5 Fitur Baru iOS 14 Ini Mirip Banget Android

iOS 14

Apple menghadirkan sistem operasi baru, yakni iOS 14. Namun, katanya punya fitur mirip Android.

Meski wabah corona masih menjangkit di berbagai belahan dunia, perhelatan Apple Worldwide Developers Conference atau WWDC edisi 2020 tetap digelar. Event yang diadakan setiap tahunnya oleh Apple ini menyuguhkan informasi baru seputar perangkat Apple.

Ada berbagai macam pengumuman yang diumbar di WWDC 2020, di mana salah satu yang paling menarik perhatian adalah rilisnya sistem operasi penerus iOS 13 atau iOS 14. Apple sendiri mengonfirmasi bahwa tidak semua model iPhone bakal kebagian sistem operasi ini.

Sejumlah fitur baru yang ada di iOS 14 ini pun diperkenalkan. Hanya saja, ada sejumlah fitur baru di iOS 14 yang banyak menyebut mirip dengan fitur di Android. Lalu apa saja sih fitur iOS 14 yang katanya ‘menjiplak’ fitur Android?

Baca Juga: Ini Dia Fitur Baru di iOS 14, iPhone Bisa Jadi Kunci Mobil!

Daftar Fitur Baru iOS 14 yang Katanya Mirip Android

1. Translate

Apple dengan bangga memperkenalkan fitur baru iOS 14, yakni penerjemah bahasa. Aplikasi yang diberi nama Translate ini diklaim mampu menerjemahkan percakapan secara real time. Ada 11 bahasa yang bisa diterjemahkan, termasuk bahasa Inggris, China, Korea, Jerman, dan lainnya.

Ini memang bukan pertama kali di dunia Android. Terhitung pada Maret 2020 lalu, aplikasi Translate besutan Google ini sudah bisa menerjemahkan 8 bahasa secara realtime.

2. Widget

Di iOS 14, Apple juga mendatangkan widget. Jadi, di layar utama atau homescreen, pengguna Apple bisa memasukkan widget. Adapun fungsi dari fitur baru iOS 14 ini adalah pengguna bisa melihat informasi yang detil, seperti misalnya informasi cuaca maupun aplikasi lainnya yang nantinya bakal mendukung fitur ini.

Sementara diketahui, fitur widget di Android sudah ada sejak lama. Kalau tidak salah, fitur ini bahkan sudah ada 12 tahun yang lalu atau tepatnya di tahun 2008.

3. App Library

Fitur baru iOS 14 berikutnya adalah App Library. Menurut keterangan Apple, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk bisa mengorganisir aplikasi menjadi grup atau daftar yang sesuai. Bukan cuma itu, pengguna juga dapat menyembunyikan aplikasi dari homescren utama.

Lagi-lagi, fitur sejenis sudah ada di perangkat Android sejak lama. Pengguna Android bisa mengelompokkan aplikasi di menu homescreen berdasarkan jenis atau sesuai keinginan pengguna.

Baca Juga: Tips Mengatasi Memori Internal HP Android yang Penuh

4. Fitur opsi jalur sepeda di Apple Maps

Yang baru di iOS 14 berikutnya ada di Apple Maps. Aplikasi peta khas iPhone ini kini dilengkapi dengan opsi jalur sepeda yang gunanya untuk memberi bantuan arah kepada pengguna sepeda, termasuk ktinggian dan benda.

Pun tidak terlalu mirip sekali, fitur untuk para pesepeda ini juga sudah ada di Google Maps. Fitur ‘cycling’ ini sudah ada sejak tahun 2010. Ada juga faktor ketinggian di Google Maps.

5. Picture-in-Picture

Fitur baru iOS 14 yang mirip Android berikutnya adalah picture-in-picutre. Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone tetap bisa memutar video sambil membuka aplikasi lain. Swipe ke kiri atau kanan, maka nanti ukuran video akan diperkecil.

Fitur ini sudah cukup akrab di pengguna Android. Namun, memang agak berbeda karena jika video di-swipe, audio akan menghilang. Sementara di IOS 14 tidak.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Raih Penghargaan Customer Experience Terbaik

Exit mobile version