7 Aksesoris Motor yang Selalu Dicari, dan Tempat Berburu di Jakarta

Perkembangan otomotif di Indonesia, khususnya sepeda motor, bertumbuh pesat sehingga memicu menjamurnya ragam aksesoris motor. Tak sedikit jenis sepeda motor yang kita temui di jalan raya, mulai dari motor bebek, motor matic hingga motor sport.

Masifnya produksi motor dan kemudahan pembelian membuat kebutuhan aksesoris motor meningkat. Di setiap jenis motor tersebut, tentu ada berbagai pilihan aksesoris yang dapat menjadi pelengkap atau komplemen dari kendaraan motor.

Dengan menggunakan aksesoris, tak hanya akan mempercantik kendaraan motor namun juga menjaga stabilitas dan keamanan sepeda. Lantas, apa saja aksesoris motor yang paling banyak dicari pengguna motor?

7 Aksesoris Motor Paling Dicari 2023

7 Aksesoris Motor yang Selalu Dicari, dan Tempat Berburu di Jakarta

1. Socket Charger Handphone

Jenis motor terbaru kini umumnya dilengkapi port charging untuk mengecas atau mengisi baterai ponsel selagi berkendara. Beberapa motor seperti Honda Genio dan Yamaha Aerox menjadi salah satu contoh kehadiran fitur port charging ini.

Dengan adanya tempat charger, maka pengendara akan terbantu. Apalagi bagi mereka yang sering menggunakan ponsel saat berada di perjalanan, misalnya driver ojek online. Jika tertarik, kamu dapat membeli socket charget yang memiliki port USB untuk mengisi daya baterai ponsel.

Baca juga: Motor Supra yang Klasik, Ini Dia 5 Keunggulan yang Tak Dimiliki Motor Lain

2. Headlamp Projector

Fitur yang dikenal dengan istilah lampu variasi ini cocok untuk pengguna motor yang hobi dan menyukai modifikasi. Biasanya mereka merasa bahwa lampu menjadi bagian yang wajib diganti. Lampu variasi diklaim dapat membuat pengguna motor lebih percaya diri saat berkendara.

Lampu variasi tak hanya membuat perjalanan ketika berkendara semakin terang benderang, tetapi juga menambah unsur keselamatan ketika mengendarai motor dengan jarak yang jauh, seperti saat touring.

3. Fairing

Bagian aksesoris motor ini lebih disukai oleh pengendara motor sport, misalnya Byson, Vixion, CB 150 R, dan lainnya. Motor akan terlihat lebih gagah ketika menambahkan fairing part. Tak hanya mempercantik tampilan motor, fairing juga dapat menjaga stabilitas ketika motor dalam kecepatan tinggi.

4. Knalpot

Bagian ini cukup penting dan menjadi salah satu aksesoris motor yang wajib dimiliki oleh pengendara. Dengan mengganti bagian knalpot standar dengan knalpot variasi, maka tenaga motor akan meningkat, begitu juga dengan kecepatan motor. Namun, sering kali pergantian knalpot variasi dapat membuat suara motor lebih bising dan boros bensin.

5. Box

Para penggemar motor yang hobi touring, bagian box di belakang motor tidak boleh terlewatkan. Box akan menjadi ruang tambahan bagi pengendara  untuk menyimpan berbagai barang yang dibutuhkan selama perjalanan jauh. Bagian ini juga dapat  menjadi penyandar bagi penumpang motor, namun pastikan box memiliki kualitas material terbaik.

6. Rem Cakram

Part satu ini juga tak kalah menarik dan sering dicari para pengguna motor. Rem cakram atau piringan cakram merupakan bagian dari motor yang dapat meningkatkan keamanan ketika berkendara. Umumnya, para pengendara motor mengganti rem cakram karena kurang puas dengan kinerja rem bawaan, maka rem ini diganti sesuai dengan kebutuhan dan keamanan motor yang lebih terjamin.

7. Shockbreaker

Pengendara motor mengganti shockbreaker bawaan karena memiliki tingkat suspension yang terlalu keras atau empuk, sehingga memilih shockbreaker variasi dan menyesuaikan dengan model terbaru. Jika tingkat suspension sudah sesuai maka tingkat kenyaman berkendara pun semakin bertambah dan penampilan motor semakin kokoh.

3 Tempat Berburu Aksesoris Motor di Jakarta

Bagi yang ingin berburu aksesoris motor, berikut beberapa tempat di Jakarta yang sering menjadi sasaran perburuan para pehobi otomotif, khususnya modifikasi motor.

1. Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Lokasi Jl. Kebon Jeruk III di Jakarta Barat sudah tidak asing lagi bagi para pengguna motor. Pasalnya, di tempat ini ada berbagai macam toko aksesoris motor, termasuk spare part yang beragam untuk semua jenis motor, mulai dari motor sport, motor matic, hingga motor tua.

Kebon Jeruk juga menjadi lokasi favorit bagi para pecinta motor yang hobi melakukan modifikasi. Adapun, sebagian besar aksesoris motor di tempat ini dijual dengan harga yang terjangkau dan dapat ditawar. Pembeli juga dapat secara langsung meminta untuk dipasangkan ke motor.

2. Otista Raya, Jakarta Timur

Berbagai toko aksesoris motor dan sparepart tersedia di Otista Raya. Saking banyaknya, konsumen disarankan berkunjung tanpa menggunakan mobil pribadi karena akan menimbulkan kemacetan. Berbeda dengan Kebon Jeruk, disini konsumen tidak dapat meminta penjual untuk memasangkan aksesoris secara gratis.

3. Kramat Jati, Jakarta Timur

Selain Otista Raya, ada lokasi surga aksesoris motor di wilayah Jaktim yaitu di Kramat Jati. Kamu disarankan mengunjungi lokasi ini langsung dengan motor karena jalan yang sempit, namun tak perlu khawatir karena ada area parkir luas untuk para pembeli. Berbagai toko sparepart motor dan aksesoris tersedia dan beragam dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan, ada pilihan sparepart motor bekas dengan kualitas yang diklaim masih layak pakai.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Mempercepat Kerusakan Sepeda Motor Matik

Keberadaan aksesoris motor memanglah bukan sekadar untuk tampilan, melainkan juga fungsionalitas dan keamanan. Kini, dengan mengetahui apa yang paling dicari oleh para pengendara motor, kamu dapat lebih mudah menentukan aksesoris apa yang ingin ditambahkan ke kendaraan yang kamu miliki.

Jakarta, sebagai ibu kota, menawarkan banyak pilihan tempat berburu aksesoris ini, tiga di antaranya telah diulas di atas. Selalu ingat untuk memprioritaskan kualitas dan kecocokan produk dengan kebutuhan motor kamu. Dengan demikian, kamu tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara, tetapi juga menambah nilai estetika motor yang dikendarai. Selamat berburu aksesoris dan selamat menikmati perjalanan yang lebih aman dan menyenangkan dengan motor kamu!

Exit mobile version