9 Keuntungan Influencer Marketing Untuk Bisnis

Apa itu Influencer Marketing? Serta Keuntungannya untuk Bisnis

Influencer Marketing - WittySpark

Sudah taukah kamu apa itu influencer dan Influencer marketing? Influencer adalah seseorang yang memiliki banyak jumlah pengikut serta pengaruh kuat terhadap pengikutnya, seperti selebgram, public figure, youtuber, dan lainnya.

Sedangkan influencer marketing merupakan sebuah strategi pemasaran terbaru yang saat ini sedang banyak digunakan pebisnis untuk menaikkan tingkat pemasarannya di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook maupun YouTube.

Strategi ini terbukti sudah membantu banyak pebisnis dalam memasarkan serta mengenalkan produknya secara luas. Dilansir dari situs Forbes, sebuah survey MuseFind mengatakan bahwa 92% konsumen mempercayai influencer lebih dari iklan atau endorsement selebriti tradisional.

Social media sendiri sudah menjadi sebuah platform dimana hampir semua orang menjadi pengguna aktif. Jadi, bisa dibilang social media dan influencer punya kekuatan besar dalam meningkatkan bisnismu. Untuk lebih tau apa saja 9 keuntungan Influencer marketing untuk bisnis, tetap simak ulasan berikut ini

BACA JUGA: Thenblank Sukses Berkat Berkolaborasi dengan Influencer

9 Keuntungan Influencer Marketing Untuk Bisnis

1. Membangun Kepercayaan

Influencer dianggap sebagai trendsetter, sehingga banyak orang percaya jika sebuah produk sudah direkomendasikan oleh para influencers.

Seringkali influencer yang mempromosikan produk tersebut merupakan idola para konsumen. Jadi, ketika influencer berkolaborasi dengan bisnismu, perspektif baru mengenai brand akan muncul.

2. Lebih Terjangkau

Untuk melakukan strategi bisnis menggunakan influencer tidak melulu harus mahal. Kecuali kamu ingin berkolaborasi dengan selebriti yang sudah memiliki audiens besar.

Harga dan tingkatan influencer juga terbagi-bagi berdasarkan banyaknya pengikut mereka di media sosial seperti Instagram.

Tetapi, jika dibandingkan dengan memasang iklan besar tentunya budget influencer marketing akan lebih kecil. Bahkan ada juga beberapa influencer yang tidak menetapkan tarif, melainkan mendapatkan produk secara gratis.

3. Menentukan Arah Target Audience

Influencer marketing sendiri berbeda-beda di setiap platform, karena itu bisa lebih mudah menargetkan pasar di platform berbeda dengan tepat. Instagram dengan Facebook tentu akan mempunyai karakteristik berbeda, influencer-nya pun juga akan berbeda.

Seperti pada influencer marketing Instagram pasti memiliki target-targetnya tertentu misalnya travellers millennials. Dengan begitu, sesuaikan platform yang ingin di targetkan untuk mempromosikan serta merepresentasikan brand.

4. Capai Target Audience Secara Efektif

Saat memilih influencer untuk influencer marketing bisnis, kamu harus bisa memilih dan menyesuaikan influencer yang dipilih dengan brand bisni. Sebab, kika influencer memiliki topik relevan dengan brand bisnis kamu, otomatis target audiens akan sampai secara efektif.

Misalkan kamu bisnis hijab, maka pilihlah influencer dengan fashion hijab. Target audiens akan sesuai karena influencer tersebut memiliki minat dalam fashion hijab.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Jika kalian sedang membangun sebuah bisnis baru, influencer marketing bisa menjadi awal baru untuk meningkatkan brand awareness. Seperti sudah dibahas di poin pertama, influencers menjadi trendsetter dalam kalangan pengguna sosial media, tingkat kepercayaan dan opininya memiliki nilai keandalan yang tinggi.

BACA JUGA: Tertarik Gunakan Jasa Endorser? Pelajari Tips Berikut Ini

6. Membantu Konten Strategi yang Lebih Fresh

Masing-masing influencers tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri dalam membuat konten. Mengunakan lebih dari influencer akan memberi keuntungan mendapatkan konten segar dari masing-masing influencers.

Hal tersebut akan membantu menarik konsumen karena konten-konten menarik sehingga meningkatkan keinginan para audiens untuk mencoba produk.

7. Cocok untuk Bisnis Kecil Maupun Industri

Influencer marketing bisa digunakan oleh bisnis jenis apapun, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar seperti industri. Berhubung harga iklan jauh lebih mahal, strategi ini akan menjadi sebuah strategi yang lebih efektif.

Selama ada influencer dalam industri atau bidangnya, kalian bisa menggunakan pengaruhnya untuk strategi marketing brand bisnis kamu.

8. Akses ke Konsumen Millennial dan Gen-Z

Saat ini teknologi sudah sangat berkembang, semuanya sudah bisa di akses di internet sehingga banyak generasi mudah yang mulai meninggalkan televisi dan lebih memilih media digital.

Market research menunjukkan 85% dari generasi Z menggunakan media sosial untuk mempelajari produk-produk baru. Hal tersebut menunjukkan, para konsumen muda mudah menerima informasi produk tertentu melalui platform media sosial.

9. Membangun Mitra dan Partnership

Ketika membangun koneksi dengan seorang influencer bisa menjadi sebuah awal hubungan yang kuat. Jika berada dalam jangka panjang, koneksi selanjutnya mungkin akan membawa kepada live events, joint ventures (kongsi) atau peluang lain yang mungkin akan memberi keuntungan besar.

Nah itulah keuntungan influencer marketing untuk bisnis, banyak sekali bukan. Meskipun peluang penawaran menggunakan influencer marketing sangat tiggi, tentunya kau harus tetap mengedepankan kualitas produk.

BACA JUGA: 5 Langkah Meningkatkan Branding Lewat Kemasan

Exit mobile version