5 Tempat Nasi Campur Medan di Jakarta, Mengandung Babi Gaes

nasi campur babi panggang charsiu

Selain Bali, Medan ternyata juga memiliki kuliner nasi campur yang tak kalah menggiurkan. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana, di Jakarta pun ada lho rekomendasi nasi campur Medan yang enak.

Indonesia memang memiliki berbagai macam kuliner nasi campur. Selain Bali dan Medan, ada juga nasi campur Kalimantan. Disebut nasi campur karena biasanya dalam satu porsi makanan ini dihidangkan dengan banyak lauk pauk dan makanan pendamping.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Lombok Enak Wajib Coba

Berbeda daerah, berbeda pula lauk yang disajikan. Nasi campur Medan memiliki pengaruh dari kuliner Tionghoa. Salah satu khas nasi campur Medan adalah menggunakan lauk non halal atau dibuat dengan menggunakan daging babi, seperti misalnya babi panggang, charsiu, lapchiong (sosis babi), sate babi, dan macam-macamnya.

Di samping ada pengaruh dari Tionghoa, nasi campur Medan juga terpengaruh dari budaya Melayu. Hal ini terbukti untuk beberapa restoran ada yang menyajikan seporsi nasi campur dengan menggunakan nasi lemak dan irisan timun, sehingga mirip-mirip seperti sajian seporsi nasi lemak di Malaysia.

Nah, melalui artikel berikut ini kami akan coba ajak kamu untuk mengetahui rekomendasi nasi campur Medan di Jakarta. Tentu saja rekomendasi tempat makan ini tidak berlaku bagi kamu yang muslim yah!

Rekomendasi Nasi Campur dengan Babi Panggang di Jakarta

1. Asia Medan

Rekomendasi tempat nasi campur Medan di Jakarta yang pertama mungkin kamu bisa mengunjungi Asia Medan. Kedai yang menjual nasi campur ini berlokasi di sebuah kantin di ITC Mangga Dua. Harga satu porsi nasi campur Medan di tempat ini sekitar Rp40 ribuan. Harga yang cukup worth it karena porsinya besar. Di dalamnya terdapat nasi hainam, irisan charsiu, babi panggang, dan juga lapchiong yang disiram dengan saus berwarna cokelat yang bikin rasanya makin nikmat.

2. Nasi Campur Kencana

Bagi kamu non-muslim penggemar daging babi, rasanya wajib untuk datang ke tempat ini. Masih di sektiaran ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, kali ini ada restoran Nasi Campur Kencana. Di restoran ini kamu bisa memilih satu dari dua pilihan nasi untuk nasi campur, yakni nasi biasa dan nasi hainam. Harga seporsi nasi campur babi di tempat ini mulai dari Rp37 ribuan, di mana sudah termasuk charsiu, potongan daging babi manis, dan telur. Kalau mau tambah topping, kamu juga bisa memilih sate babi dan juga gohyong.

3. Nasi Campur Kacamata

Berikutnya restoran yang menyajikan nasi campur dengan babi panggang gurih dan nikmat adalah Nasi Campur Kacamata. Sebenarnya kedai makanan yang satu ini membuka banyak cabang di Jakarta, tapi salah satunya bisa kamu temui di Jalan Wijaya II No. 18, Jakarta Selatan. Selain menyuguhkan menu nasi, di sini juga ada menu mie dengan babi panggang. Selain babi, kamu juga memilih ayam panggang. Banyak netizen yang bilan babi panggang dan babi krispi di tempat ini sangat enak dengan bumbu yang meresap sampai ke dalam.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Imlek yang Biasanya Wajib Ada

4. Nasi Campur Kenanga

Salah satu tempat kuliner nasi babi legendaris adalah nasi campur Kencana. Menurut beberapa pengunjung yang pernah makan di tempat ini, nasi campur Kencana memiliki cita rasa yang tradisional. Meski banderolan harganya yang tidak murah, namun sepadang dengan rasa yang disajikan. Selain bisa menggunakan nasi biasa, kamu juga bisa memilih nasi hainam. Kalau mampir ke sini, jangan lupa memesan sate babinya, karena menurut pelanggan sate babi di sini tak terkalahkan rasanya.

5. Hok Siong

Bagi kamu yang tinggal di kawasan Jakarta Utara, bisa mampir ke Hok Siong. Hok Siong sendiri merupakan salah satu tempat makan legendaris di Jakarta yang sudah berjualan nasi campur sejak 1990. Hok Siong menyuguhkan menu makanan non-halal yakni nasi campur yang dikombinasikan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti charsiu madu yang gurih renyah, babi panggang atau siobak, hingga sate babi. Kamu bisa pilih mau pakai nasi putih atau nasi hainam.

Baca Juga: 5 Kuliner Malang yang Bisa Jadi Pilihan Menarik

Exit mobile version