Wirausaha Go Digital

Oleh : Ardhi Borahima, General Affair KCU Makassar

Masa pandemik membuat perekonomian menurun secara global, berbagai macam cara dilakukan untuk bisa tetap bertahan dalam kondisi seperti saat ini. “Do your best at every opportunity that you have” kalimat ini menggambarkan kondisi yang terjadi saat ini, bahwa kita harus melakukan yang terbaik disemua kesempatan yang masih kita miliki.

Banyak pelaku UMKM gulung tikar dimasa pandemik, hal ini disebabkan karena berbagai macam factor diantaranya yaitu sering diberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan cara pemasaran dagangan yang kurang tepat.

Pada tanggal 24-25 September 2021 pukul 09:00 – 17:00 WITA, KOMINFO membuat kegiatan pelatihan bisnis online dengan tema “Wirausaha Go Digital” yang sifatnya gratis tetapi kuota terbatas dimana pendafataran dilakukan secara online, tempat pelaksanaan kegiatan di Bikin-Bikin Mall Nipah Jl. Urip Sumoharjo Makassar.

Ada beberapa persayaratan jika ingin mengikuti kegiatan ini yaitu usia 17-40 tahun, memiliki usaha/ pelaku UMKM, memilki media dan akun media social (IG/FB), bersedia mengikuti rapid-test antigent (gratis). Pada kegiatan ini materi yang disajikan sangat menarik yaitu : Materi Pengelolahan Keuangan, Aplikasi Pengelolahan Keuangan, Dasar Digital Marketing, Akses Modal, Digipreneur Naik Kelas dan Go Global.

Suatu kehormatan besar JNE Makassar diundang untuk mengisi salah satu materi dalam event tersebut, dimana materi dibawakan langsung oleh Ibu Suci Indah Permatasari selaku Branch Manager JNE Makassar terkait “Dasar Digital Marketing”

Para pelaku UMKM sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini, dibuktikan dengan jumlah peserta yang ikut berpartisipasi sebanyak kurang lebih 800 orang yang dibagi menjadi 8 kelompok.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan para pelaku UMKM khususnya didaerah Makassar dan sekitarnya menghadapi masa pandemik ini, agar pelaku UMKM dapat bangkit kembali dan bisa tetap berjualan via online.

Pada kesempatan ini, selain membawa materi Ibu Suci juga membuka peluang kerjasama dengan UMKM lokal dan memperkenalkan beberapa product JNE yang tentunya akan membawa banyak manfaat bagi para pelaku UMKM seperti :

Product JLC

Terkait product JLC, Ibu Suci menjelaskan mulai dari cara menjadi member JLC hingga keuntungan yang didapatkan jika menjadi member JLC

Service yang bisa digunakan dalam pengiriman

Salah satu service yang ditawarkan dalam pengiriman yaitu service JTR (JNE Trucking) service ini cocok untuk pelaku UMKM yang mengirim paket dengan volume yang besar, karena ongkos kirim sangat terjangkau sehingga pelaku UMKM tidak perlu khawatir mengenai ongkos kirim yang mahal jika kiriman memiliki volume yang besar.

Fulfillment

JNE Makassar memiliki program fulfillment yaitu penyediaan Gudang tempat penyimpanan kiriman oleh JNE. Sehingga bagi para pelaku UMKM yang memiliki stock barang yang banyak tetapi Gudang penyimpanan kurang/tidak muat, bisa menggunakan layanan jasa JNE Makassar untuk menyimpan stock barang. Bukan hanya itu JNE Makassar juga menawarkan packingan hingga proses pengiriman ke destination cukup dikoordinasikan data barang dan data penerima.

PESONA

Pesona (pesanan Oleh-Oleh Nusantara) merupakan salah satu product JNE yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh Nusantara, pilihan oleh-oleh dapat dibuka diweb www.pesonanusantara.co.id JNE membuka peluang untuk para Penggiat UMKM untuk bekerjasama dengan JNE dan membantu untuk memasarkan barangnya.

Ibu Suci juga memperkenalan salah satu rekan bisnis JNE Makassar yang dapat membantu para penggiat UMKM yaitu MAKOLE (Makassar Ole-Ole) yang menyediakan peluang bisnis untuk para pelaku UMKM. MAKOLE merupakan fasilitas yang disediakan untuk para penggiat UMKM dalam mempromosikan barangnya, khususnya oleh-oleh khas Makassar.

Penggiat UMKM yang belum memiliki brand dapat dibantu untuk promosi di MAKOLE yang telah bekerjasama dengan JNE. Selain itu tidak dipungut biaya untuk biaya promosi yang diberikan oleh MAKOLE. Para penggiat UMKM hanya cukup datang membawa barang dan MAKOLE akan siap memfoto untuk dipromosikan via aplikasi serta sosial media MAKOLE. Selain itu MAKOLE juga bagi para owner UMKM sebagai tempat menyampaikan promosi yang akan diupload ke youtube.

MAKOLE juga sering melakukan kegiatan training dan seminar singkat untuk para penggiat UMKM yang bersedia hadir dan itu gratis. Tidak perlu khawatir tim editor dari MAKOLE sudah teruji profesional dalam bekerja. Brand ambassador-nya juga merupakan selebgram yang dijamin akan membantu promosi barang/produk bisa semakin terkenal. MAKOLE dapat didownload pada aplikasi playstore juga dapat dilihat pada web www.makole.id

“Kegiatan seperti ini sangat penting dan sangat membantu para pelaku UMKM apalagi dimasa pandemik ini, materi yang disajikan sangat menarik dan semoga setelah training ini, dagangan para pelaku UMKM semakin laris, nilai penjualannya meningkat sehingga perekonomian bangkit lagi dan kembali normal” tutur Ibu Suci.

Dalam kegiatan tersebut selain memberikan strategi dalam berjualan Go Digital para peserta juga diberi ruang untuk bertanya terkait materi yang disampaikan. Bukan hanya itu, setelah training selesai peserta kegiatan juga mendapatkan beberap fasilitas berupa Sertifikat, Uang Transportasi Peserta dan Doorprize. *

Exit mobile version