5 Situs Bikin CV Gratis Buat Para Pencari Kerja

situs bikin CV gratis

Ketika kamu ingin melamar pekerjaan, maka kamu wajib mencantumkan Curriculum Vitae (CV). Kabar baiknya, bikin CV sekarang ini nggak perlu ribet, karena ada sejumlah situs bikin CV gratis yang tersedia di internet.

CV menjadi salah satu dokumen penting yang dikirim para pencari kerja. Bukan sembarang CV, biasanya CV yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi HRD saat melakukan seleksi.

Baca Juga: NIK Resmi Jadi NPWP, Begini Cara Cek NIK Online

Untuk bikin CV yang menarik, kamu bisa memanfaatkan sejumlah situs di internet. Kebanyakan situs yang tersedia ini sudah menghadirkan template yang beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan penggunanya. Maka dari itu, yuk langsung aja kamu simak deretan situs bikin CV gratis biar CV-mu nggak gitu-gitu aja.

5 Situs Bikin CV Gratis

1. Canva

Rekomendasi situs bikin CV gratis yang pertama adalah Canva. Secara general, Canva ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat desain grafis. Namun, di dalamnya juga tersedia beragam template untuk memudahkan penggunanya membuat CV gratis. Meski ada template yang gratis, ada juga template yang premium. Berikut cara bikin CV di Canva:

  1. Buka situs https://www.canva.com/
  2. Klik Design lalu scroll ke Office dan cari Resumes
  3. Kemudian kamu klik Create a Resume
  4. Dari situ kamu bisa memilih template CV di Canva secara gratis sesuai selera.

Resume.io

Selain Canva, kamu juga bisa memanfaatkan situs Resume.io. Kelebihan situs ini adalah kamu bisa bikin CV gratis dengan desain yang minimalis, sehingga bikin HRD nyaman saat membacanya. Ada pula fitur automatic spell-checker biar kamu nggak salah atau type saat membuat CV dalam bahasa Inggris. Berikut cara bikin CV di Resume.io:

  1. Buka situs https://resume.io/
  2. Klik Create My Resume
  3. Selanjutnya pilih template CV yang kamu inginkan
  4. Klik Use This Template kalau kamu sudah cocok dengan template tersebut
  5. Jangan lupa masukkan informasi dan data kamu bisa dari Facebook, Google, dan LinkedIn

VisualCV

Kalau kamu butuh situs bikin CV gratis yang nggak kebanyakan perintilan atau editing tools, kamu bisa nih memanfaatkan VisualCV. Kelebihan situs ini adalah kamu bisa memindahkan informasi dari akun LinkedIn, sehingga kamu nggak perlu repot-repot lagi. Berikut sejumlah cara membuat CV di VisualCV:

  1. Buka situs https://www.visualcv.com/
  2. Kamu bisa pilih Sign up melalui Google atau LinkedIn
  3. Pilih template yang kamu inginkan
  4. Jika sudah menemukan template yang sesuai, klik Use This Template
  5. Kamu bisa menggunakan CV yang ada, menggunakan template yang tersedia, atau memulai dari awal

Baca Juga: 5 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

4. Resumonk

Berikutnya situs bikin CV gratis untukmu adalah Resumonk. Di sini ada dua pilihan pengguna, yakni free plan dan premium. Kalau kamu pilih free plan, maka kamu hanya bisa memilih lima template CV dengan tampilan minimalis. Kalau kamu willing to buy yang premium, kamu harus merogoh kocek USD 29 atau sekitar Rp430.000 untuk 12 bulan. Berikut cara membuat CV gratis di Resumonk:

  1. Buka situs https://www.resumonk.com/
  2. Klik Create your impressive resume now

5. CV Maker

Rekomendasi yang terakhir adalah CV Maker. Di sini tersedia banyak template CV gratis dengan desain minimalis. Kelebihan situs ini kamu bisa mengkoneksikan akun Facebook dan LinkedIn yang secara otomatis akan memunculkan informasi di kedua media sosial tersebut di CV kamu. Berikut caranya:

  1. Buka situs https://www.cvmaker.co.id/
  2. Klik Buat CV Anda.
Exit mobile version