Wisata Jakarta Surga Kuliner: Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Ibu Kota

Sebagai ibu kota, pusat pemerintahan dan pusat perekonomian Indonesia, Kota Jakarta pun menjadi pusat asimilasi dan akulturasi beragam budaya Nusantara. Hal inilah yang kemudian membuat wisata Jakarta sebagai surga kuliner bagi masyarakat setempat hingga wisatawan lokal dan mancanegara.

Mau cari aneka makanan khas Sumatra, Sulawesi, Jawa, hingga Papua? Lengkap di kota ini. Ada banyak rekomendasi dari para pencinta kuliner di berbagai media sosial maupun website yang bisa dijadikan panduan saat menyusuri kota Jakarta.

Tak sekadar jajanan kaki lima dan warung yang menjual makanan khas Nusantara, restoran mewah ala fine dining pun tidak sulit untuk menemukannya. Yang dibutuhkan hanyalah satu, yaitu alokasi bujet untuk bisa mencicipi aneka kuliner di kota ini.

Berikut ini rekomendasi wisata Jakarta sebagai surga kuliner, mulai dari jajanan kaki lima hingga restoran mewah.

Wisata Jakarta: Rekomendasi Jajanan Kaki Lima

Tidak terhitung banyaknya jajanan kaki lima yang ada di sudut kota Jakarta maupun yang berjualan secara online. Untuk menunya termasuk standar saja dan rata-rata menjual jenis makanan yang sama. Tapi, yang membedakan adalah cita rasanya, sehingga muncullah jajanan kaki lima legendaris yang selalu ramai dikunjungi walaupun pesaingnya tumbuh subur setiap saat.

1. Gulai Tikungan (Gultik) Bulungan

Gultik yang terkenal di Jakarta adalah gultik Bulungan yang ada di kawasan Blok M Plaza dekat GOR Bulungan. Jajanan ini termasuk ke dalam kuliner malam karena dibuka mulai pukul 5 sore.

Mencari gultik ini tidaklah sulit karena penjual yang ada di sepanjang Jalan Mahakam menyajikan menu sejenis. Untuk rasa, kurang lebih sama semuanya. Ciri khas dari gultik adalah kuahnya gurih yang berasal dari campuran santan dan rempah-rempah seperti ketumbar, jahe, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain.

Harga: Rp30.000 – Rp50.000 untuk 2 orang

Lokasi: Jln. Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam buka: Pukul 17.00-03.00 WIB

wisata Jakarta mie ayam jamur

2. Mie Ayam Jamur Mas No

Mie ayam pastinya memiliki penyajian yang sama di tiap daerah. Namun yang membedakan jualan mie ayam jamur dari Mas No adalah cacahan jamur dan campuran ayamnya dari dulu hingga sekarang ini tidak berubah.

Warung yang dibuka dari tahun 2000-an ini masih konsisten jualan menggunakan gerobak. Mie ayam jamur Mas No yang terkenal di kalangan pencinta kuliner memiliki tempat mangkal yang sama, yaitu di sekitar Pasar Mayestik.

Harga: Rp20.000 per orang

Lokasi: Jln. Kerinci Raya No. 22, (Belakang SMP 19 dan 11), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam jualan: Pukul 08.00-14.00 WIB

3. Bubur Ayam Barito Pak Agus

Jajanan kaki lima yang satu ini pasti ada di tiap kota. Tapi, ada satu bubur ayam Jakarta yang terkenal yaitu bubur ayam Barito.

Bubur ayam ini mulai berjualan dari tahun 1992. Yang menjadi daya tarik dari jajanan ini adalah tambahan kuning telur ayam kampung di bubur dan kaldu ayam yang membuat rasanya makin gurih. Tak hanya itu saja, untuk buburnya melewati dua kali proses tanak dengan durasi kurang lebih 2 jam.

Harga: Rp15.000

Lokasi: Jl. Gandaria Tengah III No.3, RT.1/RW.4, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam buka : mulai pukul 16.00-00.00 WIB

4. Sate Ayam dan Kambing RSPP

Sate ayam dan kambing RSPP sudah berjualan sejak tahun 1960-an. Lokasinya tepat di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Kebayoran Baru. Jadi, tidak heran jika masyarakat menyebut nama tempat jualan ini dengan sate ayam dan kambing RSPP.

Kuliner ini dikelola oleh Haji Romli dan Pak Muri. Dua bersaudara ini mengelola kedai dengan cara shift yaitu di pukul 08.00-15.00 yang jualan adalah Haji Romli, selanjutnya dari pukul 15.30-larut malam adalah giliran Pak Muri. Yang membuat satenya lezat adalah bumbu yang meresap di daging, potongan dagingnya yang besar dan ada campuran kulit sehingga membuat dagingnya empuk dan juicy.

Harga: mulai dari Rp25.000 untuk sate ayam dan mulai dari Rp45.000 untuk sate kambing

Lokasi: Jln. Kyai Maja No.21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam buka: Pukul 07.00-selesai

Baca juga: 5 Korea Restaurant Paling Hits di Jakarta dan Sekitarnya

Wisata Jakarta Kuliner di Warung Makanan Khas Daerah

5. Nasi Kapau Sabana Pasar Minggu

Wisata Jakarta berikutnya ada Nasi Kapau khas dari Nagari Kapau, Sumatra Barat. Agak sulit menemukan nasi kapau dengan cita rasa autentik, tetapi kamu bisa merasakannya di Nasi Kapau Sabana Pasar Minggu. Warung makan ini sudah buka sejak tahun 1988.

Menu khasnya ada gulai tambusu, gulai jeroan, ikan bilih, rendang, ayam panggang, ayam pop hingga telur dadar Minang. Yang paling populer adalah gulai tambusu.

Harga: mulai dari Rp20.000

Lokasi: Jl. Raya Ragunan No.5, RT.5/RW.4, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

Jam operasional: Pukul 09.00 pagi sampai 10.00 malam

6. Gabus Pucung di Dapur Betawi Cabe 5

Gabus pucung adalah makanan khas Betawi. Makanan ini terbuat dari olahan ikan gabus dan kluwek khas Betawi. Rasa yang dihasilkan adalah asam dan gurih. Jika ingin mencoba menu tradisional ini, bisa datang ke Gabus Pucung Dapur betawi Cabe 5.

Selain menu Gabus Pucung, pengunjung juga bisa mencicipi aneka makanan khas Betawi lainnya di warung ini, seperti Soto Betawi, Sop Palang Pintu, hingga Sayur Besan.

Lokasi: Jl. Raya Parung – Ciputat No.RT.3, RT.3/RW.7, Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok

Harga: Rp59.000 untuk menu Gabus Pucung

Jam operasional : buka mulai pukul 10.00 pagi sampai 8.30 malam

7. Laksa Betawi Assirot

Kuliner dari wisata Jakarta berikutnya masih dari asli Betawi, yaitu Laksa Betawi Assirot. Daya tarik dari menu ini ada di perpaduan kuah santan gurih yang kaya rempah dengan tambahan ketupat, daun kucai, daun kemangi, tauge dan taburan bawang goreng. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1978 dan menunya diracik dengan resep yang sama secara turun temurun.

Ingin mencoba menu lain, ada pilihan semur daging, jengkol, empal, kentang, tahu, tempe, dan telur.

Lokasi: Jl. Assirot, Kebayoran Lama

Harga: Rp12.000

Jam buka : pukul 10.00 pagi sampai 19.00 malam

8. Soto Betawi H. Ma’ruf

Rasanya tidak afdal jika ke Jakarta tanpa mencicipi Soto Betawi. Menemukan warung makanan yang menjual menu ini tidaklah sulit, tapi yang wajib dicoba adalah soto Betawi legendaris yakni Soto Betawi H, Ma’ruf yang sudah ada sejak tahun 1943. Tempat ini sering dikunjungi oleh pejabat negara hingga publik figur.

Soto Betawi H. Ma’ruf adalah pelopor soto Betawi yang penyajian kuahnya menggunakan susu murni dan santan. Yang menjadi kelebihan dari warung makan ini, sotonya tidak mengandung MSG dan isinya full daging serta jeroan.

Lokasi: Jl. Cikini Raya No. 73. Untuk cabangnya di Jl. RP Soeroso, Plaza Atrium, Jl. Pramuka, dan Jl. Tebet Raya.

Harga: Rp55.000

Jam buka : pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Kuliner Restoran Mewah di Wisata Jakarta

9. Namaaz Dining

Untuk satu set menu di Namaaz Dining, pengunjung mesti merogoh kocek sebesar Rp1,25 juta. Tapi, set makanan yang ditawarkan sangat antimainstream.

Namaaz Dining ini menggunakan teknik gastronomi molekuler dan menjadi satu-satunya restoran di Indonesia yang menggunakan teknik tersebut. Menu di restoran ini bisa meledak sendiri, bentuknya yang abstrak membuat pengunjung terkecoh. Tapi, ketika makan rasanya lezat!

Lokasi : Jl. Gunawarman No.42, RT.5/RW.2, Selong, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Harga: Rp1,25 juta untuk satu set, durasi makan 2-3 jam

Jam operasional : pukul 18.00-21.00 WIB

Baca juga: Sepertiga Pengeluaran Rumah Tangga untuk Makan di Luar: Tips Hemat Kulineran Ini Wajib Dilakukan

10. Akira Back

Restoran ini sudah memiliki cabang di berbagai negara dan termasuk restoran bintang 5 di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Menu yang ditawarkan adalah fusion food Jepang dengan makanan Korea. Kepiawaian Chef Akira dalam mengolah bahan dengan bumbu membuat restoran ini ramai dikunjungi.

Beberapa menu rekomendasi dari Akira Back seperti Spring Chicken & Foie Roulade, Pizza Tuna, Wagyu Cheek, Seared Halibut, hingga Black Forest.

Lokasi: MD Place Building, Penthouse Level, Lantai 12, Jl. Setiabudi Selatan No. 7

Harga: Mulai dari Rp900.000 untuk dua orang

Jam Operasional : pukul 12.30-22.30 WIB

11. House of Yuen

Pencinta kuliner Tiongkok, bisa mencoba berbagai menu di House of Yuen. Lokasi restoran ini ada di lantai 3 Fairmont Hotel. House of Yuen adalah definisi restoran mewah untuk kelas VIP. Sajian hidangan menu Tiongkok kelas satu bisa kamu dapatkan di restoran ini.

Menu yang ada di restoran ini antara lain Crispy Fish Skin Salted Egg Yolk, Diced Ox Tongue in XO Chili Sauce, Spicy Imperial Hot and Sour Soup with Lobster dan masih banyak lainnya.

Lokasi : Fairmont Hotel, Jl. Asia Afrika No.8, RT.1/RW.3, Gelora, Jakarta, Kota Jakarta Pusat

Harga: siapkan bujet mulai dari Rp700.000 untuk satu orang

Jam operasional : lunch dibuka dari pukul 11.00-15.00. Untuk dinner dari pukul 17.00-22.00 wib.

Wisata Jakarta tidak pernah gagal dalam memberikan kepuasan bagi wisatawan untuk urusan kuliner. Deretan restoran di atas bisa dipilih saat berlibur atau kunjungan kerja di ibu kota.

Exit mobile version