7 Cara Pilih Telur yang Baik dan Sehat Dikonsumsi

Telur merupakan bahan pokok yang dibutuhkan setiap orang. Berikut cara memilih telur yang baik dikonsumsi. Foto: Pinterest.

Ada beberapa cara untuk mengenali ciri telur yang baik dan sehat dikonsumsi. Tak membutuhkan keahlian khusus, setiap orang dapat langsung mengenali telur yang sehat.

Bagi penjual kue kering Lebaran, telur adalah kebutuhan krusial dalam sebuah adonan. Namun, adanya cangkang sebagai pelindung membuat kita sulit mengetahui apakah telur tersebut baik untuk dikonsumsi atau tidak.

Nah, agar tidak salah mendapat telur yang tidak segar bahkan busuk, berikut 8 tips memilih telur yang baik.

Baca juga: Bangun Bisnis dengan Modal Kecil? Kenapa Nggak

1. Warna cangkang telur

Hindari memilih telur berwarna pucat atau cangkangnya dipenuhi dengan bintik-bintik hitam. Pilih telur berwarna pekat dan terlihat cerah.

Telur yang tidak segar umumnya memiliki tampilan yang kusam dan keruh. Kemudian, bintik-bintik hitam pada cangkang menandakan telur sudah lama sehingga jamur tumbuh di permukaan kulit telur.

2. Ukuran telur

Biasanya orang akan memilih telur berukuran besar dengan harapan mendapat kuning yang besar juga. Padahal besarnya telur tak berpengaruh pada kualitasnya. Alih-alih memilih telur yang besar, sebaiknya ambil telur berukuran normal.

Kemudian, hindari memilih telur yang kecil. Sebab telur kecil berasal dari ayam yang masih muda.

3. Bentuk telur

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bentuk telur. Jika menginginkan kuning telur yang padat dan banyak, usahakan pilih telur berbentuk bulat.

Sementara bentuk lonjong justru kuning telurnya lebih sedikit. Bagi pedagang kue, kuning telur yang banyak sangat bermanfaat sebagai bahan kue.

Baca juga: Agar Tambah Laris, Ini 5 Langkah Foto Produk Makanan

4. Permukaan kulit telur

Ciri telur yang baik lainnya adalah dari permukaan cangkang. Sentuh permukaan kulit telur saat membeli. Jangan terkecoh dengan permukaan cangkang yang licin dan mengkilap. Sebab, kulit telur yang mulus malah menandakan menandakan bahwa telur tersebut sudah disimpan dalam waktu yang lama.

Pilih telur dengan permukaan kulit bertesktur kasar atau butiran putih. Ciri tersebut menandakan telur yang masih segar.

5. Aroma telur

Telur yang baik untuk dikonsumsi bisa dicirikan lewat aromanya. Hirup aroma telur dan tarik napas dalam-dalam. Bila aromanya tercium seperti telur busuk, dipastikan kualitas isinya pun buruk.

6. Goyang perlahan

Selanjutnya, telur bagus adalah yang tidak mengeluarkan suara saat diguncang perlahan. Dekatkan telur ke telinga dan guncang perlahan.

Telur yang baik tidak akan mengeluarkan suara ketika diguncang. Hal ini disebabkan tekstur putih telur yang kental sehingga masih mengikat kuning telur dengan sangat rapat. Beda halnya dengan telur yang sudah lama, di mana bagian putihnya encer dan bersuara saat dikocok.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Nutrisi Perempuan dari Jenjang Usia

7. Rendam telur

Nah, kalau cara ini bisa dipastikan setelah kamu membeli telur. Caranya siapkan gelar dan isi dengan air hampir penuh. Kemudian masukan telur secara perlahan dan amati posisinya.

Bila telur tenggelam atau posisi tidur artinya kondisi dan kualitas telur baik. Posisi telur yang ujung runcing sedikit mencuat menandakan usianya sudah 3 mingguan. Sementara telur yang mengambang hingga ke permukaan gelas menandakan telur rusak atau busuk dan tidak layak dikonsumsi.

Nah, semoga kamu bisa langsung mengenali telur yang baik dan sehat untuk dikonsumsi ya.

Exit mobile version