Panduan Terlengkap untuk Liburan Keluarga di Universal Studio Singapore

JNEWS – Taman bermain bertema film terkenal, yang dilengkapi dengan wahana-wahana berkualitas, menjamin pengalaman liburan di Universal Studio Singapore akan sangat mengesankan. Tidak mengherankan jika Universal Studios, yang pertama di Asia Tenggara, menjadi destinasi wisata favorit yang selalu dipadati pengunjung, termasuk wisatawan dari Indonesia.

Berikut beberapa panduan penting yang perlu diperhatikan jika ingin mengunjungi taman bermain ini dalam rangka liburan keluarga.

Persiapan Liburan ke Universal Studio Singapore yang Perlu Dilakukan

Panduan Terlengkap untuk Liburan Keluarga di Universal Studio Singapore

Persiapan penting untuk liburan ke Universal Studio Singapore bersama keluarga yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Siapkan Paspor

Pastikan paspor telah valid dengan masa berlaku minimal enam bulan sejak tanggal keberangkatan. Untuk visa, warga negara Indonesia bebas visa masuk ke Singapura, sehingga hal ini bisa dilewati.

Meski demikian, wisatawan dari Indonesia wajib mengisi formulir SG Arrival Card (SGAC) 3 hari sebelum kedatangan. Setelah formulir ini diisi, email konfirmasi akan dikirimkan dan bisa ditunjukkan di imigrasi Singapura.

Nah, yang juga perlu diperhatikan, adalah perlu untuk membuat fotokopi paspor dan menyimpannya terpisah dari paspor asli adalah tindakan pencegahan yang bijak, menyediakan opsi cadangan jika paspor hilang atau dicuri selama perjalanan.

2. Menyiapkan Uang Tunai

Penting untuk menukarkan Rupiah ke Singapore Dollar sebelum perjalanan. Dianjurkan untuk memantau nilai tukar terkini karena fluktuasi harian dapat memengaruhi jumlah uang yang ditukar.

3. Pelajari Sistem Transportasi selama di Singapura

Setibanya di Singapura, penggunaan kartu multi pembayaran Singapore EZ-Link sangat dianjurkan untuk perjalanan dengan bus atau subway. Kartu ini menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam berkeliling kota.

4. Menjaga Koneksi Internet selama di Singapura

Beberapa pilihan tersedia untuk memastikan koneksi internet yang stabil. Pilihan tersebut meliputi Singapore 4G Sim Card yang dapat diambil di Bandara Changi atau di toko retail M1, serta Java Mifi Singapore yang dapat dikirim ke alamat di Jabodetabek.

5. Beli Tiket Universal Studios Singapore:

Universal Studio Singapore menawarkan berbagai jenis tiket, seperti tiket reguler, Express Pass, dan Express Pass Unlimited. Wisatawan bisa membelinya dengan mudah di agen perjalanan online, seperti tiket.com ataupun Traveloka.

Dengan tiket elektronik, wisatawan dapat langsung masuk ke taman. Tiket reguler menawarkan harga yang lebih terjangkau, sementara Express Pass dan Express Pass Unlimited memberikan keuntungan tambahan seperti mengurangi waktu antrean. Express Pass memungkinkan satu kali lewati antrean per wahana, sedangkan dengan Express Pass Unlimited, wisatawan dapat melewati antrian berkali-kali di setiap wahana.

Baca juga: 48 Jam di Singapura: Itinerary Singkat untuk Menikmati Kota

Berangkat ke Singapura!

Penting untuk diketahui, bahwa Universal Studio Singapore memiliki beberapa jam operasional yang berbeda. Sebelum berkunjung dan membeli tiket, ada baiknya mengecek dulu ke situs resmi Universal Studio Singapore untuk memastikannya.

Hal ini membantu untuk memilih tanggal dengan jam buka lebih panjang, memungkinkan waktu bermain yang lebih lama. Jam operasional biasanya adalah dari 11.00 – 18.00 selama non-peak season, dan diperpanjang hingga 20.00 selama peak season.

Selain itu, Universal Studio Singapore juga sering menyelenggarakan berbagai event spesial sepanjang tahun, seperti Halloween Horror Nights pada bulan Oktober dan A Christmas Universal antara bulan November hingga Desember.

Memilih waktu kunjungan yang tepat akan memberikan pengalaman yang lebih berkesan sesuai dengan preferensi dan rencana perjalanan.

Wahana dan Daya Tarik di 6 Zona Universal Studio Singapore

Yang paling seru jika berkunjung ke taman rekreasi ini tentu saja adalah wahana-wahananya yang seru. Di Universal Studio Singapore ini, terdapat 6 zona dengan wahana, daya tarik, dan fasilitasnya masing-masing.

1. Zona Hollywood

Area pertama adalah Zona Hollywood, yang dihiasi dengan miniatur bangunan yang terinspirasi dari film-film Hollywood. Di sini, wisatawan dapat bertemu dengan berbagai karakter film terkenal, termasuk Gru dan The Minions dari Despicable Me, Alex Si Singa dan kawan-kawan dari Madagaskar, hingga Po dan Master Tigress dari Kung Fu Panda.

Ada berbagai makanan lezat yang bisa ditemukan di sini. Seperti Mel’s Drive-In yang menyediakan paket lengkap burger. Juga ada Pops! Popcorn Delight menawarkan camilan gurih, dan masih banyak lagi.

Untuk suvenir, tersedia Universal Studios Store, Minion Mart, dan Hello Kitty Studio Store untuk belanja. Juga ada The Dark Room untuk foto-foto.

2. Zona New York

Berikutnya, di Zona New York, ada Sesame Street Spaghetti Space Chase. Di wahana ini, wisatawan dapat menikmati petualangan seru di luar angkasa bersama karakter-karakter Sesame Street. Jangan lupa untuk berfoto bersama Elmo dan teman-temannya.

Untuk rehat sejenak, wisatawan bisa mencicipi makanan khas New York seperti pizza di Loui’s NY Pizza Parlour, atau menikmati suasana restoran dengan nuansa New York di KT’s Grill.

Selain itu, ada juga Big Bird’s Emporium, sebuah toko suvenir yang menawarkan berbagai barang bertema Sesame Street. Di sini, pengunjung bisa menemukan berbagai pilihan suvenir, dari boneka Elmo hingga topi Cookie Monster yang lucu.

3. Zona Sci-fi City

Zona Sci-Fi City adalah sebuah area yang dipenuhi dengan robot luar angkasa dan teknologi futuristik. Zona ini menawarkan berbagai wahana yang dapat memacu adrenalin.

Ada wahana Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON yang wajib dicoba, yaitu sebuah roller coaster outdoor yang sangat cepat. Selain itu, ada wahana TRANSFORMERS The Ride: The Ultimate 3D Battle yang menghadirkan pengalaman VR seru, serta tantangan menjaga keseimbangan di Accelerator.

Zona ini juga menampilkan Transformers: Voices of Cybertron, sebuah area meet & greet, di mana wisatawan bisa bertemu dengan Optimus Prime, Bumblebee, dan Megatron.

Kalau lapar, ada corn dog lezat di Frozen Fuel dan minuman menyegarkan di Planet Yen yang bisa dinikmati. Sementara kalau pengin belanja oleh-oleh, ada Transformers Supply Vault dengan berbagai merchandise dan barang koleksi Transformers.

4. Zona Ancient Egypt

Salah satu wahana paling populer di zona ini adalah Revenge of the Mummy, sebuah indoor roller coaster yang mengajak wisatawan melewati perangkap mumi dalam kegelapan. Seru dan menegangkan!

Ada juga Treasure Hunters, sebuah wahana yang mengajak wisatawan berkeliling situs penggalian harta karun dengan menggunakan motor car.

Untuk pilihan kuliner, ara Oasis Spice Café yang menawarkan hidangan khas India yang kaya akan rempah-rempah. Minumnya bisa di Cairo Market, yang menyediakan air kelapa yang menyegarkan. Untuk pencuci mulut, Pharaoh’s Dessert Oasis menyajikan slushies dengan rasa buah-buahan seperti blueberry dan mangga.

5. Zona The Lost World

Di area dengan tema Jurassic Park ini, Canopy Flyer siap membawa wisatawan terbang tinggi, menikmati pemandangan Zona The Lost World dari ketinggian. Untuk anak-anak, ada Dino-Soarin yang bisa dicoba.

Selain itu, atraksi lain seperti Hatched! Featuring Dr. Rodney menawarkan kesempatan untuk menyaksikan proses menetasnya telur dinosaurus. Pengalaman lain yang tidak kalah menarik adalah Raptor Encounter with Blue. Wisatawan dapat mempelajari fakta-fakta unik tentang Raptor, kawanannya, dan jenis dinosaurus lainnya di sini.

Untuk kulinernya, tak kalah menarik, ada hidangan lezat dari Fossil Fuel, yang menyediakan berbagai pilihan seperti hot dog, turkey legs, churros, dan Egg Rice Ball. Kalau mau beli oleh-oleh, ada The Dino-Store, yang menawarkan beragam merchandise, terutama bagi penggemar Jurassic Park.

6. Zona Far Far Away

Zona Far Far Away merupakan destinasi terakhir di Universal Studios Singapore yang dipenuhi dengan berbagai atraksi dan wahana menarik. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan panorama hutan dongeng dari ketinggian dengan roller coaster Enchanted Airways.

Selanjutnya, ada Magic Potion Spin, sebuah bianglala mini yang terletak di ruangan ramuan sihir Ibu Peri. Untuk pengalaman yang lebih menantang, wisatawan bisa mencoba Puss In Boots’ Giant Journey, roller coaster gantung yang mengikuti petualangan Puss bersama Kitty.

Nah, biasanya juga ada karakter Shrek dan Putri Fiona di area Happily Ever After yang selalu siap untuk diajak berfoto. Juga ada Puss and Kitty di The Dance For The Magic Beans.

Di Zona Far Far Away, Goldilocks menawarkan hidangan lezat seperti ayam goreng berbumbu dengan waffle lembut. Untuk suvenir dan kenang-kenangan, ada berbagai merchandise di Fairy Godmother’s Potion Shop.

Baca juga: Itinerary Singapura untuk Penggemar Sejarah dan Arsitektur

Universal Studio Singapore menyajikan pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan dari segala usia. Dengan ragam atraksi, wahana, dan pertunjukan yang memikat, setiap sudut taman bermain ini menghidupkan dunia fantasi dan petualangan.

Baik mengeksplorasi Zona Ancient Egypt yang penuh misteri atau menikmati kegembiraan di Zona Far Far Away, keseruan tanpa batas menanti di setiap langkah. Menjadikan Universal Studio Singapore destinasi yang sempurna untuk liburan keluarga, dijamin akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.

Exit mobile version