5 Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Sering

risiko konsumsi french fries

Siapa di antara kamu yang doyan makan kentang goreng atau french fries? Sepertinya hampir sebagian besar kamu yang baca pasti doyan dong makanan yang satu itu. Tapi, tahu nggak kamu kalau ada efek samping atau bahaya makan kentang goreng terlalu sering?

Tak dipungkiri, kentang goreng memang menjadi salah satu camilan favorit masyarakat di seluruh dunia. Hampir setiap cafe atau tempat nongkrong pasti menyediakan kudapan yang satu ini.

Bagi kamu yang sedang menjalani diet, perlu diketahui bahwa kentang goreng memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Bukan cuma itu, kentang goreng juga memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, karena proses penggorengannya yang menggunakan banyak minyak.

Nah, karena kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi itu, kamu sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi kentang goreng. Efeknya nggak baik lho buat kesehatan. Lalu apa saja sih bahaya kentang goreng? Simak informasinya berikut!

Waspada Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Sering

1. Bisa bikin gangguan sistem pencernaan

Seperti yang disebutkan di awal, kandungan lemak yang tinggi pada kentang goreng bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Sekadar informasi, lemak merupakan senyawa organik yang lebih lambat dicerna oleh tubuh dibanding karbohidrat dan protein. Maka dari itu, kalau kamu kebanyakan lemak, alhasil nantinya perut akan lebih susah dalam mecerna makanan. Jika sistem pencernaan sudah terganggu, perut akan terasa sakit dan bisa menyebabkan mual, diare, sampai kembung.

2. Bisa merusak otak

Menjaga kesehatan otak itu penting lho. Hal ini karena otak adalah salah satu organ tubuh yang paling kompleks. Untuk menjaga kesehatan otak, kamu harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh tinggi, di mana salah satunya terdapat dalam kentang goreng. Sebuah penelitian yang melibatkan 1.600 lansia di Jepang selama 10 tahun menemukan fakta bahwa lemak jenuh bisa mengakibatkan risiko Alzheimer (demensia) sebanyak 75 persen.

3. Menurunkan imunitas tubuh

Menjaga imunitas tubuh agar tetap tinggi itu penting sekali, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung seperti saat ini. Selain banyak mengonsumsi vitamin, kamu juga harus menjaga pola makanan. Sebisa mungkin rutin memakan makanan sehat yang mengandung zat antioksidan tinggi. Nah, kalau kamu kebanyakan makan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi dan berminyak, maka bisa merusak usus yang berujung pada perkembangan bakteri tidak sehat. Usus sendiri memiliki peran penting lho dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Awas! Ini 5 Bahaya Kol Goreng Bagi Kesehatan!

4. Meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke

Masih berkaitan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi pada kentang goreng, terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut juga bisa mengakibatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sejatinya, hal ini tidak hanya berlaku pada french fries, tapi juga berbagai jenis gorengan. Sebuah peneliti di Departemen Urusan Veteran AS dan Pusat Penelitian dan Informasi Epidemiologi Veteran Massachusetts menemukan bahwa makan gorengan 3 kali seminggu memiliki risiko 7 persen lebih besar terkena serangan jantung dan stroke.

5. Risiko kegemukan

Makan makanan yang berlemak tentu saja dapat memicu risiko kegemukan. Makanya, buat kamu yang sedang menjalani program diet, hindari lah mengonsumsi french fries atau makanan berminyak lainnya. Ketika kamu mengonsumsi french fries, otomatis kandungan lemak di dalam tubuhmu akan meningkat. Bahkan ada penilitian yang menyebut bahwa kebanyakan makan french fries bisa bikin obesitas.

Baca Juga: Kulit Leher Menghitam Seperti Kerak Daki, Waspada Penyakit Ini

Exit mobile version