Ajang Balap Virtual Michelin Gran Turismo Sport Indonesia Series 2021 Diikuti 200 Peserta

Rangkaian turnamen Michelin Gran Turismo Sport Indonesia Series 2021 yang diadakan selama periode Agustus-September 2021 berakhir sudah. Michelin selaku penyelenggara mencatat sebanyak 200 peserta dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri mengikuti ajang perlombaan adu cepat dan kreatifitas otomotif yang berlangsung secara virtual tersebut dengan total hadiah Rp50 juta.

Turnamen balap virtual Michelin Gran Turismo Sport Indonesia Series 2021 digelar untuk dapat menghubungkan para peminat e-sports, khususnya penghobi balap virtual melalui aktivitas seru yang bisa diikuti dari rumah masing-masing, sebagai kegiatan kompetitif yang positif di masa pandemi. Dirancang untuk dapat membawa lebih banyak strategi dan teknologi ban dalam permainan, turnamen ini juga diharapkan dapat membantu lebih banyak orang untuk lebih memahami peran penting ban Michelin dalam mengoptimalkan kinerja kendaraan.

Baca Juga: Hanya 3 Provinsi yang Lolos ke Eksibisi Esports PON XX Papua 2021

“Inovasi dan teknologi ban kelas dunia dari Michelin dapat dirasakan melalui simulasi permainan Gran Turismo sebagaimana dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari. Melalui interaksi seperti ini, kami berharap dapat memberikan pengalaman yang berbeda sekaligus menyenangkan bagi penggemar otomotif di seluruh Indonesia, sekaligus memperkuat posisi Michelin sebagai perusahaan terdepan dalam industri otomotif,” ujar Steven Vette, Presiden Direktur Michelin Indonesia, dikutip dari siaran persnya.

Tidak hanya diikuti oleh peserta umum, perlombaan ini juga menarik minat  dua pembalap profesional, yakni Rizal Sungkar dan Luthfi Aziz. Kedua pebalap tersebut turut berpartisipasi di salah satu sesi adu cepat bersama para pro-racers dan gaming influencers, yang menjadi bagian dari turnamen Michelin Gran Turismo Sport Indonesia Series 2021 kali ini.

Persaingan sangat ketat karena skill para peserta berbeda tipis saja dan mereka harus menempuh lima sirkuit balap penuh tantangan yang harus dilalui tanpa henti. Moreno Pratama Yudha sebagai juara pertama berhasil membawa pulang hadiah berupa uang kas senilai Rp10 juta, ban mobil Michelin, dan juga merchandise dari Michelin.

Selain informasi di atas, Michelin mencatat ada lima fakta unik dalam penyelenggaraan Michelin Gran Turismo Sport Indonesia Series 2021, di antaranya:

1. Ada 6 tipe mobil balap

Peserta turnamen dapat memilih 6 tipe mobil balap yang masuk ke dalam dua kategori tergantung pada balapan dan sirkuit. Tiga mobil yang masuk pada kategori Grade 3 adalah Porsche 911 RSR 2017, BMW M6 GT3 201 (M Power Livery), dan Mercedes AMG GT3 2016. Sedangkan, di kategori Grade 4 terdapat Porsche Cayman GT4 Clubsport 2016, GT by Citroen, dan Chevrolet Corvette C7.

2. Menggunakan simulasi sirkuit dunia nyata

Perlombaan Michelin Gran Turismo Sport Indonesia juga menggunakan simulasi sirkuit di dunia nyata. Salahs atunya adalah Circuit De La Sarthe Le Mans yang ada di Perancis Barat. Sirkuit ini merupakan salah satu trek untuk balapan dengan kecepatan tertinggi di dunia, yang sangat menguji aerodinamika mesin balap dan sering dipakai untuk uji ketahanan balap selama 24 jam. Ada juga sirkuit Sardegna Layout B di Italia yang memiliki jalur jalan teknis berkecepatan tinggi yang menampilkan jalur lurus penuh dan tikungan.

3. Adu modifikasi

Tidak hanya mengadu kecepatan dalam memacu kendearaan, Michelin bersama Gran Turismo juga mengadu kreatifitas peserta dengan menghadirkan lomba modifikasi mobil balap dan fun match bersama para influencer dan professional racer seperti Rizal Sungkar, Luthfi Aziz, Benny Moza dan Meutia Maharani yang sekaligus memberikan kesempatan bagi para pembalap untuk berpacu secara langsung dengan para pelaku e-gaming di Indonesia. Lomba modifikasi sendiri diikuti oleh 25 peserta yang diwajibkan untuk mengimplementasikan logo Michelin, stiker Bibendum/Michelin Man, dan ban Michelin pada desain modifikasi.

4. Latar belakang pembalap adalah pemain eSports

Turnamen Michelin Gran Turismo Sport Indonesia ini menarik para komunitas SIM Racer, penghobi otomotif, dan pemain e-sport dan e-gaming di seluruh Indonesia untuk turut serta. Di antara 12 pemain teratas yang berhasil masuk ke grand finale setelah mengalahkan ratusan peserta lainnya, rupanya memiliki latar belakang sebagai e-sport player, mulai dari tingkat junior sampai senior.

5. Cerdik memilih dan mengganti ban menjadi kunci kemenangan

Saat fun match melawan para influencers dan professional racer, Moreno menggunakan startegi jitu seperti pemakaian hard tyre di putaran pertama untuk mendapatkan full push atau tenaga penuh agar dapat memimpin di posisi awal. Setelah putaran ke-6, Moreno mengganti ban-nya ke soft tyre, untuk mengincar posisi best lap. Pada saat grand finale, Moreno menetapkan strategi mapping dengan menghemat bahan bakar saat balapan, mengurangi hambatan angin dan menjaga ketahanan ban agar dapat melakukan full push pada menit terakhir.

Baca Juga: Intel Gamer Days 2021 Sukses Bidik Anak Muda Pecinta Esports

Exit mobile version