YouTube Premium: Cara Berlangganan, Keuntungan, dan Pengaruhnya untuk Kreator Konten

JNEWS – YouTube mengembangkan berbagai fitur terbaik dan layanan untuk kenyamanan para penggunanya. Salah satu layanan yang sering diiklankan di platform ini adalah YouTube Premium.

Menonton berbagai video di YouTube sangat menyenangkan. Ada beragam channel yang bisa dijadikan pilihan menyesuaikan dengan hal-hal yang diminati. Misalnya, suka memasak dan ingin tahu resep-resep terbaru, bisa subscribe channel para chef, ingin tahu kehidupan pribadi artis bisa subscribe channel artis, dan masih banyak preferensi channel lainnya.

Namun, ketika tengah asyik menonton sering kali ada jeda iklan yang muncul, baik di awal, tengah hingga akhir video. Bahkan ada video yang tayangan iklannya terlalu banyak dan hal ini sangat mengganggu kenyamanan dalam menonton.

Atas pengalaman menonton para pengguna, pihak YouTube pun kemudian meluncurkan YouTube Premium. Layanan ini sudah ada sejak tahun 2014. Di awal kemunculan, layanan ini bernama Music Key atau YouTube Red.

Dikutip dari Blog YouTube, sejak meluncurkan YouTube Red, antusiasme pengguna sangat baik. Pihak YouTube sangat senang dengan cara orang-orang menikmati layanan ini, baik saat mengunduh video untuk penerbangan, menonton musim pertama Cobra Kai, atau mendengarkan musik bebas iklan.

Melihat animo positif akan layanan YouTube Red, di tahun 2018, layanan ini berganti nama menjadi YouTube Premium. Di Indonesia layanan ini hadir pada tahun 2019.

Keuntungan Berlangganan YouTube Premium

Strategi Optimal untuk Meningkatkan Penghasilan YouTuber

Masih dari laman Blog YouTube, layanan premium ini meliputi:

Untuk lebih jelasnya, berikut keuntungan berlangganan YouTube Premium yang bisa dijadikan pertimbangan oleh para pengguna.

Baca juga: Panduan Lengkap: Cara Mendengarkan Lagu di YouTube dengan Gratis

1. Tidak Ada Iklan

Seperti layanan premium pada umumnya, di YouTube Premium tidak akan ada lagi iklan. Harus diakui, kehadiran iklan ini cukup mengganggu pengalaman menonton pengguna. Apalagi sekarang ini, jeda iklannya memiliki durasi cukup lama.

Dengan berlangganan premium, tidak akan ada lagi iklan yang mengganggu saat menonton video dan tidak perlu lagi menekan tombol skip untuk melanjutkan tontonan.

2. Bisa Diakses di Semua Perangkat

Video YouTube tanpa ada jeda iklan ini bisa dinikmati di semua perangkat dan juga sistem operasi. Jadi, bagi kamu yang memiliki smart TV, Android, iOS, desktop, smartphone, tidak perlu khawatir lagi karena layanan ini bisa diakses.

3. Video Bisa Diputar di Latar Belakang

Kadang kala, ketika menonton video, ada notifikasi masuk di aplikasi lain. Saat berpindah aplikasi, video yang ditonton otomatis terhenti. Tentu saja hal ini cukup mengganggu karena untuk mendengarkan lagu misalnya, tidak bisa multitasking buka aplikasi lainnya.

Keuntungan subscribe YouTube Premium, pengguna bisa membuka aplikasi lain dan videonya tetap menyala. Bahkan aplikasi ini tetap berjalan walaupun layar ponsel dalam mode off.

Fitur Picture in Picture (PIP) akan membuat YouTube bisa muncul sebagai jendela kecil yang melayang saat membuka aplikasi lainnya.

4. Bisa Memutar Video Tanpa Koneksi Internet

Di YouTube Reguler, pengguna bisa download video untuk ditonton di waktu lain secara online dan menyimpan berbagai video selama 30 hari saja. Kekurangannya, masih banyak video yang tidak bisa didownload, jadi butuh koneksi internet untuk menontonnya.

Berlangganan YouTube Premium, pengguna bisa mengunduh video dengan mudah dan dinikmati secara offline. Ada juga fitur smart download untuk pengguna yang ingin mengunduh video yang direkomendasikan.

5. Akses Konten Lebih Banyak dan Eksklusif

Jika menggunakan layanan reguler, algoritma YouTube akan menampilkan video berdasarkan behaviour dan hasil pencarian. Namun tidak demikian di layanan premium.

Di layanan ini, pengguna bisa mengakses lebih banyak konten yang selama ini jarang terekspos. Pengguna bisa mendapatkan akses eksklusif ke sejumlah film atau video dengan kualitas bagus yang tidak muncul di layanan reguler.

Tak hanya itu saja, pengguna bisa menikmati live streaming video yang khusus hanya ada saat berlangganan premium. Keuntungan lainnya juga, bisa menikmati video content creator terbaik YouTube secara langsung setelah dirilis tanpa ada biaya tambahan.

6. Live Chat Lebih Baik

Bagi para content creator yang hobi live streaming, tampilan fitur live chatnya lebih menarik untuk interaksi dengan subscriber. Fitur live chat diklaim lebih mudah dibaca. Tentunya dengan fitur yang mengalami peningkatan ini, channel YouTuber tersebut bisa lebih berkembang dan meningkatkan jumlah subscriber.

Cara Berlangganan YouTube Premium dan Tarifnya

Paket berlangganan layanan premium ini ada dua jenis. Jadi, pengguna bisa memilih paket menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini paket berlangganan dari Android dan iOS.

Android

iOS

Sementara, cara berlangganannya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Buka ‘Profil’.
  3. Pilih ‘Get YouTube Premium’.
  4. Pilih salah satu paket.
  5. Lakukan pembayaran.

Setelah pembayaran dikonfirmasi YouTube, pengguna bisa menikmati layanan premium ini.

Baca juga: Mengupas Penghasilan YouTuber: Dari Pemula sampai Profesional

Bagaimana Pengaruh YouTube Premium ke Konten Kreator?

YouTube adalah ladang uang bagi para konten kreator. Penghasilan dari platform ini sangat legit! Ada yang per bulan jutaan rupiah hingga miliaran.

Namun, salah satu sumber pendapatan terbesar YouTube juga konten kreator adalah dari iklan. Inilah yang membuat tampilan iklan di video cukup masif dan mengganggu.

Lantas, bagaimana nasib para konten kreator apabila sebagian besar subscriber-nya berlangganan YouTube Premium?

Dikutip dari Support Google, YouTube Premium tetap mendukung para kreator. Untuk memastikan kreator menerima kompensasi atas karya, pihak YouTube akan berbagi pendapatan iklan dengan mereka untuk subscriber reguler. Sedangkan subscriber premium, dari pihak YouTube menyatakan akan berbagi biaya langganan bulanan dengan kreator.

Jadi, konten kreator tidak perlu khawatir apabila ada subscriber yang berlangganan premium, karena pembagian reward tetap ada. Justru hadirnya layanan ini, konten kreator akan mendapatkan dua pendapatan yakni dari iklan dan subscription.

YouTube Premium hadir sebagai alternatif terbaik bagi pengguna yang ingin mendapatkan pengalaman menonton video tanpa jeda iklan dan mendengarkan musik secara utuh.

Exit mobile version