UMKM, Dongkrak Penjualanmu dengan Tips SEO Berikut

Tips SEO UMKM

Siapa di antara kamu yang pernah mendengar istilah Search Engine Optimization (SEO)? Ya, teknik SEO tak dipungkiri tengah menjadi tren yang sering dipakai di era digital seperti saat ini, terutama di kalangan pelaku usaha tak ketinggalan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

SEO adalah sebuah teknik yang dapat diandalkan untuk mengupayakan optimasi situs agar mendapat peringkat teratas dari hasil pencarian. Menurut sebagian besar orang, SEO memiliki kemampuan untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencarian, dalam hal ini mesin pencarian Google tentunya. Dengan visibilitas yang tinggi, hal ini tentu akan menjadi cara untuk mendongkrak popularitas lapak atau usaha yang dimiliki oleh UMKM.

Baca Juga: Begini Cara Daftar Izin Berusaha buat UMKM via Online

Ada banyak tips menggunakan SEO secara optimal yang bisa kamu pelajari. Tapi, kali ini kita akan coba bedah teknik SEO dari SEO Senior Lead Tokopedia Frans Fernando. Seperti apa tips SEO untuk mengoptimalkan penjualan dan memperluas bisnis? Simak informasinya di bawah!

Tips SEO untuk Pelaku UMKM

1. Tulis Nama Produk yang Sesuai

Kebanyakan orang akan langsung menulis nama produk yang akan mereka cari. Jadi, tips yang pertama ketika kamu menuliskan nama produk di situs atau e-commerce, sebaiknya tulis sesuai dengan apa yang kamu jual. Semisal kamu menjual produk berupa sepatu, langsung saja tulis nama produk tersebut. Penulisan yang sesuai dapat memudahkan calon pembeli menemukan produk yang diinginkan.

2. Deskripsi Produk Sesuai Keyword

Nah, banyak dari mereka yang kurang begitu perhatian terhadap deskripsi. Padahal penulisan deskripsi produk juga merupakan salah satu tips SEO dalam berjualan. Gunakan kata kunci yang relevan dan sesuai keyword. Mengapa? Karena penulisan deskripsi yang tepat akan membuat produk muncul di halaman pencarian.

“Lengkapi deskripsi produk dengan jelas agar memudahkan pembeli mencari produk yang dibutuhkan. Pegiat usaha bisa menggunakan fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia untuk mencari kata kunci produk yang sering dicari calon pembeli. Misalnya untuk produk Sambal, kata kunci yang relevan, contoh: Sambal Matah, Sambal Dabu-Dabu, dan Sambal Bawang,” ujar Frans seperti dalam keterangan tertulis.

3. Menambahkan Tautan (Link) yang Relevan

Selain berjualan di e-commerce, kebanyakan UMKM sekarang juga ada yang memanfaatkan media sosial. Nah, agar dapat tersedot ke dalam SEO, menggunakan tautan atau link dari luar juga penting. Kamu bisa menambahkan tautan ke jualan e-commerce untuk menambah jumlah pengunjung. Penambahan link e-commerce juga akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Orang akan lebih percaya bertransaksi di e-commerce ketimbang transfer bank.

4. Mengoptimalkan Visual Produk

Tips SEO berikutnya yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM adalah mengoptimalkan visual atau gambar produk. Tak dimungkiri memang bahwa gambar menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah produk. Biasanya sebelum membeli, para calon pelanggan akan memperhatikan gambarnya. Semakin jelas atau bagus gambar tersebut, maka akan semakin banyak jumlah calon pembeli yang berkunjung ke halaman produk.

“Gunakan foto yang jelas, jernih dan menarik agar calon pembeli merasa terpikat untuk melihat produk Anda,” kata Frans.

Baca Juga: Agar Lebih Dipercaya Ajukan Pinjaman, UMKM Disarankan Gunakan QRIS

5. Kombinasikan Kata Kunci

Masih berkaitan dengan kata kunci. Selain menggunakan kata kunci yang relevan, kamu juga bisa mengkombinasikan kata kunci. Namun, kombinasi kata kunci ini harus saling berkaitan dengan produk yang akan dijual. Seperti misalnya jika kamu menjual sepatu, maka kombinasikan dengan jenis produk, merek, keterangan (model/pola, tipe, atau warna). Contonya Sepatu Pria (merek) Putih Ukuran 42, sehingga calon pembeli bisa dengan mudah menemukan sepatu yang spesifik.

Sampai di sini apakah kalian sudah mengertip tips SEO untuk berjualan? Jika ia, semoga hal tersebut bisa kamu terapkan dan bermanfaat ya.

Baca Juga: Wajib Kenal Fitur Penting di Facebook untuk Jualan Online

Exit mobile version