5 Obat Sakit Gigi Alami yang Terbukti Ampuh

obat sakit gigi

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Alami“Daripada sakit hati..Lebih baik sakit gigi ini..” Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan lirik lagu tersebut? Ya, kata-kata di atas merupakan lik dari lagu berjudul ‘Sakit Gigi’ yang dipopulerkan oleh penyanyi dangdut Meggy Z.

Sakit hati lebih baik daripada sakit gigi? Waduh, belum aja ngerasain gimana tersiksanya sakit gigi. Dijamin, nggak bisa tidur. Makan nggak enak, ngapa-ngapain jadi nggak enak deh. Masih mending sakit hati ya gak sih gaes?

Baca Juga: Contoh Minyak Baik dan Lemak Baik Biar Nggak Terkena Kolesterol

Ada banyak hal yang menyebabkan sakit gigi, seperti misalnya gigi berlubang, infeksi pada gigi, penyakit gusi, gigi mau tumbuh, hingga peradangan jaringan pada gigi. Lalu gimana sih caranya buat ngobatin sakit gigi?

Ke dokter emang paling ampuh. Tapi, selain mengonsumsi obat-obatan, ada juga nih beberapa obat sakit gigi alami yang bisa kamu coba!

5 Macam Obat Sakit Gigi Alami

1. Air Garam

Obat sakit gigi pertama yang sudah dicoba sejak jaman dahulu kala adalah dengan cara berkumur air garam. Berkumur air garam sudah terbukti efektif, karena garam mengandung larutan sodium chloride yang dapat menyembuhkan luka pada mulut. Air garam juga bisa berguna sebagai disinfektan alami yang dapat melonggarkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Caranya adalah dengan menyampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat ya.

2. Kompres pakai air dingin

Kalau masih belum reda juga sakit giginya, obat sakit gigi kedua yang bisa kamu coba adalah dengan mengompres menggunakan air dingin. Kompresan air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah pada bagian area yang trauma atau sakit menjadi mengerut. Ini juga bisa meredakan rasa sakit pada gigi, bahkan bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan. Caranya gampang nih, bungkus es dengan handuk dan tempelkan pada area pipi atau gigi yang nyilu selama 20 menit.

3. Bawang putih

Selain dipakai untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga dapat berguna sebagai obat sakit gigi lho. Hal ini karena di dalam bawang putih terdapat kandungan antiseptik dan allicin yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Kamu hanya perlu mengunyah beberapa bawang putih. Atau buat kamu yang nggak terlalu suka, kamu bisa kok hanya dengan menempelkan bawang putih ke area gigi yang sakit.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Sehat yang Bisa Bikin Wajah Glowing

4. Daun jambu biji

Obat sakit gigi alami berikutnya yang nggak kalah ampuh adalah menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji ini memiliki sifat anti inflamasi, anti radang, dan antimikroba yang bisa membantu menyembuhkan luka dan meredakan nyeri. Bahkan dari hasil dua penelisitan berbeda dari Filipina dan Kamerun menemukan fakta bahwa daun jambu biji juga ampuh untuk mengobati sariawan lho.

5. Cengkeh

Cengkeh juga menjadi salah satu obat sakit gigi alami yang mujarab lho. Hal ini karena di dalam cengkeh terdapat kandungan eugenol yang bisa mematikan rasa sakit di gigi dan mengurangi peradangan. Senyawa eugenol ini juga dipakai oleh dokter gigi lho. Caranya bisa dengan menggigit batang cengkeh utuh ke area gigi yang sakit selama beberapa saat. Ada juga yang disarankan menggunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam minyak cengkeh dan ditempelkan ke area gigi.

Baca Juga: 6 Manfaat Berpuasa, Nggak Hanya Menyehatkan Fisik tapi Mental

Exit mobile version