7 Daya Tarik Kota Lama Semarang

Makin rapi dengan wajah baru (c) Chandra Xave

Wajah Baru Jalanan Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang memiliki daya tarik yang harus dikunjungi, saking ikoniknya kawasan ini dijuluki Little Nederland. Apalagi kawasan heritage Semarang ini sudah direvitalisasi dan makin kekinian, wajar sangat ramai dikujungi pada 2020 ini. Yuk simak 7 daya tarik Kota Lama Semarang, kawasan haritage yang instagramble.

7 Daya Tarik Kota Lama Semarang

1. Berkeliling dengan Sepeda Ontel

Bagi yang ingin mengelilingi Kota Lama Semarang menggunakan sepeda ontel bisa langsung menyewanya ke Tourism Information di Gedung Popo. Gedung ini bisa kamu jumpai di Jala Branjangan yang berseberangan dengan Dream Museum Zone.

Anda bisa berkeliling untuk menyaksikan peninggalan kolonial Belanda di sudut Kota Semarang. Rute akan dimula dari Monod Diephuis, Gereja Blenduk, Jembatan Berok, Jalan Empu Tantular, Jalan Letjen Suprapto, dan kembali ke titik awal.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Restoran Halal yang Ada di Tokyo

2. Bermain di Taman Sriginting

Taman ini sering kali menjadi titik awal pengunjung untuk mulai jelajahi Kota Lama Semarang. Di sini Kamu bisa bersantai karena memang diperuntukkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Dari taman Sriginting Kamu juga melihat keunikan arsitektur peninggalan Belanda, lengkap dengan jembatan unik yang sudah dibangun sejak zaman kolonial sebagai spot foto. Dahulunya difungsikan sebagai jalur penghubung perdagangan dan akses keluar-masuk benteng pada zamannya.

3. Berkunjung ke Gereja Blenduk

Gereja Blenduk adalah salah satu gereja tertua di Jawa Tengah, yang dibangun pada tahun 1753. Bisa kamu bayangkan betapa tuanya usia bangunan ini.

Arsitektrur bangunan sangat kental khas Eropa dan menjadi primadona wisatawan untuk hunting foto. Uniknya, gereja ini masih aktif digunakan untuk kegiatan keagaman Katolik. Lokasinya berada di salah satu sisi Taman Sriginting.

4. Museum 3D Trick Art

Tempat favorit lainnya yang bisa Kamu kunjungi adalah Museum 3D Trick Art yang memamerkan sekitar 100 koleksi foto 3D yang bertemakan tokoh nasional, tokoh dunia, bangunan dan budaya Semarang, dan beberapa karakter film layar lebar dunia.

Lokasinya juga sangat mudah dijangkau, hanya 50 meter saja dari Gereja Blenduk. Untuk bisa berkunjung ke museum ini, Kamu mesti datang pada pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Untuk biaya masuk, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp40.000 per orang.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Wisata Buat yang Hobi Mendaki dan Bersepeda

5. Semarang Contemporary Art Gallery

Bekas bangunan kolonial Belanda lainnya yang bisa Kamu kunjungi adalah Semarang Contemporary Art Gallery. Di sini kamu bisa menikmati galeri seni yang memamerkan puluhan karya seniman dalam negeri maupun luar negeri.

Lokasinya juga mudah untuk dijangkau dengan berjalan kaki, lokasinya berada di sisi belakang Taman Sriginting. Bentuk bangunannya sangat kental dengan artsitektur Eropa, terlihat dari pintu dan atap bangunan yang menjulang tinggi.

Untuk menikmati karya seni dari berbagai seniman dalam dan luar negeri itu, pengunjung dikeakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang.

6. Berburu Barang Antik di Pasar klitikan

Siapa bilang berlibur ke sini Kamu hanya bisa menikmati bangunan peninggalanan kolonial Belanda saja.

Dalam kawasan ini terdapat pasar antik bernama Pasar Klitikan. Di sini Kamu juga bebas berfoto dengan barang-barang antik seperti mobil antik, senjata perang, mesin tik, hingga hiasan dinding kuno lainnya untuk menambah koleksi feed Instagram.

Tidak kalah menariknya, buat pengunjung yang suka mengoleksi barang-barang antik, Kamu bisa mencarinya di pasar ini. Tersedia puluhan stan yang menjajakan aneka barang kuno dengan harga bervariasi

7. Tur Sejarah

Bagi pecinta wisata sejarah juga tersedia berbagai pilihan untuk menikmati kawasan Kota Lama Semarang, mulai dari berjalan kaki, hingga menyewa sepeda ontel atau skuter. Lebih dari 50 bangunan peninggalan kolonial Belanda yang bissa Kamu jajaki di kawasan ini, yang saat inisudah masuk dalam bagian Cagar Budaya.

Setiap sudut dan gang memiliki cerita tersendiri, dan setiap bangunan punya nilai sejarahnya masig-masing. Selain tur sejarah, Kamu juga menjadikannya sebagai spot foto menarik.

Buat kamu yang ingin mengetahui lebih mendalam dengan seluk-beluk kawasan Kota Lama Semarang, bisa menyewa jasa tour guide atau pemadu wisata yang sudah disediakan di Tourist Information.

Nah itulah 7 daya tarik Kota Lama Semarang yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya bisa berwisata, kamu tentunya juga bisa memperkaya pengetahuan sejarah. Jangan lupa bawa kamera buat hunting foto bertemakan vintage alami.

BACA JUGA: Amankah Kita Traveling di New Normal Seperti Sekarang?

Exit mobile version