5 Tips Merawat Cat Mobil Biar Kinclong Terus

Car Wash

Punya mobil yang kinclong setiap saat menjadi dambaan setiap orang. Butuh perhatian yang ekstra untuk merawat cat mobil agar tetap kinclong dalam jangka waktu yang lama, seperti misalnya membawanya ke tempat detailing kendaraan.

Selain membawa ke tempat detailing, ada juga nih tips merawat cat mobil agar tidak cepat kusam dan awet kinclongnya murah meriah. Penasaran? Simak tipsnya berikut ini!

Cara Merawat Cat Mobil Biar Awet

1. Hindari Parkir di Bawah Terik Matahari

Tips merawat cat mobil yang pertama adalah dengan tidak memarkir mobilmu di bawah terik sinar matahari langsung. Mengapa? Karena kandungan sinar ultraviolet (UV) pada matahari bisa merusak lapisan coating dalam jangka waktu lama. Karenanya, sebisa mungking untuk memarkir mobilmu di tempat yang teduh.

Kalau semisal terpaksa tidak bisa, kamu musti menggunakan wax untuk melindungi cat mobil dari paparan sinar UV. Kamu juga bisa menyarungi kendaraanmu dengan sarung mobil. Kalau punya uang lebih, kamu bisa mampir ke detailing untuk minta lapisan coating.

2. Langsung Bilas Setelah Terpapar Air Hujan

Nah, ini yang terkadang malas dilakukan oleh pemilik kendaraan. Kami paham kok, begitu sampai rumah kamu pasti inginnya langsung rebahan atau beristirahat. Namun, jika kondisi mobil sehabis diterpa hujan, ada baiknya untuk menyiramnya dengan air keran. Hanya menyiram saja kok, bukan mencuci. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan air hujan yang memiliki kandungan senyawa asam bisa merusak lapisan cat dalam jangka waktu yang lama.

3. Jangan Asal Mencuci

Ketika mencuci mobil, jangan berpikir kamu bisa mencucinya secara sembarang. Butuh teknik tersendiri agar cat mobil kesayanganmu tetap awet, yakni dengan menggunakan gerakan searah ketika mencuci. Biasanya pemilik kendaraan mencuci dengan gerakan memutar, dimana ini tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan goresan halus mirip sarang laba-laba. Pastikan jangan mencuci mobil di bawah terik matahari langsung dan sebelum mencuci, pastikan bahwa suhu mobil dalam keadaan normal.

Baca Juga: Merek Jas Hujan Terbaik Biar Kamu Nggak Kehujanan

4. Gunakan Lap Microfiber

Masih berkaitan dengan poin di atas, saat mencuci mobil sebaiknya gunakan kain lap jenis microfiber. Mengapa? Karena lap tersebut memiliki daya serap tinggi dibanding lap chamois. Lap chamois atau yang berbahan sejenis karet umumnya tidak mampu menyapu kotoran dengan baik dan bisa menimbulkan baret halus. Selain bisa dipakai untuk menyabuni mobil, lap jenis microfiber juga bisa dijadikan alat untuk membersihkan di tahap akhir.

5. Perawatan ke Tempat Detailing

Seperti yang sudah disebutkan di awal, untuk merawat kendaraan agar kinclong setiap saat bisa dengan cara mendatangi tempat perawatan kendaraan atau auto detailing. Sekarang ini sudah banyak tempat detailing, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Hanya saja, sebelum mendatangi tempat detailing, pastikan kamu memeriksa review dari pengguna lain. Jangan sampai kamu datang ke tempat yang salah yah.

Baca Juga: Ini 3 Alasan Kenapa Oli Kendaraan Harus Rutin Diganti

Exit mobile version