Transformasi Warung Sembako Bu Tati dari Balikpapan

Satu lagi pengusaha UMKM sukses hasil binaan PT Pertamina (Persero) yang kini sudah bisa naik kelas dalam memperluas cabang serta ekspansi produknya, yakni Kedai BUEKA milik Tati Kartati.

Meski masih tergolong baru menjaddi binaan Pertamina di kalan pandemi, namun berangkat dari ketekunan dan kegigihan dalam berusaha, setelah diberikan kesempatan mengikti dua acara besar Pertamina, Titik berhasil naik daun.

“Bulan September diikutkan Pertamina SMEXPO, kemudian berlanjut Pertamina UMKM Academy,” tuturnya.

Kedua kesempatan itu mendongkrak bisnis yang dijalani Tati. Sebelumnya, kedai BUEKA atau Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah ini hanya bergerak di bidang penjualan warung Sembako.

BACA JUGA : JNE Denpasar “Ngajak Online 2021” Goll..Aborasi Bisnis Online untuk UMKM Sukses

“Kami buka di cabang ‘Aisyiyah di setiap kecamatan yaitu: Kedai BUEKA Kecamatan Balikpapan Barat, Utara, Selatan, Timur, dan Kota.

Abon Ikan Asin Layur BUEKA Setelah menjadi binaan Pertamina, Kedai BUEKA pun mengekspansi produk bisnisnya dengan memproduksi Abon Ikan Asin Layur yang juga menjadi produk unggulan kedai ini.

Upanya berbuah manis dalam meningkatkan hasil omzet penjualan. Dengan modal awal Rp 5 juta per unit, Kedai BUEKA mampu mendapatkan keuntungan sebesar Rp 50 juta perputarannya. “Ini semua berkat bantuan modal dari Pertamina,” katanya.

Tati yang saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Ekonomi ‘Aisyiyah Kota Balikpapan. Ia memiliki program untuk membina dan menghidupkan usaha anggota ‘Aisyiyah.

BACA JUGA : Berawal dari Erupsi Sinabung, Fitri Coffe Kini Dinikmati Sampai Mesir

“Karena perekonomian harus ditumbuhkan dari tingkat paling dasar yaitu meningkatkan ekonomi keluarga” tuturnya.

Dalam hal pemasaran, usaha yang berbasis di Jl. Ahmad Yani, Gunungsari Ilir, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ini dibantu oleh cabang-cabang ‘Aisyiyah di 7 Provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Tati dalam menjalankan usahanya dibantu oleh 3 karyawan tetap dan beberapa tenaga lepas bagian produksi dan pengepakan. Seluruhnya merupakan para ibu rumah tangga di sekitar rumahnya.

Exit mobile version