War Tiket: Pengertian dan Cara untuk Menang

JNEWS – War tiket marak belakangan ini. Hampir semua tiket konser artis dalam dan luar negeri ludes dengan cepat.

Antusiasme menonton konser memang naik tajam beberapa tahun belakangan. Setiap ada poster konser baru, penggemar langsung bersiap untuk berebut tiket habis-habisan. Usaha perebutan tiket inilah yang disebut sebagai war tiket.

War tiket zaman sekarang tidak dilakukan dengan berdiri sejak subuh di depan loket penjualan, melainkan mengandalkan peralatan elektronik. Penggemar harus beradu siasat agar berhasil mendapatkan tiket yang diincar. Tak jarang, mereka bersekutu dengan teman atau keluarga dalam perang tiket tersebut.

Meski dalam perang ini tidak ada jaminan untuk menang, tetapi ada beberapa tip dan trik yang bisa dicoba berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah berhasil merebut tiket konser BlackPink dan Coldplay di Jakarta, Harry Styles di Bangkok, Billie Eilish di Amsterdam, bahkan Sheila On 7 di lima kota.

Persiapan War Tiket

Persiapan Nonton Konser agar Tetap Sehat, Hemat, dan Selamat

Sulit membayangkan puluhan ribu tiket konser Blackpink dan Coldplay habis dalam hitungan menit. Siapa saja sih orang-orang yang membeli tiket ini? Fakta tersebut memang sulit dterima, tetapi akhir-akhir ini masyarakat sudah terbiasa dengan war tiket. Jika ingin nonton konser maka harus berjuang.

Untuk memperbesar peluang merebut satu atau beberapa tiket, berikut adalah persiapan yang harus dilakukan.

1. Siapkan Semua Perangkat

Siapkan laptop, tablet dan ponsel. Usahakan nantinya tiap perangkat dipegang oleh satu orang. Jika tidak ada yang dimintai tolong, terpaksa satu orang harus mengendalikan beberapa perangkat.

2. Cek Koneksi Internet

Pastikan semua koneksi Wi-Fi lancar dan provider sudah dibayar. Jika menggunakan data, pastikan kuota masih cukup untuk untuk digunakan. Sebaiknya tidak semua menggunakan wifi. Tugaskan satu atau dua perangkat menggunakan koneksi internet melalui data.

3. Daftarkan Diri di Platform

Umumnya situs penjualan tiket mewajikan pembeli untuk mendaftarkan akun atau sign in. Pastikan ini sudah dilakukan sebelum hari H.

4. Siapkan Data Diri

Siapkan data diri di notepad agar dapat dikopas (copy paste) dalam situasi genting. Perhatikan ketentuan pembelian tiket. Kadang satu kartu identitas bisa untuk membeli 4 tiket, tetapi ada juga yang hanya mengizinkan 2 tiket saja. Hal ini harus diriset dan dirundingkan dulu, jangan sampai ada teman seperjuangan yang tidak mendapatkan tiket.

5. Siapkan Data Pembayaran

Data dan metode pembayaran ini juga sangat penting karena banyak yang gagal bayar. Jika gagal bayar, tentu sangat menyakitkan karena tinggal satu langkah lagi untuk memenangkan perebutan tiket.

Selidiki dulu metode pembayaran yang diminta, misalnya harus menggunakan kartu kredit atau dapat menggunakan transfer lewat virtual account (VA). Jika dapat transfer, selidiki pula bank yang digunakan agar dapat mempersiapkan diri jika harus transfer antarbank.

6. Pelajari Pengaturan Seat

Pengaturan seat harus dipelajari dengan baik. Buatlah rencana cadangan lebih dari satu. Misalnya jika seat di A habis maka akan memilih seat B, C atau D.

Tahapan War Tiket

War tiket biasanya dilakukan dalam beberapa tahap, namun tahapannya tergantung dengan promotor. Berikut adalah tahapan yang mungkin ada dalam perebutan tiket konser.

1. Penjualan Tiket untuk Fan Club

Fan club adalah keanggotaan resmi dari suatu komunitas penggemar. Band-band dari Korea termasuk rajin merangkul fan club. Kadang mereka mengizinkan anggota fan club terpilih untuk menyaksikan latihan sebelum konser dari dekat. Usahakan menang di tahap ini karena saingan paling sedikit.

2. Early Bird

Informasi tentang early bird sangat berharga karena waktunya singkat dan siapa pun boleh ikut tahapan ini. Jika berhasil mendapatkan tiket early bird akan mendapat keuntungan berupa harga tiket yang lebih murah.

3. Presale

Presale pernah dilakukan pada pembelian tiket konser Coldplay di Jakarta yang bekerja sama dengan sebuah bank. Meski peserta war terbatas hanya untuk nasabah bank tersebut dan dilakukan beberapa kali, nyatanya tiket langsung ludes.

4. Penjualan Umum

Ini ibaratnya perang dunia karena siapa pun boleh ikut, termasuk warga negara asing. Tiket dijual dengan harga normal alias harga tertinggi dibandingkan tahapan lain.

Baca juga: Persiapan Nonton Konser agar Tetap Sehat, Hemat, dan Selamat

Pelaksanaan War Tiket

Hari yang mendebarkan pun tiba, yaitu perang untuk memperebutkan tiket konser dibuka. Berikut adalah cara memenangkan war tiket.

1. Berkumpul di Satu Tempat

Kumpulkan semua perangkat dan sekutu (jika ada) dalam satu tempat untuk memudahkan koordinasi 30 menit sebelum perang dimulai. Pastikan semua sudah terkoneksi dengan internet dan baterai penuh. Agar lebih fokus, letakkan semua perangkat di atas meja atau karpet, dan singkirkan peralatan lain, kecuali kertas, pena, KTP dan kartu kredit atau kartu debit.

2. Segera Login

Lakukan login di platform penjualan tiket segera setelah semua perangkat atau sekutu berkumpul. Pastikan notepad yang berisi data diri dan data pembayaran sudah siap.

3. Mulai Refresh

Mulai melakukan refresh 5 menit sebelum penjualan dimulai dan lakukan terus sampai masuk ke antrean atau queue.

4. Stop Refresh

Jika sudah masuk antrean, sabar menunggu hingga bisa mengakses halaman event dari tiket yang akan dibeli. Biarkan sistem yang memperbaharui nomor antrean dan estimasi waktu tunggu.

Jika panik dan melakukan refresh, maka antrean tersebut akan hilang dan harus berjuang dari awal lagi.

5. Pilih dengan Cepat

Jika sudah dapat memilih, cepat lakukan. Abaikan semua peringatan tiket habis. Tetap berada di halaman tersebut, jangan refresh atau reload sampai bisa mengirim data diri dan melakukan pembayaran.

Dikutip dari Loket, full booked artinya sebagian besar yang mengantre sedang dalam tahap pembayaran. Bisa saja ada yang gagal sehingga ada kesempatan terbuka bagi yang lain. Peserta war baru boleh menyerah jika keluar tulisan sold out.

6. Segera Membayar

Tidak seperti pembayaran tiket kereta yang diberi waktu hingga 2 jam, waktu pembayaran war tiket konser hanya 10-15 menit. Usahakan membayar menggunakan VA karena lebih simpel dan cepat. Sedangkan untuk pembayaran menggunakan kartu kredit harus mengisi beberapa informasi tambahan.

7. Pasrah

Langkah terakhir untuk memenangkan tiket adalah berdoa dan sabar menunggu email konfirmasi tiket.

Baca juga: 100 Rekomendasi Lagu Karaoke yang Asyik Dinyanyikan bareng Teman-Teman

War tiket memang seru dan ada kepuasan tersendiri jika bisa memenangkan tiket untuk menonton idola. Jika gagal, berarti belum ditakdirkan untuk bertemu idola. Tidak perlu tergoda jastip (jasa titipan), apalagi dari pihak yang kurang jelas asal-usulnya, karena sangat rentan terhadap penipuan.

Exit mobile version