Panduan Wisata Umbul Ponggok: Tips dan Trik untuk Pengalaman Menyelam Terbaik

JNEWS – Umbul Ponggok adalah objek wisata air yang viral dengan foto dalam air di Klaten, Jawa Tengah. Klaten memiliki banyak umbul atau mata air yang jernih sehingga salah satu perusahaan air mineral kemasan terbesar di Indonesia mendirikan pabrik di sini. Umumnya mata air berada di daerah pegunungan yang terpencil. Namun di Klaten, beberapa umbul cukup dekat dengan kota.

Klaten adalah sebuah kota kecil di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namun karena dekat dengan Yogyakarta, maka banyak wisatawan yang menyatukan itinerary atau paket wisata umbul ini dengan Yogyakarta. Di bawah ini adalah informasi lengkap seputar Umbul Ponggok sebagai referensi jika berencana berwisata ke Yogyakarta atau Surakarta dan sekitarnya.

Tentang Umbul Ponggok

Panduan Wisata Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah sebuah mata air yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Mata air ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Pada masa penjajahan Belanda, mata air ini digunakan untuk mengairi daerah pertanian dan pabrik gula Ponggok.

Dahulu, daerah sekitar Klaten terkenal dengan pabrik-pabrik gula milik orang Belanda. Salah satu pabrik gula yang masih bisa dikunjungi adalah pabrik gula Colomadu. Sedangkan pabrik gula Ponggok tidak dapat bertahan akibat resesi pada tahun 1930-an. Setelah tutup, umbul tersebut digunakan oleh warga untuk kepentingan peternakan dan pertanian. Bahkan juga dijadikan sumber air untuk PDAM.

Warga melihat potensi wisata pada mata air tersebut sehingga ditampung dalam kolam besar dan dijadikan objek wisata. Dikutip dari laman Kabupaten Klaten, kedalaman umbul ini bervariasi antara 2 hingga 3 meter. Sedangkan luas umbul adalah panjang 70 meter dan lebar 40 meter. Bagian bawah umbul tidak dikeramik, melainkan dibiarkan alami dengan bebatuan. Meski bagian dasar kolam bukan keramik dan banyak ikan, air kolam tidak mudah kotor karena airnya terus-menerus mengalir.

Baca juga: 5 Lokasi Pemandian Air Panas Terbaik di Jawa Barat untuk Healing

Jam Buka dan Cara Menuju Umbul Ponggok

Seperti umumnya objek wisata air, Umbul Ponggok buka ketika hari terang untuk alasan keamanan, yaitu pukul 08.00-16.00 di hari kerja dan pukul 07.00-17.00 di hari libur. Jika ingin foto underwater, sebaiknya datang sepagi mungkin agar tidak antre panjang dan lebih baik datang di hari kerja. Jika membawa kamera sendiri, pencahayaan terbaik adalah pada pukul 07.00-09.00 dan 15.00-17.00.

Cara paling mudah mencapai lokasi ini adalah menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil yang tersedia sangat banyak di Yogyakarta. Jika berombongan, menyewa mobil bisa lebih murah dengan waktu yang lebih bebas. Waktu tempuh dari Yogyakarta hanya satu jam, sedangkan dari Surakarta atau Solo hanya 45 menit, jika tidak macet. Di sore hari, waktu tempuh bisa lebih lama lagi karena Yogyakarta – Surakarta merupakan jalur padat meski bukan hari libur.

Untuk menuju ke Umbul Ponggok ini, wisatawan juga dapat naik kereta api KRL dari Surakarta atau Yogyakarta menuju Stasiun Klaten. Dari Stasiun Klaten, wisatawan bisa naik taksi online. Tidak ada kendaraan umum yang melewati umbul ini.

Jika dari Yogyakarta, wisatawan bisa sekalian mengunjungi Candi Prambanan yang berada di perbatasan Yogyak arta dan Klaten.

Fasilitas Umbul Ponggok

Umbul ini menawarkan atraksi yang tidak ditemukan di tempat lain, yaitu menyelam di air tawar yang dingin dan tidak berarus seperti di laut sehingga aman untuk belajar snorkeling atau diving. Uniknya, di bawah air terdapat berbagai macam properti, yang bebas digunakan oleh wisatawan untuk bergaya di depan kamera.

Pengunjung juga dapat berenang seperti biasa, main air, atau hanya duduk-duduk sambil bersantai atau ngemil. Fasilitas musala, kamar mandi dan penjual makanan juga banyak tersedia dengan harga murah dan bersih.

Atraksi yang paling menarik perhatian adalah foto di dalam air bersama ikan-ikan dan properti lainnya, seperti sepeda, meja, kursi dan sebagainya. Hasil foto tajam karena air jernih.

Untuk harga tiket masuk dan biaya sewa peralatan lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Tiket masuk Rp10.000 per orang untuk hari kerja dan Rp15.000 untuk hari libur
  2. Parkir Rp10.000 untuk mobil
  3. Sewa masker snorkeling Rp15.000
  4. Sewa pelampung Rp10.000
  5. Sewa kaki katak Rp10.000
  6. Sewa ban Rp5.000

Sedangkan harga paket menyelam adalah sebagai berikut:

  1. Paket natural tanpa properti Rp60.000 untuk untuk 4 orang selama 30 menit dan Rp100.000 untuk 7 orang selama 60 menit.
  2. Paket dengan properti laptop, Rp120.000 untuk 4 orang untuk 30 menit dan Rp160.000 untuk 7 orang selama 60 menit.
  3. Paket dengan properti kursi, Rp90.000 untuk 4 orang selama 30 menit dan Rp130.000 untuk 7 orang selama 60 menit.
  4. Paket dengan properti sepeda onthel, Rp60.000 untuk 4 orang selama 30 menit dan Rp130.000 untuk 7 orang selama 60 menit.
  5. Paket dengan properti vespa, Rp160.000 untuk 4 orang selama 30 menit dan Rp200.000 untuk 7 orang selama 60 menit.
  6. Paket dengan properti kotak, Rp60.000 untuk 4 orang selama 30 menit dan Rp100.000 untuk 7 orang selama 60 menit.
  7. Paket dengan properti sepeda motor, Rp160.000 untuk 4 orang selama 30 menit dan Rp200.000 untuk 7 orang selama 60 menit.
  8. Paket dengan properti sepeda motor N-max, Rp160.000 untuk 4 orang selama 30 menit dan Rp200.000 untuk 7 orang selama 60 menit.
  9. Paket Diving Rp250.000 per orang, sudah termasuk pendamping, peralatan diving, serta dokumentasi foto dan video untuk durasi 60 menit.
  10. Paket Walker Rp150.000 untuk WNI dan Rp200.000 untuk WNA berupa jalan-jalan di air, dokumentasi foto dan video dan pendamping untuk durasi selama 20 menit.

Tip Menyelam Aman di Umbul Ponggok

Agar liburan aman dan menyenangkan, wajib memperhatikan beberapa tip menyelam di Umbul Ponggok berikut ini:

  1. Umbul ini cukup dalam sehingga kurang cocok untuk yang tidak bisa berenang. Namun, jika benar-benar ingin bermain air, wajib menyewa ban. Anak-anak harus didampingi orang tua yang bisa berenang dan hanya dilakukan di pinggir saja.
  2. Jika tidak punya pengalaman diving atau snorkeling, sebaiknya menyewa paket yang sudah termasuk pemandu.
  3. Gunakan peralatan lengkap dan jangan meninggalkan peralatan yang kelihatannya tidak penting sekali pun.
  4. Ikuti semua arahan penjaga ketika mulai masuk ke dalam air, termasuk petunjuk sekecil apa pun dan hindari terlalu banyak bercanda.
  5. Ikuti aba-aba untuk mulai berpose dan bersabar mengikuti proses pemotretan.
  6. Jika merasa tidak nyaman, segera beri tanda kepada penjaga.
  7. Ikuti semua arahan penjaga ketika naik kembali ke tepi kolam agar tidak terpeleset.

Baca juga: 7 Lokasi Diving Terbaik di Raja Ampat

Itulah panduan lengkap untuk wisatawan yang berencana mengunjungi Umbul Ponggok. Berkunjung ke umbul ini akan lebih menyenangkan dan mengesankan jika bersama-sama keluarga atau teman-teman.

Exit mobile version