3 Hal Kenapa UMKM Wajib Beralih ke Online

Ide Bisnis Dari 5 Produk Paling Laris di E-commerce

Ilustrasi Online Seller.

UMKM Online – Terbatasnya aktivitas fisik dan jarak, membuat kebutuhan layanan daring alias online makin cepat meningkat. Kondisi ini dibuktikan dari adanya kenaikan penjualan online yang signifikan pada masa pendemi, yakni 480 persen.

Situasi tersebut secara tak langsung mendorong pemilik bisnis dan UMKM untuk bergegas beradaptasi mengikuti perkambangan digitalisasi dan mencoba inovasi baru menjadi UMKM online. Bila tidak, maka akan tertinggal dengan yang lain.

Nah, untuk menjawab kekhawatiran UMKM dan pemilik usaha lain, ShopeePay bersama Help dan dan Titan Tyra menberikan insight bisnis ringan, trendy, dan insightful untuk berinovasi mengembangkan usaha ke jalur online.

BACA JUGA : Gandeng OVO, BRI Siap Kucurkan Pinjaman Modal Buat UMKM

Founder & CEO Help, Muhamad Noor Sutrisno mengatakan, Help ingin menjadi solusi di tengah pandemi dengan menghadirkan layanan pengantaran yang cepat, terpercaya, dan terjangkau. Terlebih lagi, sejak adanya pandemi ini, masyarakat semakin familiar dengan digitalisasi, tanpa memandang gender ataupun umur.

Beralih ke bisnis online di masa pandemi, Shopee Talk

“Kami juga melihat ada kenaikan transaksi yang signifikan sebesar 17 kali lipat dan peningkatan unduhan aplikasi yang mencapai 18 kali lipat selama pandemi ini di platform kami. Hal ini menandakan semakin vitalnya platform digital dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari yang saat ini lebih banyak beraktivitas dari rumah,” kata dia.

Hal serupa juga diutarakan Titan Tyra yang merupakan Content Creator and Co-Founder & Creative Secondate Beauty. Menurut dia adanya pandemi memberikan dampak signifikan terhadap pelaku bisnis, karenanya dia memilih terjun ke ranah online.

BACA JUGA : 6 Bisnis Makanan Rumahan yang Masih Menarik Digeluti

“Kita bisa memperluas jangkauan produk dan semakin dekat dengan pelanggan. Berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti ShopeePay untuk pembayaran digital dan Help untuk layanan pengantaran cepat dan ongkos terjangkau, juga perlu dilakukan untuk meningkatkan layanan bisnis,” ujarnya.

Setidaknya, ada tiga poin besar yang menjadi jawaban keseluruhan mengenai pentingnya beralih jalur ke bisnis online, terutama pada kondisi pandemi yang belum diketahui kapan rampungnya, yakni ;

1. Pelaku usaha dapat menjangkau pelanggan lebih luas

Dengan hadir secara online, ruang gerak dan jangkauan pelaku usaha tidak terbatasi oleh jarak dan waktu. Oleh karena itu, pelaku usaha dapat memenuhi pesanan pelanggannya yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia bahkan keluar negeri.

Trik Jitu Berjualan di E-Commerce

Untuk mewujudkan hal tersebut, Help hadir untuk mempermudah pengantaran atau dari segi logistik pelaku usaha dengan ongkos kirim yang sangat terjangkau. Ditambah ShopeePay yang menyediakan layanan pembayaran digital yang memungkinkan transaksi jarak jauh pelaku usaha dengan pelanggan.

2. Lebih dekat dengan pelanggan

Menyediakan toko online atau hadir secara online memungkinkan pelaku usaha untuk berkomunikasi lebih dekat dengan pelanggan yang berada di berbagai daerah. Sehingga, terjalin komunikasi dua arah dimana pelaku usaha dapat lebih cepat tanggap terhadap keinginan pelanggan.

3. Menambah sarana penjualan yang baru

Masuk ke ranah online membuka kesempatan bagi pelaku usaha untuk menambah toko tanpa gerai yang dapat diakses oleh pelanggan tanpa harus hadir secara fisik.

Sumber Foto: Unsplash

Selain itu, bagi yang belum memiliki toko offline sebelumnya, hal ini dapat mengurangi modal gerai fisik. Dengan bekerjasama dengan layanan digital yang memberikan berbagai keuntungan, dapat menarik antusiasme pelanggan bertransaksi.

Exit mobile version