24 UMKM Pertamina Siap Unjuk Gigi di INACRAFT 2023

ilustrasi gambar mengenai pameran umkm binaan pertamina

Pertamina memasukkan 1.000 UMKM binaan 2023 dalam katalog untuk mengikuti The International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) di Jakarta pada 1-5 Maret 2023.

Dari jumlah tersebut, setelah melalui proses kurasi, sebanyak 24 UMKM binaan terbaik akhirnya terpilih untuk memamerkan produk yang terdiri dari 19 UMKM binaan melalui program Pendanaan UMK dan 5 UMKM binaan Rumah BUMN Pertamina.

Adapaun UMKM yang terpilih telah sesuai dengan kriteria, baik secara kualitas maupun mutu produk yang telah ditetapkan, yang mewakili berbagai sektor, antara lain : craft, beauty and health, fashion dan aksesories.

Ke-24 UMKM yang akan mengikuti INACRAFT tersebut berasal dari berbagai kota antara lain, Palembang, Tasikmalaya, Depok, Garut, Kudus, Sleman, Semarang, Pekalongan, Surabaya, Denpasar, Ginyar, Lombok, Balikpapan, dan Palangkaraya

Sedangkan untuk produk yang dibawa seperti kerajinan songket produksi Azizah Songket, batik dari UMKM Pekatan, Muria, Larissa, Joglo Ayu Tenan, Cap Bali, DnL Dewi Batik. Produk Fashion lainnya juga akan dihadirkan oleh Asia Garment Internasional, Namira Ecoprint.

BACA JUGA : Upaya Pemerintah “Menduniakan” Produk UMKM Kulit

Muria Batik Kudus/ Pertamina

Untuk kerajinan akan dihadirkan oleh mutiara dari D’etnic Istana Mutiara Lombok, kerajinan kulit dari Move Leather, dan kerajinan lainnya dari Duta Crafindo, Woodeco Indonesia, Lyka, Arara Art, Klabat Craft, Khula Craft, Atap Konjo, Iwatik, Toko Ida Usaha, Indang Apang Galeri, serta Kemala Handmade. Ada juga produk mukena dari Al-Aqshal serta produk perawatan tubuh dari Bali Ayu Nature.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyatakan, keikutsertaan UMKM pada INACRAFT merupakan bagian dari program pembinaan UMKM Pertamina, sekaligus sebagai stimulus bagi UMKM agar dapat naik kelas.

“Kami berharap keikutsertaan UMKM binaan Pertamina dalam pameran kerajinan terbesar di Indonesia ini menjadi sarana promosi produk agar lebih dikenal masyarakat luas, siap bersaing, dan membuka networking untuk perluasan pasar di dalam maupun luar negeri. Tentunya transaksi nantinya tidak hanya pada saat pameran saja, tetapi akan terus berkelanjutan dengan para buyer retail maupun kalangan industri kreatif dan pariwisata,” katanya.

Menurut Fadjar, melalui program-program UMKM juga semangat EnergizingYour Futre, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakan roda perekonomian, energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan, juga upaya mendorong tiap mitra binaan menjadi UMKM naik kelas dan Go Global.

 

Exit mobile version