Ternyata, 25% Pengguna Android Ingin Pindah ke iPhone

Hingga saat ini hanya ada dua sistem operasi menguasai pasar smartphone dunia, yakni Android dan iOS. Namun, belakangan muncul survei yang menyebut bahwa sebagian pengguna Android ingin beralih menggunakan iPhone. Lho, kenapa?

Antara smartphone Android dan iPhone memang memiliki keunggulan masing-masing. Dari segi kecanggihan spesifikasi, mungkin di antara keduanya sama-sama menunjukkan performansi yang mumpuni, baik itu dari kinerja prosesor hingga kualitas kamera.

Namun, bicara mengenai sistem operasi antara Android dan iOS yang notabene dipakai oleh iPhone tentu akan berbeda. Sebuah perusahaan keamanan siber bernama Beyond Identity belakangan melakukan survei terhadap 1.003 responden di Amerika Serikat tentang bagaimana keamanan dari ponsel Android dan iPhone.

Baca Juga: Ini Beda Samsung Galaxy Z Fold 4 dengan Galaxy Z Fold 3, Lebih Canggih?

Dari survei tersebut didapatkan hasil berupa 76% pengguna iPhone merasa perangkatnya lebih aman, sedangkan 74% pengguna Android merasa gadget-nya lebih aman. Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa 32% responden menyebut iPhone 13 Pro Max menjadi smartphone paling aman ketimbang Samsung Galaxy S22 Ultra dengan persentase mencapai 13%.

Lebih lanjut pengguna Apple juga merasa bahwa fitur-fitur keamanan dan privasi yang ditawarkan di iPhone membuat mereka merasa aman, seperti Apple Cloud Keychain yang dirasa lebih aman dari Google Password Manager. Kedua aplikasi yang disebut merupakan aplikasi password manager dengan persentase 20% untuk Apple Cloud Keychain dan 17% untuk Google Password Manager.

Dengan masalah keamanan tadi, maka sebanyak 25% pengguna Android yang berpartisipasi dalam survei mengaku tengah mempertimbangkan untuk beralih ke iPhone. Sebanyak 49% dari mereka menyebut akan ‘hijrah’ ke iPhone karena mereka menganggap perangkat buatan Steve Jobs itu lebih aman dengan penawaran privasi yang lebih terjamin.

Selain itu, alasan mereka untuk berpindah salah satunya karena akan hadirnya iOS 16 yang memiliki fitur keamanan luar biasa, salah satunya Lockdown Mode yang mampu memproteksi ponsel dari serangan SpyWare. Tak ketinggalan, studi juga menyebut bahwa pengguna Apple ini rata-rata lebih rajin memasang fitur keamanan pada perangkatnya, mulai dari PIN enam digit, facial recognition, hingga location tracking.

Terakhir, survei tadi juga merincikan pengalaman pengguna Android dan iPhone dalam terkena serangan malware. Hasilnya, 48% pengguna Android lebih sering terkena serangan malware, sementara untuk pengguna iPhone hanya 40%.

Baca Juga: Headphone, Headseat, dan Earphone, Apa Bedanya?

Beberapa Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone

alasan pakai iPhone

Selain masalah keamanan tadi, ada beberapa alasan mengapa kamu harus beralih ke iPhone. Simak alasannya di bawah ini yah!

1. Harga jual kembali yang stabil

Iphone memang menjadi salah satu benda yang dianggap mahal, terutama untuk perangkat smartphone. Walaupun smartphone Android yang flagship pun juga ada yang mahal. Namun, untuk harga jual kembali bisa dibilang iPhone lebih stabil ketimbang Android. Maka dari itu, buat kamu yang ingin mengganti seri iPhone tiap tahunnya, tidak akan merasa khawatir dengan harga jual kembali.

2. User interface yang mudah

Kemudian nilai jual iPhone berikutnya adalah user interface (UI) yang ramah pengguna dan mudah digunakan. Android memang menawarkan kebebasan dalam meng-custom user interface, namun dibutuhkan pengetahuan yang bagus untuk bisa mengotak-atik Android. Sementara iPhone, buat pengguna awam sekalipun user interface-nya mudah digunakan.

3. Hasil foto yang natural

Nah, ini nih yang menjadi salah satu kelebihan dari iPhone adalah hasil foto yang nggak lebay alias natural. Resolusi kameranya sejak dulu bisa dibilang menjadi yang terbaik di setiap masanya. Nggak hanya cakep untuk pengambilan foto, urusan perekaman video pun bisa dilakoni dengan sangat apik.

Baca Juga: Tak Perlu Repot Beli CCTV, Cukup Pake HP Lawas pun Jadi

Exit mobile version