6 Aplikasi Wajib Unduh Sebelum Mudik Lebaran 2023

Ilustrasi pemudik yang menggunakan aplikasi Waze sebagai penunjuk rute. Foto: Pinterest.

Libur Lebaran identik dengan tradisi mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar. Berbagai persiapan perjalanan pun siap ditata mulai dari fisik, barang-barang, hingga pemeriksaan kendaraan. Namun, selain persiapan mudik tadi ada sejumlah hal ekstra yang perlu diantisipasi melalui bantuan aplikasi wajib unduh untuk memudahkan perjalanan.

Baca juga: Daftar Rest Area dengan SPBU di Sepanjang Tol Trans Jawa dan Bandung

Daftar Aplikasi Wajib Unduh untuk Membantu Perjalanan Mudik 

Beberapa aplikasi ini wajib unduh dan pasang di ponsel kamu untuk menunjang perjalanan mudik. Sebelumnya, pastikan kapasitas ponsel cukup.

Bila perlu, hapus foto dan video yang tidak terpakai agar ada cukup ruang untuk memasang sejumlah aplikasi wajib unduh ini.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa diunduh untuk menemani perjalanan mudik lebaran.

1. SatuSehat

SatuSehat yang sebelumnya dikenal dengan PeduliLindungi ini menjadi aplikasi wajib unduh, khususnya bagi pemudik.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Cirebon Terbaru, Ini Rincian Lengkapnya!

Sejumlah fitur di PeduliLindungi tetap dipertahankan. Namun, ada sejumlah penambahan fitur baru seperti “Diary Kesehatan” yang mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan pengguna dan keluarga.

Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut, yaitu pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah dan detak jantung.

2. Aplikasi Navigasi

Aplikasi penunjuk arah ini berguna bagi kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi. Umumnya pengguna di Indonesia mengandalkan Google Maps dan Waze sebagai penuntun pencari rute.

Tiap aplikasi navigasi mempunyai kelebihannya sendiri. Seperti Waze yang menginformasikan seperti adanya petugas kepolisian, gangguan di jalan berdasarkan laporan dari pengguna lain.

Sedangkan Google Maps bisa diandalkan untuk mencari apa yang ada di lokasi terdekat, seperti rest area atau bengkel.

Baca juga: Meski Lebih Hemat, Mudik dengan Sepeda Motor Dinilai Tidak Aman

3. Aplikasi Bengkel

Lokasi bengkel terdekat sangat dibutuhkan saat ada dalam kondisi darurat. Karena itu aplikasi wajib unduh lain dalam ponsel kamu adalah aplikasi bengkel.

Beberapa aplikasi bengkel menyediakan jasa mekanik yang bisa datang ke rumah atau lokasi. Kemudian, aplikasi tersebut dapat memberi tahu lokasi begkel terdekat bahkan bisa memesan jasa montir tanpa harus datang ke bengkel.

4. Aplikasi Pabrikan Mobil

Saat mudik dengan mobil pribadi, pastikan kamu sudah memasang aplikasi sesuai dengan merek kendaraan. Hal ini untuk mengantisipasi dan memberi panduan saat mengalami gangguan di jalan.

Aplikasi ini menyediakan kontak layanan pelanggan dan bengkel resmi terdekat. Di antara aplikasi pabrikan mobil yang tersedia, ada yang memberikan fitur memesan layanan di bengkel resmi hingga layanan montir 24 jam datang ke lokasi.

Baca juga: 6 Tips Supaya Bisnis Kue Kering Lebaran Laris Manis

5. Aplikasi Transaksi Digital

Hidup di zaman digital segalanya menjadi sangat mudah, termasuk soal pembayaran. Dengan mengunduh aplikasi transaksi digital kamu tidak direpotkan dengan kehabisan uang tunai.

Sejumlah aplikasi digital payment wajib unduh dalam ponsel kamu saat mudik seperti DANA, OVO, GoPay, Flip, Sakuku, dan lainnya. Mobil banking juga menyediakan layanan QRIS untuk memudahkan kamu bertransaksi digital.

6. Aplikasi Agen Travel Online

Kenapa harus mengunduh aplikasi agen travel online saat mudik? Nah, aplikasi-aplikasi agen travel ini bermanfaat bagi kamu yang mudik menggunakan angkutan umum seperti kereta api, pesawat terbang, atau bus.

Sebab aplikasi agen travel ini menyediakan pemesanan tiket angkutan umum. Beberapa online travel agent (OTA) antara lain Traveloka, Pegipegi, Mister Aladin, dan Tiket.com.

Baca juga: M. Feriadi Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO Awards 2023

Selain menyediakan pemesanan tiket angkutan umum, aplikasi agen travel ini juga bisa untuk memesan hotel atau penginapan. Sehingga kamu dapat beristirahat dengan nyaman saat transit dalam perjalanan mudik.

Exit mobile version