Rekomendasi Wisata Malang dengan Pemandian Alam

Sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur, Malang memang menawarkan berbagai macam wisata menarik untuk disambangi. Kalau bicara malang, mungkin kamu teringat kampung warna-warni atau mungkin Jatim Park yang lokasinya di Batu. Namun, wisata Malang juga ada lho yang menyuguhkan pemandian alam yang segar.

Berenang merupakan salah satu kegiatan refreshing yang menyenangkan di kala liburan. Selain menyegarkan, berenang juga bisa membuat tubuh kita sehat. Dibandingkan dengan kolam renang pada umumnya, pemandian alam tentu memiliki air yang berasal dari sumber mata air.

Jadi, airnya pun dijamin bersih dan bebas kaporit. Nah, daripada berlama-lama, langsung saja simak deretan wisata Malang berupa pemandian alam berikut ini!

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Ranca Upas Terbaru Februari 2021

1. Sumber Maron

Wisata Malang Sumber Maron
Sumber Maron (foto: Instagram/sumbermaron)

Melihat gambarnya saja pasti bikin kamu kepingin kan untuk menyeburkan diri? Sumber Maron memadukan konsep pemandian alam berupa kolam dan sungai dengan pemandangan hamparan sawah yang hijau dan indah. Air di pemandian ini pun alami dan jernih, lengkap dengan air terjun mini. Destinasi wisata alam ini ramah anak karena sungainyat tidak terlalu dalam. Nah, selain berenang, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain, yakni tubbing. Kalau lapar, kamu tinggal mampir deh ke warung-warung sekitar yang menjajakan makanan nusantara yang lezat.

Lokasi: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Kec. Pagelaran, Malang.

2. Sumber Jenon

Sumber Jenon (foto: Instagram/heni_wahyounie80)

Satu lagi kolam pemandian yang bersumber dari mata air alami. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin bermain air. Meski demikian, buat kamu yang tidak bisa berenang harus hati-hati. Sebab, kolam yang memancarkan warna biru kehijau-hijauan ini memiliki kedalaman kurang lebih 6 meter. Tapi, kamu juga bisa kok menyewa ban sebagai pelampung. Selain menyegarkan, konon Sumber Jenon dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, salah satunya penyakit kulit.

Lokasi: Area Sawah, Gunungronggo, Kec. Tajinan, Malang.

3. Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco (foto: Instagram/titopabloe)

Pemandian Kalireco bisa dibilang menjadi salah satu yang populer di kalangan masyarakat Malang dan sekitarnya. Tempat ini sejatinya merupakan sebuah pemandian dan saluran irigasi bagi masyarakat sekitar. Selain menyuguhkan air yang jernih, Pemandian Kalireco juga memiliki hawa udara yang sejuk, lengkap dengan semilir angin yang sepoi-sepoi di antara rindangnya pepohonan. Kolam di sini pun tidak dalam, hanya sekitar 1 meter.

Lokasi: Jl. Sumber Waras 2 No.97, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Malang.

Baca Juga: 5 Pemandian Air Panas Terfavorit di Bogor

4. Sumber Taman

Sumber Taman Malang (foto: Instagram/uswahassyifa)

Rekomendasi pemandian alam di Malang berikutnya adalah Sumber Taman. Pemandian ini memiliki tempat yang teduh karena dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan yang konon berusia ratusan tahun. Sehingga, kamu pun tak perlu takut hitam karena pepohonan tersebut membuat sinar matahari tidak langsung menyinari kolam. Untuk kedalamannya, kolam ini punya kedalaman sekitar 1-1,5 meter dengan luas 30 meter persegi. Dengan demikian, bagi kamu yang membawa anak-anak bisa berenang di tepian.

Lokasi: Jl. Sumber Taman, Dusun Krajan, Karangsuko, Kec. Pagelaran, Malang.

5. Sumber Sirah

Sumber Sirah (foto: Instagram/sumbersirah)

Wisata pemandian alam di Malang ini menawarkan keasrian pepohonan dan beningnya mata air. Selain menyegarkan dan sering dijadikan tempat berenan, Sumber Sirah juga sering dipakai untuk berekreasi air snorkeling.  Saking beningnya air, kamu bisa melihat tumbuhan air dari jenis Hydrilla yang subur di sekitaran telaga. Warna hijau di dalam air yang membuat panoramanya makin memikat hati. Di samping snorkeling, kamu juga bisa tubbing.

Lokasi: Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Malang.

Exit mobile version