3 Inovasi yang Dibawa oleh 5G, Apa Saja?

mengenal inovasi 5G

Kurang lebih dua tahun sudah 5G diluncurkan secara komersial di beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan sejak 2019 lalu. Teknologi ini sendiri merupakan teknologi jaringan seluler yang menjadi penerus dari 4G.

Sebagai teknologi generasi terbaru sudah pasti 5G akan menyuguhkan sejumlah peningkatan dibanding teknologi jaringan seluler yang sudah ada, di mana salah satunya adalah kecepatan internet yang meningkat. Di zaman modern seperti saat ini, internet menjadi sesuatu yang penting dan fundamental bagi kehidupan manusia.

Tidak hanya membantu kita dalam menikmati pengalaman hiburan, tapi juga mempermudah kehidupan manusia. Tanpa berlama-lama lagi, kami akan ajak kamu untuk membawah beberapa inovasi yang dibawa oleh 5G dan juga sejumlah pemanfaatannya untuk kehidupan manusia. Informasi ini kami saring dari pemaparan Manager Network Master Plan Telkomsel Harry Utama dalam sesi webinar bertajuk Samsung Galaxy S21 Series 5G “5G Myth Busting” yang digelar beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Mengenal Perjalanan Teknologi Seluler dari 1G ke 5G

Perbedaan 5G dan 4G

Nah, sebelum kita membahas mengenai tiga inovasi atau kapabilitas yang diemban oleh 5G, tentunya kamu ingin tahu dong apa saja sih perbedaan antara 4G yang sekarang kita pakai dengan teknologi 5G? Yuk simak informasinya melalui poin di bawah.

Baca Juga: Google Hadirkan 6 Update di Aplikasi Android

3 Inovasi Utama 5G

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, 5G membawaa inovasi atau kapabilitas terbaru yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya, berikut penjelasannya:

1. Enhanced Mobile Broadband (EmBB)

Secara teori memiliki peak data rate hingga 20 Gbps. Pada eMBB kita sebagai konsumen menjadi pihak yang diuntungkan karena kita bisa menikmati kapasitas jaringan yang lebih besar, menjaga kecepatan data pada level tertinggi.

2. Ultra-Reliable and Low-Latency Communication (uRLLC)

Di sini jaringan 5G bisa menghadirkan latensi yang begitu rendah hingga 1ms, sehingga dengan kapabilitas ini akan mengakselerasi transformasi industri lebih jauh lagi, untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan efisiensi dari kegiatan operasional di industri.

3. Massive Machine Type Communication

Pada kapabilitas ini 5G itu akan meng-upgrade jumlah device yang ter-connect di jaringan itu hingga 1.000.000 device per km2. sehingga nantinya diharapkan 5G ini akan mendorong perkembangan smart city, kemudian ada smart farming dan smart agriculture dengan menggunakan IoT.

Pemanfaatan 5G yang Mentransformasi Kehidupan

Kehadiran 5G memberikan perubahan signifikan bagi masyarakat untuk menjalani setiap aspek kehidupan. Berikut beberapa keunggulan 5G.

Baca Juga: Mencari Tahu Apa Itu 5G dan Manfaatnya

Exit mobile version