Usir Udara Kotor dengan 5 Tanaman Hias Pengganti Air Purifier

Lidah mertua. Foto: Pixabay

Beberapa hari belakangan kualitas udara ibukota Jakarta mendapat predikat terburuk ketiga di dunia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, terjadi peningkatan konsentrasi partikel debu halus (PM 2.5) dalam beberapa hari terakhir di Jakarta.

Buruknya kualitas udara pun bisa berimbas pada kambuhnya penyakit seperti asma, sinus, bronkitis, dan beberapa penyakit pernafasan lainnya.

Menghindari udara kotor bisa dibilang sedikit sulit. Namun, ada cara cerdas sebagai solusinya yaitu dengan tanaman hias. Tak hanya berfungsi penambah estetika, sejumlah tanaman hias ini berfungsi meningkatkan kualitas udara.

Baca juga: 5 Rempah Ini Berkhasiat Menurunkan Berat Badan

Berikut 5 tanaman hias yang bisa meningkatkan kualitas udara di rumah:

Weeping fig

Tanaman hias ini diyakini dapat menjadi pemurni udara terbaik. Letakan tanaman ara ini di dalam ruanga, maka kualitas udara pun jadi lebih baik dan sehat.

Lidah buaya

Dikenal dengan nama lain wonder plant, lidah buaya memiliki banyak manfaat. Mulai dari kecantikan hingga kesehatan, salah satunya dipercaya dapat memurnikan udara dan mampu mengangkat polutan seperti benzena dan formaldehida (formalin). Biasanya lidah buaya melepaskan oksigen saat malam hari.

Spider plant

Dikenal sebagai tanaman yang menghasilkan oksigen, Spider Plant bisa menyaring karbonmonoksida, formalin dan benzene. Jadi, buat kamu yang menginginkan ruangan dengan udara yang bersih, bisa memilih Spider Plant untuk diletakan di ruang tamu atau sudut-sudut ruangan lain.

baca juga: Waspada! Ini 5 Minuman Berkolesterol Tinggi

Areca Palm

Salah satu tanaman dalam ruangan terbaik untuk menyerap polutan udara adalah Areca Palm. Selain itu, tanamana ini juga dapat membantu memperkuat sistem saraf.

Lidah mertua

Daun-daun dari lidah mertua ternyata mampu memurnikan udara di dalam ruangan. Tanaman lidah mertua ini pun menjadi salah satu hiasan favorit di dalam ruangan dan mampu membersihkan racun-racun di udara, lidah mertua dipercaya juga bisa menyerap CO2 di dalam ruangan. Sehingga kualitas udara pun menjadi lebih baik dan segar.

Exit mobile version