5 Perangkat Game Konsol Tiruan dari China, Ada yang Mirip PS4

game konsol tiruan dari China

Bicara mengenai barang elektronik KW pasti kamu setuju kalo China menjadi negara penghasil produk elektronik KW nomor wahid di dunia. Ya, barang apa saja ada di sana, termasuk perangkat game konsol tiruan.

China memang dikenal sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Hal ini pun kemudian menjadikan China sebagai negara dengan jumlah pekerja yang banyak pula, sehingga tidak sedikit dari produsen elektronik yang merakitkan produknya di sana.

Karena banyaknya perakitan yang dilakukan di sana itu lah, maka China juga turut andil untuk menciptakan produk elektronik serupa. Nah, salah satunya game konsol yang akan kita bahas nanti.

Baca Juga: 5 Produk Gagal Apple Ini Nggak Laku di Pasaran

Bicara mengenai perangkat game konsol, pemerintah di China termasuk ketat untuk peredaran perangkat game konsol dari negara luar. Bahkan, bertahun-tahun yang lalu, pemerintah negeri Tirai Bambu ini melarang peredaran perangkat game konsol dari produsen ternama, sebut saja Sony, Microsoft, dan Nintendo, hingga tahun 2015.

Nah, karena dilarang, makanya sejumlah produsen perangkat elektronik akhirnya menciptakan sebuah perangkat game konsol tiruan untuk menghibur masyarakat di sana. Lalu apa saja perangkat game konsol tersebut? Simak informasinya di bawah!

Deretan Game Konsol Tiruan dari China

1. Ouye

Daftar perangkat game konsol tiruan yang pertama adalah Ouye. Namanya saja sudah aneh, bukan. Tapi kalau kamu lihat wujudnya, pasti bikin geleng-geleng kepala. Hal ini karena Ouye memiliki desain yang menggabungkan antara PlayStation 4 versi fat dengan Xbonx One. Bodi mesin mirip PS4, tapi soal kontroler mirip Xbox One. Di dalamnya dibekali spesifikasi Octa-core Allwinner A80 board (ARM Cortex A15/A7), PowerVR G6230 GPU, RAM 2 GB DDR3, 16 GB memori, serta dibekali sistem operasi Android 4.4.2. Jadi, mesin ini diciptakan untuk memainkan game Android.

2. PCP Station

Kalau kamu lihat desainnya, sudah pasti kalau PCP Station ini adalah perangkat tiruan dari Sony PSP (PlayStation Portable). Tapi, tahu nggak kamu kalau PCP Station ini adalah perangkat generasi penerus dari POP Station? Desain sih boleh mirip dengan PSP, tapi perangkat ini nggak bakal bisa memainkan game-game di PSP. Hanya ada lima game yang terinstal di dalamnya, di antaranya Thunderbolt Airplane, Super Mary, Nonsuch Fly Racing, Street Overload, dan Chantincleer Hegemony. Jangan harap ya game-nya bakal seseru game PSP.

3. Obox

Kalau Microsoft punya Xbox, maka China punya Obox. Dirilis pada 2016, Obox merupakan perangkat game konsol buatan Snail Mobile yang menjalankan sistem operasi Android. Jadi, sudah pasti ya kalau game-game yang dihadirkan merupakan game berbasis Android. Bisa dibilang sang produsen sangat niat dalam menggarap perangkat ini, karena selain desain yang mirip, kontrolernya juga mirip lho. Dapur pacunya ditenagai chipset Nvidia Tegra X1 yang mengusung prosesor quad core ARM Cortex-A15 dengan kecepatan 2,2 GHz, serta RAM 4GB.

Baca Juga: Cara Hapus Game Steam Biar PC Nggak Lemot

4. Morphus X300

Nggak hanya Sony dan Microsoft yang jadi korban tiruan Tiongkok, Nintendo pun demikian. Adapun perangkat tiruan yang dimaksud adalah Morphus X300 yang tak lain merupakan perangkat tiruan dari Nintentod Switch hasil kreasi dari Aikun Electronics. Meski tiruan, Morphus X300 dibanderol cukup mahal, yakni Rp3,9 juta ketika dirilis. Ia hadir dengan layar 8 inci dengan dapur pacu octa core, GPU PowerVR SGX544 MP2, baterai 5.200 mAh, RAM 2GB, bahkan ada kameranya juga dengan lensa 8 MP. Hmm..buat apaan ya?

5. Sport Vii

Kekesalan Nintendo mungkin tidak akan berhenti sampai di Morphus X300, karena beberapa tahun sebelum Morphus X300 dicipakan, ada juga perangkat yang mirip Nintendo Wii, yang diberi nama Sport Vii. Ya, apa daya karena pemerintah China melarang peredaran Nintendo Wii, maka produsen lokal bernama JungleTac akhirnya bikin produk serupa. Perangkat ini berbasis 16-bit Sunplus SPG CPU dan memiliki memori internal 8,5 MB untuk penyimpanan.

Baca Juga: Tips Memilih Monitor Gaming Sesuai Kebutuhan

Exit mobile version