8 Tips Kembalikan Semangat Bekerja Pasca Libur Lebaran

ilustrasi gambar semangat kerja di kantor setelah libur lebaran

Cuti bersama Lebaran segera usai pada Rabu, 26 April 2023. Artinya masyarakat akan kembali ke aktivitas harian. Sebagian orang bahkan harus mulai bekerja setelah libur Lebaran 2023.

Setelah masa libur yang cukup panjang tentunya menimbulkan rasa enggan untuk mulai bekerja lagi. Bahkan sulit untuk mengembalikan semangat dan antusiasme yang sama karena terlena dengan masa berleha-leha.

Bila kamu termasuk orang yang sulit mengembalikan semangat kerja usai liburan panjang, berikut delapan tips memulihkan energi untuk bekerja.

Baca juga: 8 Makanan dan Minuman Pencegah Mabuk Perjalanan, Dijamin Ampuh!

1. Ubah Pola Pikir

Mengubah pola pikir atau mindset adalah hal pertama yang harus dilakukan untuk mengembalikan semagat pasca libur Lebaran.

Ingat bahwa masa liburan ada batasnya. Karena itu tanamkan kedisiplinan dan tekad untuk mengembalikan semangat bekerja.

2. Mulai dengan Santai

Tahan keinginan untuk selalu aktif dan luangkan waktu untuk menjadi sederhana. Manfaatkan waktu libur yang masih ada dengan me time, meditasi, dan berdiam diri di kamar mandi selama beberapa waktu.

Makin besar kamu memanfaatkan waktu luang, maka makin besar semangat untuk bekerja kembali.

3. Minum Air Lebih Banyak

Siapa sangka bila air adalah obat mujarab untuk mengobati rasa malas dan hilang semangat? Cairan bekerja sangat baik dalam menjaga energi yang sehat.

Baca juga: Terpaksa Mudik Pakai Motor, Sebelum Berangkat Cek Dulu Tipsnya

Di samping itu, air juga mengandung manfaat kesehatan yang cukup banyak. Sebab itu, manjakan diri kamu dengan keajaiban cairan sepeti infused water yang diisi dengan mentimun, mint, dan jeruk.

4. Rapikan Meja Kerja

Segala sesuatu yang berantakan tentu akan membuat pikiran tambah ruwet, termasuk meja kerja. Karena itu pastikan kamu sudah merapikan meja kerja sebelum memulai liburan.

5. Interaksi dengan Rekan Kerja

Salah satu cara terbaik untuk mengembalikan semangat bekerja adalah berbagi. Perbanyak interaksi dengan rekan kerja.

Kamu bisa memulainya dengan makan siang bareng sambil berdiskusi segala macam hal. Berinteraksi dengan rekan kerja dapat memunculkan pola pikir baru yang dapat mendorong suasana hati.

6. Buat Daftar Pekerjaan

Usai libur panjang, umumnya orang akan merasa memulai segala sesuatunya dari nol. Nah, agar tak merasa seperti itu, sebaiknya susun rencana pekerjaan dengan baik.

Baca juga: 8 Cara Jitu Jualan Kuliner Online selama Ramadan

Buat identifikasi tugas yang harus didahulukan sesuai dengan urgensinya.

7. Berjalan-jalan ke Luar Ruangan

Sebuah penelitian mengatakan berjalan-jalan di luar ruangan dapat membantu mengembalikan mood hingga membantu tidur nyenyak.

Selain itu, kondisi luar ruangan juga membantu kamu menghilangkan kelelahan, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan fokus.

8. Evaluasi Rutinitas

Mempertahankan rutinitas malam yang konsisten, waktu tidur dan bangun, serta jadwal kerja dapat membantu kamu mencegah penundaan, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, mengurangi stres, dan meningkatkan relaksasi.

Bahkan selama liburan, ada baiknya menjaga ritme reguler sebanyak yang kamu bisa. Tetapi jika beberapa minggu terakhir ini membuat kamu merasa bingung, gunakan minggu-minggu berikutnya untuk kembali ke jalur semula.

Jangan takut untuk melakukan beberapa ritual baru juga!

Exit mobile version