4 Keuntungan Berjualan di E-commerce

ilustrasi gambar memilih jasa kirim krusial dalam bisnis online

Ada banyak kemudahan didapatkan di era digitalisasi ini, seperti halnya berbelanja kebutuhan sehari-hari, makanan, kosmetik hingga obatan-obatan yang bisa dipesan dari rumah melalui situs jual-beli atau e-commerce.

Terlebih semenjak virus Covid-19 memporak-porandakan perekonomian akibat penyebaran virus yang sulit dikendalikan di awal pandemi, sangat banyak pertokoan yang tutup, hingga gulung tikar karena merugi.

Namun, angin segarnya tingkat transaksi dan penjualan UMKM di e-commerce mengalami peningkatan lantaran berubahnya gaya dan kebiasaan masyarakat dari berbelanja konvensional menjadi inline.

Tentu saja pelaku usaha harus memanfaatkan ini dengan ikut bergabung berjulan di e-commerce. Berdasarkan riset Kredivo dan Katadata Insight Centre (KIC) bahwasanya konsumen Indonesia semakin percaya dan nyaman dalam berbelanja online.

Sebagai pebisnis, mengapa kamu harus mengambil bagian dalam berjualan di e-commerce? ini 4 keuntungan berjualan di e-commerce.

BACA JUGA: Pelanggan E-commerce Meningkat 38 Persen Selama Pandemi

4 Keuntungan Berjualan di E-commerce

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Berjulan secara online tentu saja akan memperluas jangkauan pasar dibandingkan berjualan secara offline, baik dari segi marketing maupun wilayah jangkauan.

Dalam berjualan secara offline, sekalinya melakukan ekspansi pasar ke daerah yang lebih luas, maka biaya dan waktu yang dibutuhkan cukup besar.

Berbeda dengan mengembangkan bisnis secara online, tiap harinya platform penjualan online dikunjungi oleh jutaan orang. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas jual-beli online terutama di Indonesia memang sangat besar.

Biasanya, konsumen mengunjungi online marketplace memang memiliki motivasi untuk membeli barang tertentu.

2. Banyak Metode Pembayaran

E-commerce juga memiliki berbagai macam metode pembayaran yang memudahkan para pelanggan, mulai dari transfer bank, kartu kredit hingga kredit online yang sedang ramai beberapa tahun terakhir. .

3. Bisa Memantau Perkembangan Bisnis

Sekarang sudah banyak e-commerce yang memiliki fitur insight untuk memantau jumlah pengunjung yang mengunjungi toko Anda, jumlah orang merespon produk Anda, jumlah orang yang melakukan komunikasi dengan customer service dan jumlah orang yang membeli produk Anda.

Jika Anda memanfaatkan fitur ini dengan maksimal, Anda dapat memantau perkembangan bisnis, mengevaluasi produk, strategi pemasaran, hingga mengetahui efektifitas dan kinerja pengelola online marketplace.

4. Biaya Lebih Terjangkau

Salah satu keuntungan yang paling wajib anda pertimbangkan dalam berbisnis adalah biaya, berjualan online atau berjualan di e-commerce tentunya akan menekan biaya karena tidak membutuhkan toko fisik.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu biaya tambahan untuk membangun ataupun menyewa toko untuk mendapatkan pelanggan baru dari seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Agar jangkauan lebih luas, Anda bisa memanfaatkan kata kunci agar proses pencarian barang Anda bisa lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan yang disediakan oleh e-commerce, dimana biaya ini sudah dipastikan lebih murah dibandingkan Anda harus membuka toko pada wilayah tertentu.

Gimana, tentu sangat banyak keuntungan dan kemudahan yang didapatkan jika Anda berjualan secara online, salah satunya bergabung di e-commerce. Minimal Anda akan mendapatkan 4 keuntungan berjualan di e-commerce seperti keterangan di atas.

BACA JUGA: Ini Penyebab UMKM Belum Masuk e-Commerce

Exit mobile version