4 Penyebab Gagalnya Bisnis di Tahun Pertama

4 Penyebab Gagalnya Bisnis di Tahun Pertama

Ilustrasi Bisnis Kukis

Ada banyak faktor yang menyebabkan bisnis tidak berkembang bahkan gagal pada tahun pertama, berikut 4 penyebab gagalnya bisnis di tahun pertama.

Tahun pertama masih menjadi masa-masa untuk membangun, menyatukan visi misi dan memperluas pemaran. Jika tidak dilakukan secara tidak tepat, bisa saja bakal mengorbankan mimpi terhadap bisnis yang akan Anda bangun.

Lalu apa saja penyebab bisnis tidak berkembang atau gagal? simak uraian JNEWS berikut ini terkait 4 penyebab gagalnya bisnis di tahun pertama.

BACA JUGA: Pelajari Tips Sukses Bisnis Toko Kelontong

4 Penyebab gagalnya Bisnis di Tahun Pertama

1. Tidak Ada Perencanaan Jangka Menengah – Panjang

Boleh saja Anda memiliki semangat yang menggebu usai mengikuti training atau pelatihan dan seminar bisnis dari salah seorang pengusaha sukses.

Namun, jika hanya bermodalkan semangat, maka bisnis Anda bisa ambruk dalam waktu yang dekat. Rencana bisnis yang akan Anda dengan sematang-matangnya, bahkan anda harus menyiapkan perencanaan jangkah menengah hingga panjang untuk bisnis Anda.

2. Pemasaran yang Lemah

Jangan pernah abai dengan kekuatan pemasaran karena promosi sangat berdampak pada tingkat penawaran dan penjualan produk bisnis Anda.

Konsepnya, semakin sering dan gencar Anda melakukan promosi, maka semakin cepat orang mengenal produk bisnis Anda, dan sebaliknya. itu sebabnya pemasaran merupakan salah satu kuncu kesuksesan bisnis.

3. Manajemen yang Buruk

Selain rencana dan pemasaran, jangan pernah lupakan tentang manajemen. Anda harus mencatat secara rinci di setiap tahapan bisnis Anda, mulai dari pengeluaran untuk hal-hal kecil hingga besar, serta pemasukan setiap harinya. Manajemen ini hampir menyentuh semua lini bisnis Anda dari mulai A sampai Z.

4. Jumlah Karyawan yang Tak Terkendali

Jika bisnis Anda sudah berkembang, rekrut karyawan sesuai tugas dan jumlah pekerjaan yang ada. Jika jumlah pegawai melebihi porsi pekerjaan, maka Anda akan memiliki banyak pengeluaran untuk membayar pegawai. Tentu saja ini akan menimbulkan pemborosan.

Pastikan anda menghindari 4 kesalahan diatas untuk mencegah kegagalan pada bisnis Anda, terutama pada tahun pertama membangun bisnis.

BACA JUGA: Tokoh Difabel Indonesia yang Sukses Dalam Bisnis

Exit mobile version