pada jenis ubin dan perekat ubin.

Baca juga: Niat Liburan ke Bandung, Ingat Aturan Ganjil Genap

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencoba beberapa cara seperti menggunakan perekat ubin Superfix dengan daya ikat lebih kuat dari semen biasa maupun semen instan.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, yakni hanya memberikan lapisan Superfix setebal 2-3 mm. Setelah itu, pengguna bisa menggunakan Supergrout A+ yang mengandung formula Polymerized Acid Resistant Technology untuk membuat permukaan dan sambungan ubin tahan zat kimia dari cairan pembersih dan terbebas dari retak dan jamur.

Penggunaan kedua produk itu dianjurkan sejak awal pembangunan rumah agar lantai atau dinding dengan ubin terlindungi dan menciptakan suasana bangunan yang lebih cantik.

 

Exit mobile version