Warga Bitung Punya Terminal Bus Berasa Bandara

Terminal Baru di Bitung

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan peningkatan dan pelayanan Terminal Tipe A. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan bagi pengguna transportasi bus di Indonesia.

Kali ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub kembali meresmikan Terminal Tipe A Tangkoko Bitung usai dipugar menjadi lebih moden. Bahkan terminal ini pun digadang-gadang layaknya sebuah bandara.

“Pada prinsipnya kehadiran Pemerintah adalah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Semenjak 2018, sebanyak 125 Terminal Tipe A di Indonesia sudah diserahkan ke Pemerintah Pusat yaitu Kemenhub. Pada hari ini kita meresmikan Terminal Tipe A Tangkoko Bitung sebagai “Terminal Serasa Bandara”. Menurut saya ini memang sudah seperti bandara,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi.

BACA JUGA : Menteri Basuki: Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Bantu Distribusi Logistik

Budi melanjutkan, pada prinsipnya sebuah terminal memang tak perlu terlalu besar, tapi yang paling penting diperhatikan adalah fasilitas dan pelayanannya yang menjamin bisa memberikan terbagi bagi calon penumpang, yakni masyarakat.

“Kalau membangun terlalu luas memang akan boros anggaran sementara APBN terbatas. Saat ini kami membuat skema-skema kerjasama untuk terminal sehingga dapat dikerjasamakan dengan pihak swasta,” jelasnya lagi.

Dalam penjelasannya di Terminal Tangkoko Bitu, Budi memaparkan berikutnya sangat terbuka sekali dengan konsep terminal, sehingga tidak hanya sebagai tempat naik turunnya penumpang saja tapi juga harus memberikan efek ekonomi.

Ada banyak aspek bisnis yang bisa dimanfaatkan pada terminal, salah satunya bagi para pelaku usaha UMKM atau lokal lainnya. Karena itu, diharapkan bakal ada progres dan inovasi lainnya.

“Menurut saya untuk wilayah Indonesia Timur, khususnya Sulawesi yang terbagus terminalnya memang di Tangkoko. Selamat kepada masyarakat di Bitung karena sudah memiliki terminal yang serasa bandara,” ujar Dirjen Budi.

Kepala BPTD Wilayah XXII Sulawesi Utara Renhard Ronald menyatakan,a dalam mewujudkan pelayanan Terminal Tipe A Tangkoko Bitung yang prima dan lebih baik, pihaknya telah mengupayakan beberapa fasilitas seperti bandara.

BACA JUGA : Ini Karakteristik UMKM Masa Depan

“BPTD Sulawesi Utara telah mengupayakan pengadaan beberapa fasilitas-fasilitas pelayanan seperti yang ada di bandara, antara lain seperti ruang tunggu berpendingin udara yang dilengkapi dengan tenant seperti makanan dan penjual UMKM, ruang kesehatan dan laktasi, fasilitas difabel, ATM gallery, photo booth, mesin antrian, mesin survey kepuasan masyarakat, free wifi dan port charger, voice direction/ announcement, dan fasilitas protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Renhard.

Renhard menjabarkan juga adanya beberapa kerajinan kesenian yang semakin mdnambah keindahan di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung dengan adanya lumosan mural pada tembok terminal, art gallery di dalam terminal karya seniman lokal, serta tulisan filosofi “SI TOU TIMOU TUMOU TOU” yang artinya manusia hidup untuk memanusiakan orang lain.

Exit mobile version