4 Kiat Bisnis Reels Instagram untuk Pelaku Usaha Perempuan

Siap Saingi Tiktok, Instagram Rilis Fitur Reels

Instagram Luncurkan Fitur Reels

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuka peluang besar bagi perempuan Indonesia menjalani bisnis di dunia online.

Mendukung hal tersebut, Instagram terus mengembangkan fitur-fitur terbaru membantu pelaku bisnis memasarkan produk dan jasanya menjadi lebih efektif. Salah satunya melalui fitur Reels.

“Sejak diluncurkan, Reels telah menjadi favorit masyarakat Indonesia dan menjadi pilihan bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan performa bisnis dan menjangkau lebih banyak audiens atau calon konsumen baru,” kata Kepala Komunikasi Instagram Asia Tenggara, Putri Silalahi.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing Logistik, Menhub Minta Pelaku Bisnis Buka Rute Internasional

Jika kamu adalah seorang womenpreneur, Reels adalah format video pendek dari Instagram yang tepat untuk mempromosikan bisnismu.

Melalui fitur Reels, kamu bisa membuat konten bisnis yang profesional dengan opsi editing dan musik yang beragam. Berikut empat langkah mudah yang bisa kamu ikuti dalam membuat konten bisnis dengan Reels:

Buatlah konten yang unik

Selalu masukkan signature dari brand-mu ke dalam Reels, sehingga konten terasa lebih autentik. Selain itu buatlah format dan tema Reels yang konsisten sehingga penonton bisa mengenali bahwa konten itu adalah milik brand-mu.

Buatlah konten yang relatable.

Fokuslah dalam membuat konten Reels yang relate dengan target audiens-mu. Buat mereka tertawa dan melihat diri mereka sendiri dalam konten yang kamu buat.

Buatlah konten yang mudah di-remix atau dibuat ulang.

Pastikan audiens-mu mudah untuk berpartisipasi dan me-remix konten-mu.

Baca juga: Founder Djibran Food Indonesia dan Kickmen Berbagi Cerita Pengembangan Bisnisnya

Buatlah konten yang sederhana.

Pastikan kontenmu tetap sederhana dan lugas. Kalau kamu mau membuat challenge atau memulai suatu tren, pastikan audiens bisa melakukannya dengan mudah.

Instagram pun turut senang dapat ikut andil dalam membuka peluang-peluang bisnis, khususnya bagi perempuan Indonesia.

Berikut adalah beberapa womenpreneur yang sangat inspiratif serta terus terhubung dengan konsumennya melalui Instagram Reels:

Alice Norin (@alicenorin)

Alice Norin dulunya terkenal sebagai seorang model, presenter, dan aktris Indonesia. Namun, saat ini keseharian Alice diisi dengan kesibukkannya mengurus keluarga serta menjalankan bisnis fesyennya yaitu Fashion Today (8wood) dan Mini Today.

Najla Bisyir (@alabisyir)

Najla Farid Bisyir atau dikenal dengan panggilan Najla merupakan owner dari Bittersweet by Najla. Sejak tahun 2016, ia membuat suatu inovasi yaitu dessert box yang sebelumnya belum ada di Indonesia. Ia mengaku memiliki hobi membuat kue di rumah.

Titan Tyra (@titantyra)

Titan Tyra adalah seorang influencer sekaligus beauty vlogger yang terkenal di media sosial. Titan memulai karirnya dengan membuat kanal YouTube di tahun 2008. Selain menjadi seorang influencer, ia juga memiliki sebuah bisnis kosmetik yaitu Secondate dan beberapa bisnis lainnya dari industri yang bervariasi.

Magdalena Fridawati (@mgdalenaf)

Magdalena atau dikenal dengan panggilan Magda adalah seorang kreator dan naravlog kuliner yang berasal dari Indonesia. Ia pun juga berprofesi sebagai pengusaha beberapa bisnis kuliner yaitu Mantan dan Nyambel.

Baca juga: Tak Sekedar Viral, ShopeePay Talk Bagikan Rahasia Ubah Tren Jadi Bisnis Kompeten

Instagram juga menggulirkan kampanye #GerakanBisnisdiReels di #BulanKebaikan ini sebagai bentuk kontribusi terhadap perkembangan UKM Indonesia.

Kampanye ini melibatkan figur publik yang juga pelaku bisnis dan kreator untuk membagikan pengalaman serta best practices dalam menjalankan bisnis melalui Reels. Kunjungi akun Instagram @kreavi atau laman https://gerakanbisnisdireels.kreavi.com/ untuk mengunduh seluruh materi seputar bisnis dan Reels.

Exit mobile version