5 Cemilan Sehat Buat Kamu yang Ingin Hidup Sehat

Rekomendasi Camilan Sehat – Nyemil menjadi kegiatan yang paling disukai oleh sebagian besar masyarakat, entah itu pria maupun wanita. Namun, kamu pasti pernah mendengar anjuran untuk jangan terlalu sering nyemil karena bisa menyebabkan kegemukan, tidak sehat, dan lain-lain. Hal tersebut bisa diatasi kalau kamu konsumci cemilan sehat atau snack sehat.

Ya, banyak yang beranggapan bahwa cemilan mengandung banyak sekali kandungan yang mengganggu kesehatan, seperti misalnya kadar gula yang tinggi, MSG, dan bahan tambahan makanan tidak sehat lainnya. Menyebabkan obesitas itu benar. Apalagi kalau kamu sudah makan makanan berat, lalu ditambah dengan aktivitas nyemil yang tidak terkontrol dengan benar, maka kadar garam maupun gula yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kegemukan.

Jika sudah demikian, kamu akan mudah terserang penyakit. Untuk menhindari hal tersebut, ganti cemilan yang biasa kamu konsumsi dengan cemilan sehat. Dengan begitu, aktivitas mengunyah kamu tetap jalan, berat badan dan kondisi kesehatan pun tetap terjaga. Berikut rekomendasi cemilan sehat yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: Mengenal Bahaya Kolesterol Jahat, Waspada!

1. Kacang Almond

Sudah banyak pakar hingga ahli gizi yang menyebut bahwa kacang almond adalah salah satu cemilan sehat yang bisa dipilih sebagai teman waktu santai. Kacang almond mengandung banyak vitamin, mineral, protein, dan serat yang berguna bagi tubuh. Kacang almond sendiri bisa dikonsumsi untuk mengontrol kadar gula darah, menurunkan kolesterol, sampai menurunkan berat badan juga lho. Tidak perlu banyak-banyak untuk bikin kenyang, cukup segenggam kacam almond sudah cukup kok.

2. Edamame

Salah satu jenis kacang-kacangan ini juga menjadi cemian sehat yang bisa kamu konsumsi. Di Jepang sendiri, edamame sering menjadi teman bersantai di bar atau cafe. Edamame sendiri merupakan kedelai muda yang dipanen sebelum mengeras. Cukup butuh satu cangkir atau 155 gram edamame sebagai cemilan dan mengandung banyak nutrisi, potein, magnesium, vitamin A, dan juga kaya akan serat.

3. Granola

Sebagian kamu pasti sudah tidak asing dengan yang namanya granola. Granola ini dalam beberapa tahun menjadi salah satu cemilan sehat yang banyak dikonsumsi bagi mereka yang ingin hidup sehat. Sekarang ini granola sudah bisa kamu temui di beberapa supermarket. Granola merupakan camilan sehat yang terdiri dari oat, gandum, kacang-kacangan, hingga buah-buahan yang dikeringkan. Ada yang dimakan langsung, ada juga yang dijadikan bahan campuran kue hingga campuran susu atau madu.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat untuk Tubuh Bugar Pasca Lebaran

4. Yogurt

Kamu merasa sudah makan, tapi masih lapar? Atau sebaliknya, sambil menunggu jam makan berat, kamu bisa lho mengonsumsi yogurt sebagai snack sehat. Di dalam yogurt terdapat berbagai macam nutrisi seperti kalsium, vitamin B, dan protein. Bahkan di beberapa jenis yoghurt juga menadung probiotik yang diyakini baik untuk pencernaan. Kamu bisa mengkombinasikan penggunaan yogurt dengan granola agar lebih mantap.

5. Kurma

Siapa di sini yang masih menyimpan sisa kurma ramadan dan lebaran kemarin? Kurma juga cocok dijadikan snack sehat. Rasa manis di dalam kurma terbuat dari gula alami yang tidak mengganggu kesehatan, malah bagus untuk energi. Satu buah kurma mengandung itamin B kompleks, magnesium, zat besi, polifenol, dan karbohidrat.

Baca Juga: Tips Olahraga Saat Berpuasa dengan OPPO Band 

Exit mobile version