5 Langkah Meningkatkan Branding Lewat Kemasan

5 Langkah Meningkatkan BrandingLewat Kemasan

Desain Kemasan Produk - Pinterest

Bagaimana cara membuat desain kemasan produk yang menarik dan tepat untuk brandmu? Yuk ikuti 5 langkah meningkatkan branding lewat kemasan, karena kemasan menarik adalah kunci pembeli tertarik, begitulah cara pebisnis meningkatkan brand awareness.

Kemasan adalah salah satu faktor penting dalam branding produk, karena kemasan akan menunjukkan kepribadian untuk menyampaikan pesan kepada calon pembeli. Dengan kemasan, kamu dapat memasukkan identitas brand melalui logo, warna, desain, dan lainnya.

Seringkali pembeli tertarik hanya dengan melihat kemasannya saja, mungkin terlihat lucu, unik atauoun lainnya. Itu sebabnya kemasan juga dijadikan sebagai salah satu alat pemasaran yang efektif.

Melalui kemasan juga kamu berkesempatan untuk menonjol dari kompetitor lainnya. Itu sebabnya penting untuk kamu membuat kemasan yang menggambarkan karakter dan keunikan dari brand kamu.

BACA JUGA: Mengikuti Jejak Toko Bagus, BeliMobilGue Rebrending Jadi OLX Auto

5 Langkah Meningkatkan Branding Lewat Kemasan

1. Kemasan yang melindungi produk

Satu kunci dalam membuat kemasan yang tepat adalah gunakan kemasan yang melindungi produk.

Jadikanlah produk kamu sebagai barang yang berharga, karena kamu tidak ingin pelanggan mendapatkan produk yang rusak akibat keamanan kemasan kurang optimal.

Sebab kemasan juga mempengaruhi rating dari pelanggan terhadap brand.

2. Kemasan = Investasi

Percayakah kamu, bahwa kemasan adalah investasi jangka panjang. Selain melindungi produk, kemasan juga sekaligus menambah nilai pada produk jualanmu.

Ingin terlihat berbeda, berkelas dan memberikan kesan pada pelanggan? Kemasan yang berkualitas jawabannya!

Mendapatkan kemasan yang berkualitas tidak membutuhkan modal yang banyak kok, kamu hanya perlu menyiapkan desain dan pilh tipe kemasan yang cocok untuk produkmu.

3. Buat Desain Simple

Prinsip dari membuat kemasan adalah “Less is More”. Pastikan kemasan produk yang kamu buat adalah simple, elegan, dan mencolok untuk menarik pelanggan.

Kamu harus membuat kemasan yang sesuai dengan image/nilai yang ingin kamu tunjukkan kepada pembeli dengan memperhatikan warna, font, dan slogan toko.

Hindari membuat kemasan yang terlalu ramai dan memiliki desain yang berlebihan, desain yang simple akan memberikan kesan yang elegan dan mahal.

4. Buat Kemasan Limited Edition

Tahukah kamu membuat kemasan yang menawarkan edisi terbatas dapat mendorong calon pembeli untuk melakukan pembelian lagi loh!

Bahkan mereka juga akan berlomba-lomba mendapatkan produk dengan kemasan yang terbatas, dan mempublikasikannya di media sosial. Kenapa? Karena kemasan dengan edisi terbatas akan bersifat personal kepada pembeli, dengan begitu penjualanmu berpotensi meningkat.

5. Ramah Lingkungan

Permasalahan lingkungan membuat kesadaran masyarakat tentang produk ramah lingkungan semakin meningkat. Tak hanya soal produk, kemasan ramah lingkungan juga bisa menjadi daya tarik sendiri dari produk.

Banyak pembeli yang rela membayar sedikit lebih mahal demi ikut andil dalam melestarikan lingkungan, itu sebabnya calon pembeli akan lebih tertarik dengan brand yang memiliki kesadaran dan berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mendukung gerakan ramah lingkungan dengan mengurangi produksi kemasan yang berbahaya untuk bumi ini.

Nah itulah 5 langkah meningkatkan branding produk lewat kemasan yang bisa kamu terapkan pada bisnis. Kamu bisa memperhatikan beberapa calon pembeli yang hanya tergiur dengan melihat kemasan saja.

BACA JUGA: Trik Packing Aman Sampai ke Tangan Pembeli

Exit mobile version