5 Strategi Agar Endorse Influencer Efektif

gen z

Foto: Freepik

Jasa endorse influencer (menggunakan jasa influncer untuk mempromosikan produk) saat ini banyak dipilih pelaku usaha untuk meningkatkan jangkauan audiens. Hal ini karena menjalankan campaign bersama influencer relatif ramah di kantong dan bisa menjangkau banyak khalayak dari jumlah pengikut mereka.

Endorsement merupakan cara yang bagus untuk menguji hubungan brand dengan influencer. Dengan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk, pelaku usaha dapat mengetahui sejauh mana unique selling point produk menarik audiens.

Namun, untuk menyusun strategi promosi produk melalui influencer, berikut panduan yang bisa digunakan untuk membuatnya jadi lebih sukses.

Baca juga: Tugas Sekolah yang Berujung Manis Bagi 2 Pemuda Ini

1. Temukan influencer yang tepat

81% pemasar menemukan influencer yang tepat adalah tantangan tersulit. Dalam beberapa hal, kemampuan Anda untuk menemukan influencer yang tepat sangat penting dalam melakukan endorse influencer.

Cara endorse influencer untuk mengetahui apakah mereka cocok atau tidak, adalah dengan melihat jenis konten yang mereka buat selaras dengan suara/nilai brand dan bisa mengakomodasi kebutuhan produk Anda.

Fokus pada Minat menggunakan platform adalah cara endorse influencer termudah. Dengan menggunakan dashboard, Anda bisa menampilkan rating dari seorang influencer serta melacak performa konten mereka terdahulu.

2. Perhatikan Jumlah Pengikut Influencer

Jumlah followers adalah hal yang penting untuk strategi endorse influencer di media sosial. Meskipun bukan satu-satunya yang harus diperhatikan, yang terpenting adalah mengetahui seberapa akrab KOL tersebut dengan mengikuti mereka.

Anda bisa membaca komentar terkait konten yang menampilkan produk yang telah mereka review, serta respon dari influencer ketika menjawab komentar tersebut. Interaksi yang bagus dapat meningkatkan kepercayaan pada produk yang di-endorse.

Baca juga:  Tingkatkan Performa Penjualan, Ini 5 Tips Bersaing di Pasar Digital

3. Tetapkan Key Performance Indicator

Key performance indicator (KPI) adalah pilar untuk campaign Anda dalam strategi endorse influencer. Dalam endorse influencer yang bertujuan mendorong brand awareness, KPI seperti jumlah postingan, jumlah engagement, jumlah penayangan, dan tingkat keterlibatan biasanya digunakan untuk menentukan kesuksesan.

4. Jalin Hubungan Baik

Setelah Anda mengirimkan produk, luangkan waktu sejenak untuk mengirimkan DM atau email follow up kepada mitra Anda di sela-sela waktu luang.

Anda dapat mengingatkan mereka dan membangun antisipasi dengan memberi tahu mereka status paket saat sedang dalam perjalanan. Bentuk kesopanan kecil ini akan menjadi bukti bahwa Anda menghargai kemitraan mereka.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 4 Langkah Merawat Helm Agar Awet

5. Gandeng Mikro Influencer

Berkolaborasi dengan mikro-influencer adalah salah satu tren pemasaran terbaik karena Anda dapat menghemat anggaran serta membuat pelanggan melihat bahwa Anda bekerja dengan “everyday people”. Bagian terbaik tentang mikro-influencer adalah mereka punya interaksi nyata bersama pengikutnya.

Exit mobile version