Libur Panjang, Keluar Masuk Jakarta Wajib Rapid Test Antigen

Ilustrasi rapid test antigen

Ilustrai rapid test antigen/dok. alodokter

 

Momen libur panjang Natal dan tahun baru kali ini ternyata menjadi polemik. Pasalnya, guna mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah menerapkan regulasi baru bagi yang ingin berpergian.

Aturan tersebut berupa wajib melampirkan hasil rapid test antigen, bagi yang ingin keluar masuk Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

Regulasi ini resmi berlaku mulai 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Namun hanya dikhususkan untuk penumpang transportasi umum, baik itu udara, laut, maupun darat.

BACA JUGA : Biar Gak Terjebak Macet, Ini Prediksi Puncak Arus Libur Natal dan Akhir Tahun

Dengan demikian, penumpang bus AKAP, Pesawat terbang, dan angkutan laut, wajib menyertakan hasil bebas Covid-19 tersebut saat akan berpergian. Bila tidak, maka risikonya perjalanan liburan panjang Anda akan kandas alias gagal.

Meski pun kendaraan pribadi juga bebas dari aturan tersebut, namun saat memasuki kota tertentu juga diwajibkan menyertakan hasil rapid test antigen tersebut. Dari informasi yang ada, beberapa kota selain Jakarta, adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penerapan aturan wajib pengujian bebas Covid-19  tersebut difokuskan untuk sektor transportasi umum, paling utama adalah udara.

“Jadi gini, untuk rapid test antigen itu kan menjadi kebijakan nasional. Artinya bagi penumpang maskapai saat akan membeli tiket itu diwajibkan calon penumpannya melampirkan hasil rapid test antigen,” kata dia

“Prioritasnya di udara, penumpang wajib menyertakan surat hasil rapid test antigen. Tentu untuk pergerakan antarkota antarprovinsi yang kita utamakan,” ucap Syafrin.

BACA JUGA : Waduh .. Jadwal Liburan Panjang Akhir Tahun Dipotong

Adanya aturan ini pun sempat membuat protes para pengusaha transportasi, khususnya bus AKAP lantaran diklaim berpotensi membuat penumpang beralih ke transportasi pribadi atau travel gelap.

Namun demikian, rupanya memang hal ini sudah menjadi keputusan yang ditetapkan dan wajib dipatuhi bagi para pelancong yang akan berlibur di akhir  tahun.

So ..  buat Anda yang ingin berpergian jangan lupakan rapid test antigen yang bakal menjadi surat sakti dalam libur panjang Natal dan tahun baru kali ini.

Exit mobile version