7 Tips Gunakan Dompet Digital di Era New Normal

New normal atau tatanan kehidupan baru tengah menjadi trending pembicaraan di kalangan masyarakat di tengah wacana dimulainya pelonggaran PSBB. Masyarakat tetap diimbau tetap memiliki kedisiplinan dan kewaspadaan tinggi agar tetap terlindungi di tengah produktivitas yang mulai meningkat kembali.

Selama pandemi, masyarakat belajar bahwa produktivitas dapat terus berjalan apabila kita mau mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital. Salah satunya teknologi dompet digital yang aplikasinya ada di ponsel cerdas.

Memasuki New Normal, masyarakat perlu beradaptasi dengan cepat untuk hidup di tengah resiko terpapar Covid-19.

Setidaknya ada dua poin dari kemajuan teknologi digital yang bisa dijadikan prinsip hidup di masa new normal. Pertama, memenuhi kebutuhan hidup secara online. Dengan semakin banyaknya aplikasi digital dengan ekosistem yang kian terintegrasi, kita bisa memenuhi beragam kebutuhan hidup lewat online. Mulai membeli makanan, membayar tagihan, hingga melakukan konsultasi kesehatan.

Kedua, terkait gaya hidup cashless. Kehadiran dompet digital yang mengusung platform terbuka semakin memudahkan melakukan transaksi nontunai, sekaligus aman karena tidak ada kontak fisik.

Apalagi, penggunaaan dompet digital juga kini tidak hanya sebatas belanja, tapi juga untuk membayar tagihan, mentransfer uang bahkan untuk berdonasi.

Baca Juga: Gairah Bisnis Bonsai di Sumbar

Nah, berikut bebera fitur di dompet digital Dana untuk menunjang aktivitas saat new normal:

  1. Simpan Kartu (Card Binding)

Cukup dengan menyimpan kartu kredit atau kartu debit, maka transaksi tetap dapat dilakukan meski jumlah saldo Dana nol rupiah. Karena kartu debit atau kartu kredit dapat dipilih sebagai sumber pendanaan. Sehingga tak repot mencari mesin ATM untuk transfer antar rekening dari Kartu Debit. Bebas biaya transfer hingga 10 kali.

  1. Bayar Tagihan

Kita dapat membayar beragam tagihan tanpa harus datang ke loket atau ATM. Mulai tagihan listrik dan air, gas, telepon, internet, hingga TV kabel. Praktis dan tidak harus mengikuti antrian panjang.

  1. Belanja dari Rumah

Kita dapat berbelanja beragam kebutuhan, mulai dari peralataan rumah hingga pakaian bayi secara digital di marketplace Lazada dan Bukalapak. Ada juga fitur Home Shopping, yang akan menghubungkan dengan merchant favorit kita dengan melakukan pemesanan instan WhatsApp.

  1. Bayar Parkir

Apabila harus pergi ke mal, hotel, atau gedung perkantoran, kita juga bisa menggunakan Dana untuk membayar parkir. Hal ini akan membuat kita lebih aman karena tidak melakukan kontak fisik apabila melakukan transaksi secara tunai.

  1. Bayar Pajak Kendaraan

Dengan fitur e-Samsat yang tersemat di aplikasi Dana, kita juga bisa untuk mengurus STNK dan membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus antre. Caranya mudah. Pertama, unduh aplikasi SAMOLNAS untuk mendapatkan kode bayar. Lalu pilih Dana sebagai metode pembayaran ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan. Bisa berhemat waktu dan tidak perlu berlama-lama menunggu panggilan sesuai dengan antrian.

  1. Konsultasi Kesehatan

Dana Telemedicine memudahkan terhubung ke aplikasi YesDok yang menyediakan layanan telemedika. Bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter melalui video hingga menebus obat. Bahkan, sekadar mencari informasi yang benar mengenai Covid-19.

  1. Dana Bisnis

Ini merupakan fitur yang dirancang untuk membantu para pelaku UMKM dalam menarik lebih banyak customer dan mengembangkan bisnisnya dalam ekosistem digital.

Baca Juga: Peduli Covid-19, Presdir JNE Serahkan Donasi 250 Juta kepada Gubernur Jawa Tengah

Exit mobile version