10 Destinasi Wisata Dieng dengan Pemandangan Memukau

Kawasan Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu destinasi wisata alam terindah yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Keindahan wisata Dieng kerap kali membuatnya dijuluki sebagai negeri di atas awan. 

Tak sedikit destinasi wisata Dieng yang menyuguhkan pemandangan magis dan mampu memikat hati wisatawan. Secara harfiah, Dieng memiliki makna sebagai ‘tempat tinggal para dewa’. Dalam bahasa Sanskerta, Dieng berasal dari kata Die Hieyang yang artinya indah dan langka.

Kawasan ini berada di dataran tinggi, dan memiliki segudang koleksi telaga hingga candi kuno dengan pemandangan vulkanik yang menakjubkan. Maka tak heran jika wilayah Dieng ini berkabut dan dikelilingi mata air belerang hingga danau berwarna yang menjadikannya sebagai keajaiban nusantara yang sarat akan budaya.

Wisata Dieng juga dianggap keramat dan sakral karena candi-candi kuno yang merupakan sisa dari masa kerajaan Hindu di Jawa pada abad ke-7 dan abad ke-8. Selain itu, lokasinya berada di dataran tinggi 2.000 meter di atas permukaan laut.

Berikut Ini 10 Destinasi Wisata Dieng Terindah

 

1. Candi Arjuna

Dieng terkenal dengan situs-situs candi bersejarahnya, dan Candi Arjuna adalah salah satu yang paling menarik yang terletak di kaki Gunung Prau. Candi Hindu abad ke-7 ini memiliki arsitektur yang megah dan dihiasi dengan relief-relief yang indah. Mengunjungi Candi Arjuna memberikan pengalaman yang mendalam tentang sejarah dan kebudayaan Dieng. 

Candi ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena disebut sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun untuk sembahyang kepada Dewa Siwa. Jika berkunjung, kamu hanya perlu merogoh kocek tiket sebesar Rp10.000 per orang. 

Baca juga: 8 Destinasi Wisata di Jakarta yang Dilalui Jalur Busway, Murah Meriah

10 Destinasi Wisata Dieng dengan Pemandangan Memukau

2. Telaga Warna

Telaga Warna adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Wisata Dieng satu ini terkenal dengan pesona akan keunikan perubahan warna air danau yang terjadi sepanjang tahun. 

Air danau ini dapat berubah warna menjadi hijau, biru, kuning, atau merah, tergantung pada kondisi sinar matahari. Saat terkena sinar matahari, air danau memantulkan warna yang indah dan menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Telaga ini juga dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Telaga Warna adalah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan santai atau sekadar menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Kamu dapat mengunjungi telaga warna dengan tarif tiket mulai dari Rp10.000 per orang.

3. Gunung Prau

Wisata Dieng satu ini sangat direkomendasikan untuk para pencinta hiking. Jika ingin menikmati pemandangan alam nan spektakuler dari ketinggian, maka mendaki Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl adalah pilihan yang tepat. Bentuk gunung ini cukup unik karena serupa bentuk perahu. 

Di puncak Gunung Prau, kamu akan dapat menikmati pemandangan di atas awan dan panorama yang memukau, termasuk pemandangan Telaga Warna dan Pegunungan Dieng yang luas. Untuk tiket pendakian dapat dijangkau dengan harga Rp15.000 per orang. 

4. Telaga Menjer

Berkunjung ke Telaga Menjer juga merupakan pilihan wisata yang tepat. Telaga Menjer berada di ketinggian 1.300 mdpl dan dikelilingi tebing-tebing sehingga menawarkan pemandangan menarik. Kamu dapat mengunjungi Telaga Menjer dengan membeli tiket seharga Rp5.000 saja.

Tak hanya itu, jika berkunjung ke sana, kamu juga dapat menikmati pemandangan sederet danau yang indah, seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, dan Telaga Dringo. Setiap danau menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan latar belakang perbukitan dan lahan pertanian Dieng. 

5. Candi Gatotkaca

Candi Hindu lainnya yang berada di kawasan Dieng yang merupakan cagar budaya Provinsi Jawa Tengah adalah Candi Gatotkaca. Ornamen candi ini terkenal dengan relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah epik dari Mahabharata.

Adapun, candi ini dibangun di zaman pemerintahan Ratu Sima, tetapi baru ditemukan pada tahun 1814, beserta artefak-artefak tua yang bernilai tinggi. Di sekitar Candi Gatotkaca, kamu juga dapat berkunjung ke Museum Kailasa. Harga tiket masuk ke Candi Gatotkaca yaitu Rp10.000 per orang.

6. Kawah Sikidang 

Kawah Sikidang merupakan kawah aktif yang menjadi salah satu daya tarik utama wisata Dieng. Pengunjung dapat menyaksikan aktivitas geologis yang menakjubkan, seperti keluarnya uap belerang, lumpur bergerak, dan lubang-lubang gas alami.

Kawah ini berada dekat dengan Candi Arjuna yang juga berdekatan dengan 5 candi kuno lainnya. Berkunjung ke Kawah Sikidang adalah pilihan yang tepat karena kamu dapat melihat peninggalan budaya lainnya. Harga tiket masuk Kawah Sikidang yaitu Rp10.000 per orang.

7. Batu Pandang Ratapan Angin

Wisata ini menawarkan pemandangan tebing tinggi yang lokasinya berdekatan dengan Telaga Warna. Jika mendaki ke tebing ini, maka kamu akan dapat melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Untuk masuk ke wisata Dieng ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk tiket seharga Rp10.000 per orang. 

Jangan khawatir, destinasi wisata ini cukup mudah diakses karena dekat dengan tempat wisata lainnya, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan beberapa telaga. Jika kamu datang dari Wonosobo, maka perjalanan untuk ke lokasi ini dapat ditempuh sejauh 27 kilometer saja.

8. Gua Semar

Gua Semar adalah gua alam yang legendaris di Dieng. Konon, gua ini merupakan tempat pertapaan Semar, salah satu tokoh perwayangan, dan juga merupakan tempat berkumpulnya para dewa. 

Adapun, lokasi Gua Semar tidak begitu jauh dari Telaga Warna. Gua Semar memiliki ruang seluas 4 meter persegi dan sering digunakan untuk tempat bertapa. Menurut mitologi, gua ini juga dikenal sebagai Istana Begawan Sampurna Jati yang mistis, sehingga tidak mudah diakses.

9. Curug Sikendil

Curug Sikendil adalah air terjun yang tersembunyi di tengah hutan Dieng, tepatnya di Gunung Sikendil. Pengunjung harus melewati jalur hiking yang menantang untuk mencapai air terjun ini, tetapi keindahan alam yang ditemukan di sana sangatlah memuaskan. 

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dan airnya jatuh dengan gemuruh yang menakjubkan, menciptakan suasana yang menenangkan dan menyegarkan. Harga tiket masuknya sebesar Rp15.000 per orang.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Kekinian yang Harus Didatangi bareng Keluarga

10. Sumur Jalatunda 

Destinasi wisata Dieng yang juga harus kamu kunjungi berikutnya yaitu Sumur Jalatunda yang memiliki kedalaman 100 meter. Dalam sejarahnya, sumur ini mulanya adalah kepundan atau kawah gunung api yang telat meletus, sehingga membentuk sumur. 

Masyarakat sekitar memiliki kepercayaan, jika melempar batu dan berhasil melintasi sumur maka cita-cita orang yang melempar akan tercapai. Kamu dapat berkunjung ke Sumur Jalatunda dengan tiket sebesar Rp5.000 per orang.

Itulah 10 destinasi wisata Dieng, Jawa Tengah, yang menawarkan keindahan alam, warisan budaya, dan pengalaman yang tak terlupakan. Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu merencanakan perjalanan yang menarik dan memuaskan ke Dieng!

Exit mobile version