7 Cara Mendapatkan Review Bintang 5 Dari Pembeli

7 Langkah Mudah Tingkatkan Review Positif Toko

7 Langkah Mudah Tingkatkan Review Positif Toko

7 Cara Mendapatkan Review Bintang 5 Dari Pembeli – Jika anda berjualan di e-commerce akan ada permintaan terhadap pembeli memberikan review terhadap produk yang sudah di belinya.

Pembeli bisa memberikan rating dari yang paling buruk (bintang 1) hingga paling bagus (bintang 5) dan menuliskan ulasan tentang produk yang sudah dibelinya di toko online Anda.

Tentunya anda selaku penjual tidak menginginkan review dan ulasan buruk terhadap produk dan toko online anda, selain mempengaruhi tingkat penjualan, tentunya akan memberikan kesan negatif terhadap toko online anda.

Menurut survei dari Nielsen, 92% penduduk percaya pada berita yang disampaikan dari orang ke orang, termasuk di Indonesia. Artinya, ulasan produk yang banyak serta positif memegang peran penting jika ingin produkmu laris-manis.

lalu bagaimana cara mendapatkan review bintang 5 dari pembeli? Mari tingkatkan review positif toko Anda dengan 7 langkah mudah berikut ini;

BACA JUGA: 7 Strategi Marketing Di Era Digital

1. Deskripsi Produk Harus Jelas

Hal kecil yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kolom deskripsi produk secara detail untuk menjelaskan apa yang Anda jual. Pelanggan tidak akan tertarik dengan tokomu jika kolom deskripsi produknya tidak ada atau tidak jelas.

Anda tentunya harus menjelaskan produk jualan secara rinci dan jelas. Gunakan font bold untuk hal-hal penting agar mereka tahu apa saja yang didapatkan saat berbelanja.

Selain itu, Anda harus menjelaskan sistem pengiriman yang didukung dengan detail sehingga pelanggan tidak bingung dalam memilih.

2. Foto Produk Harus Jelas

Foto produk juga dapat memberikan pelanggan tentang gambaran barang yang ingin mereka beli. Dengan gambar foto asli, toko Anda akan lebih dipercaya karena menjual barang asli dan tidak menipu.

Jangan lupa juga foto produk dari segala sisi sehingga pelanggan merasa percaya dengan barang yang kamu jual. jangan mengedit foto produk secara berlebihan agar pembeli tidak merasa tertipu.

BACA JUGA: Cara Menarik Pelanggan Lewat Foto Produk

3. Respon Cepat

Setiap pembeli pasti mempunyai pertanyaan terkait produk, sistem pengantaran, dan kualitas produk. Anda harus cepat tanggap dalam merespon pesan pelanggan dengan cara mencantumkan contact person, misalnya nomor handphone atau e-mail yang bisa dihubungi.

Disamping itu, jika Anda berjualan di e-commerce, sudah ada fiturchat atau message untuk penjual dan pembeli bisa berkomunikasi dengan mudah.

4. Berikan Informasi Waktu Barang Sampai

Pembeli sering mengomentari waktu pengiriman dalam ulasan atau review mereka. Buat mereka senang dengan menetapkan informasi yang jelas di awal.

Jika pembeli sudah mendapatkan informasi yang jelas tentang pesanannya, mereka akan lebih tenang dan tidak khawatir akan adanya penipuan.

BACA JUGA: Tingkatkan Kepuasan Konsumen dengan Kecepatan Pengiriman Barang

5. Tepat Waktu

Selain informasi yang jelas mengenai kapan barang akan sampai, satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah ketepatan waktu barang sampai ke pelanggan.

Barang yang sampai tepat waktu membuat pembeli percaya dengan tokomu. Dengan begitu, pelanggan pasti akan mencari produk yang sama atau membeli lagi di tokomu.

Namun, ketepatan waktu mungkin bisa menjadi di luar kontrol karena pengiriman terkadang dapat tergantung dengan ekspedisi atau hari libur. Hal ini dapat menghambat ketepatan waktu barang sampai ke pembeli, untuk itu tetaplah menjalin komunikasi yang jelas setiap ada perubahan tanggal dan waktu.

6. Kemasan yang Baik

Setelah proses pengantaran yang baik dan tepat waktu saatnya pembeli melihat kualitas dari produk kamu. Sebelum pembeli membuka produk yang sudah kamu kemas dengan baik, usahakan berikan nilai tambah kepada pembeli, seperti kartu nama, stiker ataupun pita.

BACA JUGA: 5 Langkah Meningkatkan Branding Lewat Kemasan

7. Ucapan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih adalah cara yang paling bagus untuk memberikan sentuhan akhir pada pembeli. Hal tersebut akan memberikan pembeli pengalaman berbelanja yang baik di tokomu.

Itu 7 cara mendapatkan review bintang 5 dari pembeli, tentu saja review yang positif akan menjaga reputasi tokomu selalu baik. Jika masih ada dari langkah di atas yang masih belum Anda lakukan, tunggu apalagi lakukan sekarang juga.

BACA JUGA:

Exit mobile version